Inilah Dua Kategori Penyebab Penyakit Maag

0
1341
Inilah Dua Kategori Penyebab Penyakit Maag
Inilah Dua Kategori Penyebab Penyakit Maag

MAAG merupakan satu jenis penyakit yang ditandai dengan perasaan nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas, di mana gejala itu timbulnya adalah akibat banyak hal. Di antaranya adalah rasa nyeri pada ulu hati, kembung pada perut, mudah merasakan kenyang, panas di bagian dada maupun leher, mual dan juga muntah.

[Baca juga: Buah Apel dan Buah Pir Menjadi Dua Pengkategorian Perut Buncit]

Apa saja Penyebab Penyakit Maag?

Jika merujuk pada cerita dari banyak orang, ada tak sedikit hal yang menyebabkan timbulnya penyakit maag. Namun jika merujuk pada kategorinya, ternyata hanya ada dua jenis kategori, yaitu yang pertama adalah penyebab organik dan yang kedua adalah fungsional.

  • Penyebab Organik

Yang dikatakan penyebab organik sebagai pemicu timbulnya penyakit maag adalah, bahwa terdapat kelainan-perlukaan pada organ tubuh.  Sebagai contoh dari kelainan-perlakuan itu di antaranya adalah tukak ataupun luka pada lambung/usus kecil, penyakit GERD alias refluks gastroesofageal, kelainan pada pankreas ataupun empedu, intoleransi obat ataupun makanan, dan juga infeksi.

Bagi mereka yang menderita penyakit maag kategori organik ini, maka diperlukan penanganan oleh dokter dengan tujuan agar bisa diketahui bagian organ yang mengalami luka pun ketidakberesan, sehingga bisa segera mendapatkan tindakan tepat lebih lanjut. Dan jika penyebabnya bisa segera ditangani dengan baik, tentu  jenis penyakit maag organik semacam ini bisa segera mendapatkan kesembuhan.

  • Penyebab Fungsional

Penyakit maag dengan penyebab fungsional artinya adalah kategori sakit maag yang tak memiliki kelainan/perlukaan pada organ tubuh. Namun ada faktor lain yang memengaruhinya, yaitu salah satunya adalah karena faktor psikososial yang meliputi faktor genetik dan psikososial.

Perlu diketahui, bahwa maag akibat dari faktor fungsional ini menjadi yang paling banyak ditemukan, yaitu hampir 85% dari seluruh penderita maag.    Faktor psikososial ataupun gaya hidup menjadi yang paling berperan, yang di dalamnya antara lain adalah pola makan yang tidak teratur, misalnya telat makan ataupun makan berlebihan. Selain itu,  ada pula rasa cemas berlebihan, kebiasaan merokok serta konsumsi alkohol.

Demikianlah dua kategori yang memicu munculnya penyakit maag dalam tubuh manusia. Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan kitapun bisa lebih memperhatikan gaya hidup yang slaah satunya adalah menghindari faktor-faktor pencetus maag. Artinya, kita bisa mencegah terjadinya maag, dan kitapun bisa segera mencari pengobatan tepat apabila gejala yang menimbulkan maag itu telah muncul. [uth]

Rujukan:
[1] Bisakah Penyakit Maag Disembuhkan?; klikdokter.com, diakses pada 2 Januari 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 2 Januari 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here