Cara Agar Bayi Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari

0
1376
Penyebab terjaga kala tidur nyenyak
Inilah Cara Agar Bayi Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari

TIDUR TAK LELAP bagi kita menjadi hal yang sangat mengganggu terhadap ritme kehidupan. Dengan tidur yang tak nyenyak, sering terbangun di tengah malam, mata susah dipejamkan, pada akhirnya hanya akan membuat jengkel dan kesal terhadap diri sendiri. Apalagi ketika sudah capek, maka besar kemungkinan suasana semacam ini hanya akan menjadikan kita uring-uringan, sehingga berujung pada tak produktifnya kualitas hidup.

Sebagaimana banyak orang tahu, keadaan tidur tak lelap ini bukan saja dimiliki oleh prang tua ataupun orang dewasa, karena kenyataannya anak kecil balita pun mengalaminya.

[Baca juga: Tahukah Anda Posisi Tidur Miring dan Menyamping Bermanfaat Bagi Kesehatan?]

Trik Jitu

Menyikapi suasana susah tidur itu, khususnya pada si kecil buah hati kita, maka diperlukan trik jitu demi mendapatkan hasil memuaskan. Bisa tidur nyenyak semalaman misalnya.

  • Penjadwalan Pasti

Kirsner adalah ibu dari dua orang anak yang berhasil menemukan trik jitu tersebut.    Sebagaimana karyanya yang tertulis dalam buku ‘The Baby ‘Fast to Sleep’ Formula,’ ada beberapa cara efektif agar anak bisa tidur nyenyak. Beberapa trik itu di antaranya adalah kehausan untuk melakukan penjadwalan makan dan tidur secara jelas. Ini penting karena dari satu sisi saja, bayi akan bisa lebih mudah tidur tatkala mereka dalam kondisi kenyang.

[Baca juga: Tahukah Anda, Kondisi Ngorok Tak Selalu Menjadi Pertanda Tidur Nyenyak?]

  • Memahami Tangisan

Di samping menentukan jadwal pasti itu, orangtua dituntut pula untuk mengetahui makna tangisan si kecil. Adakalanya si bayi hanya terbangun sejenak, bukan hendak diganti popoknya ataupun kelaparan, tapi memang begitulah ritmenya. Oleh karenanya, dilakan ditunggu saja sebentar ketika ia menangis, misalnya kurang-lebih selama 30 detik. Namun jika masih berkelanjutan menangisnya, silakan tengok dan ketahui kebutuhannya.

Durasi 30 menit ini hanya sebagai contoh saja, Anda bisa menentukannya secara pasti sesuai kesenangan dan bergantung kondisi bayinya. Hanya saja durasi tiga puluh menit itu silakan tambahi seiring berjalannya usia bayi, misalnya ketika telah berusia delapan minggu, kita boleh menunggu hingga lima menit.

[Baca juga: Tahukah Anda, Kondisi Ngorok Tak Selalu Menjadi Pertanda Tidur Nyenyak?]

Konsistensi

Bagi yang menerapkan metode di atas, telah banyak yang memperoleh hasil sesuai harapan. Anak bisa tidur dengan lelap dan istirahatnya juga menjadi tenang. Hanya saja ini tak instan, karena ada syarat yang musti diterapkan, yaitu agar melakukannya secara rutin dan teratur. Konsistensi semacam inilah yang dibutuhkan demi mendapatkah hasil maksimal. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Dengan Cara Ini Bayi Usia Berapa pun Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari; intisari-online.com, diakses pada 31 Desember 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 31 Desember 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here