Kompetisi Melukis Badan Kerbau di Cina

0
1414
Buffalo Bodypainting Competition
Kompetisi Melukis Badan Kerbau di Cina

MELUKIS adalah pekerjaan seni dengan berbagai cara beserta alirannya. Melukis juga memiliki bidang yang tak selalu sama, karena ada banyak ragam sebagai medianya. Bukan saja hanya bermedia kertas ataupun kain kanfas, pekerjaan melukis bisa pula dilakukan pada media kain, batu, kayu, tembok, jalan, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak media, ada yang cukup unik sehubungan dengan melukis ini. Yaitu baru-baru ini diselenggarakan lomba melukis dengan medianya adalah badan kerbau. Ya, badan binatang bernama kerbau.

[Baca juga: Sokaraja, Pusat Lukisan Bersejarah di Banyumas]

Peringatan Hari Jadi Kota

Di kota Jiangcheng County, Tiongkok, sudah sejak tiga tahun belakangan diadakan lomba melukis pada badan kerbau. Kegiatan ini diselenggarakan pada setiap kali peringatan ulang tahun kota. Dan karena ini merupakan hajatan yang tak kecil, maka perhelatannya pun ditangani oleh beberapa orang dalam satu kepanitiaan.

Seniman Manca

Meski tergolong tak lazim, kenyataannya perhelatan melikis pada badan kerbau ini bukan saja diikuti oleh orang-orang lokal. Melainkan mereka para seniman yang berasal dari manca.   Hal itu sebagaimana dilansir Amusing Planets, yang memaparkan bahwa beberapa seniman manca juga turut berperanserta dalam perhelatan itu, yang di antaranya adalah dari Inggris, Itali,  Jerman, Finlandia, Laos, dan Vietnam.

Buffalo Bodypainting Competition

Perayaan hari jadi kota yang juga menghelat kompetisi melukis badan kerbau ini sangat marak dilaksanakan. Hadiahnya juga tak tanggung-tanggung, karena bagi para pemenang akan membawa uang dengan jumlah $ 16.042.

48 kerbau adalah jumlah yang dibagikan kepada para peserta lomba melukis itu, di mana mereka harus berkelompok dalam mengerjakan karya rupanya. Setiap kelompok terdiri dari 4 sampai dengan 7 orang.

Lomba melukis badan kerbau ini menjadi menarik bukan saja pada hasil keindahan lukisannya. Akan tetapi juga pada proses melukisnya. Karena harus dibutuhkan usaha lebih, salah satunya adalah membujuk kerbau agar tetap tenang sehingga acara melukis bisa berjalan lancar. Hal yang acap terjadi adalah pada saat kerbau diguyur cat warna, tak sedikit yang bergerak dan bereaksi lebih. Ada yang ketakutan, merajuk, dan menyajikan sikap tak bersahabat. Bahkan ada pula yang terlihat tenang, namun secara diam-diam malah buang hajat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Lomba Melukis Badan Kerbau; Harian Cetak Minggu Pagi, Minggu IV Desember 2015
[2] Gambar visualnews.com, diakses pada 1 Januari 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here