Apa saja Manfaat Daun Pepermin itu?

0
1831
Apa saja Manfaat Daun Pepermin itu
Apa saja Manfaat Daun Pepermin itu?

PEPERMIN adalah tanaman yang pembudidayaannya tidak terlalu susah namun juga tak terlalu mudah. Di sebagian tempat, tanaman papermin bisa tumbuh dan berkembang dengan mudah, namun di bagian lainnya, ia menjadi teramat susah meski segala cara telah diterapkan. Suhu udara dan suhu dari pancaran sinar  matahari sepertinya menjadi beberapa faktor yang memengaruhinya.

Sebagaimana wujud tanaman mint lain, pepermin juga memiliki daun dengan bentuk gerigi pada bagian tepinya. Kebanyakan jenis tumbuhan pepermin yang banyak kita temukan belakangan ini, tak lain adalah hasil persilangan antara watermint and spearmint. 

Bersifat Mengobati, Antibakteri & Antivirus

Menengok pemanfaatan daun pepermin, selain sebagai bahan lalapan kebanyakan juga dimanfaatkan sebagai bahan penambah citarasa permen, perasa teh, perasa pasta gigi dan juga obat kumur.   Dan lebih dari itu, ternyata papermin  juga memiliki kemampuan dalam hal membantu mengatasi gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus, bauk-batuk dan juga sakit kepala. Hal ini dibuktikan oleh beberapa peneliti yang mengungkapkan bahwa pepermin ternyata juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus.    Dan sudah beberapa dekade, pepermin  juga dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional dalam pengobatan pencernaan, mual, kolera, pilek, kram dan kembung.

Di seputar abad ke-19, tak sedikit orang yang menggunakan daun pepermin ini untuk mengobati dan meredakan batuk rejan, caranya yaitu dengan menumbuk dan kemudian mengoleskannya pada dada orang yang menderita batuk rejan.

Inilah Beberapa Khasiat Daun Pepermin

Sejatinya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi daun pepermint ini. Dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

[Baca juga: Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh]

  • Meredakan Sakit Kepala

Bagi yang sering menderita sakit kepala, silakan mengusapkan beberapa tetes ramuan daun pepermint dan alkohol ke bagian dahi. Ramuan duan pepermint plis alkohol itu takarannya adalah 10% minyak pepermin dana dicampur dengan 90% alkohol.

  • Membantu Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan, bisa diredakan dengan daun pepermint. Silakan buat secangkir teh panas rasa pepermin, atau bisa juga merebus daun pepermin bersama dengan masakan pun sayuran.

Pembuatan teh pepermin adalah dengan cara memasukkan ke dalam air mendidih beberapa daun pepermin yang sudah dikeringkan, lalu diamkan selama kurang-lebih 10 menit. Siap dinikmati.

  • Meredakan Sakit Perut

Di dalam pepermin ada kandungan minyak esensialnya, termasuk mentol dan menthone, yang keduanya bersifat ‘ramah terhadap perut‘.  Menurut sebuah studi dipaparkan bahwa pepermin memiliki kemampuan membuat otot polos yang melapisi saluran pencernaan  kita menjadi rileks.  Sehingga kram perut bisa terminimalisir

  • Meringankan Sindrom Iritasi Usus

Pepermin saat ini telah dijadikan sebagai kapsul, sehingga untuk mengonsumsinya juga bisa menggunakan kapsul itu sebagai ukuran. Sebagai contoh adalah apabila hendak mendapatkan manfaat terhadap sindrom iritasi usus, maka silakan mengonsumsi sebanyak satu atau dua kapsul dengan durasi dua hingga  tiga kali dalam sehari.

Namun bagi Anda yang lebih memilih daunnya, manfaat di atas tetap bisa didapatkan, yaitu dengan mengonsumsi satu cangkir teh pepermin secara rutin pada pagi dan sore hari.

  • Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar

Rasa sakit akibat IBS (sindrom iritasi usus besar) bisa diredakan dengan mengonsusi pepermin. Caranya adalah dengan mengonsumsi  kapsul minyak pepermin sebanyak dua kali dalam satu hari yang masing-masing berjumlah dua kapsul. Akan mendapatkan hasil lebih jika mengonsumsinya secara rutin selama empat minggu.

[Baca juga: Inilah Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar]

  • Meredakan Batuk dan Flu

Terdapatnya rasa “semriwing” pada sebagian besar obat batuk dan flu bukan tanpa alasan. Karena rasa semriwing itu biasanya memang dibuat dari daun pepermin. Ini diterapkan karena dengan pepermin itu maka saraf di hidung dan saluran pernapasan atas bisa terstimulasi, sehingga akan memiliki efek membuat lega.

Bagi Anda yang tetap gemar menikmati daun pepermin, obat di atas bisa digantikan dengan konsumsi teh pepermin sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu hari.

[Baca juga: Landik: Tanaman Liar Yang Memiliki Manfaat Sebagai Obat Luka]

Demikian adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman pepermin. Memang ada banyak manfaat, namun ada yang butuh diperhatikan dlaam penggunaannya, yaitu terhadap si kecil buah hati kita. DIsarankan untuk meminimalisir mempraktikkan terapi pepermin ini kepada bayi dan balita. Misalnya tindakan mengoleskan minyak pepermin ke wajah mereka. Alasannya adalah karena ada kecenderungan efek buruk, sebagai contoh adlaah sulitnya bernapas pada si kecil. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Manfaat Sehat Daun Pepermin; kompas.com, diakses pada 8 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi; pic.ikanmasteri.com, diakses pada 8 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here