Mengapa Tak Boleh Merokok dalam Ruangan Rumah?

0
1503
cigarette - Mengapa Tak Boleh Merokok dalam Ruangan Rumah
Mengapa Tak Boleh Merokok dalam Ruangan Rumah

MEROKOK saat ini seolah telah menjadi hal yang biasa di seputar lingkungan kita, pasalnya akan sangat mudah menemukan orang yang sednag menghisapnya. Padahal jika jita merunut pada banyak hal, ada banyak argumen pro-kontra yang menanggapinya.    Bahkan bukan saja mereka produsen rokok dan juga kaum perokok yang menjadi bahan pembicaraan, akan tetapi para petani tembakau juga dibawa ke arus pro-kontra itu.

Tak hendak mengatakan bahwa tembakau dan kretek-rokok itu tak memberi manfaat banyak, namun lebih pada adab merokoknya, Utamanya tentang tempat yang digunakan untuk konsumsi rokok.    Tahukah Anda, bahwa ternyata menghisap rokok di ruangan dalam rumah memiliki efek buruk bukan saja bagi perokok, namun juga bagi benda-benda serta orang-orang yang ada dan tinggal  di sana.

Zat Kimia & Beracun

Konsumsi rokok di dalam ruangan rumah berdampak buruk yang salah satunya adalah meninggalkan zat-zat beracun pada perabotan. Sebagai contoh pada karpet, tirai, gorden, plafon, bahkan juga dinding rumah.    Hal ini terjadi karena asap yang timbul dari pembakaran rokok memiliki ribuan kadar kimia yang mampu singgah pada suatu permukaan yang berpori, padahal dalam kandungan ribuan bahan kimia itu, ada tak sedikit yang sifatnya beracun dan karsinogenik.

  • Menggangu Kesehatan Orang Dewasa

Melihat sebuah ruangan dengan lingkungan yang acap terpapar bahan kimia tersebut, dan hingga tahunan kondisinya sama, maka senyawa kimia menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh adalah meningkatnya risiko kanker, serangan asma, ketidakberesan pada paru-paru, iritasi di tenggorokan, dan juga sakit pada mata.

  • Menggannggu Keseharian Anak

Bagi anak-anak, merokok dalam ruangan rumah ini menjadi sangat membahayakan kesehatannya, apalagi jiksa sang anak acapkali bermain-main di sofa ataupun karpet dan lantai.

Tak jauh beda dengan perokok pasif, yaitu orang yang tak merokok namun sering bergaulnya dengan perokok, maka  anak-anak inipun  menjadi perokok ketiga. Meski tidak terpapar asap rokok secara langsung, namun sang anak tetap terpapar zat beracun yang berasal dari asap rokok namun telah singgah dan mengendap dalam perabotan rumah.

Perhatikan Lingkungan

Mengingat efek dari konsumsi rokok ini sangat buruk dan bukan saja sesaat, maka sudah selayaknya kita memilah dan memilih demi mendapatkan kesehatan terbaik bagi semua pihak.

[Baca juga: Rokok Elektrik, Berbahayakah?]

Dibutuhkan pula kehati-hatian dalam membeli rumah, apalagi rumah yang pernah ditempati orang lain. Pun butuh diperhatikan lingkungan sekitar, karena aman bagi orang tua bukan berarti aman dan nyaman bagi kesehatan anak. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Suka Merokok di Dalam Rumah? Ini Bahayanya!; health.kompas.com, diakses pada 6 Januari 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 6 Januari 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here