Apa Sakit Kepala “Tension Type Headache” itu?

0
2866
Apa Sakit Kepala TTH itu
Apa Sakit Kepala TTH itu

PUSING dan mumet adalah sebuah kata yang bisa didefinisikan ke dalam banyak arti yang tetap berhubungan dengan badan, utamanya kepala. Pusing dan mumet jika dikategorikan ke dalam penyakit fisik bisa diartikan sebagai sakit kepala, entah puyeng, kliyengan, vertigo, migraine, dan lain sebagainya. Namun bisa pula kata itu diartikan sebagai ‘kepusingan’ akibat banyak hal yang harus dipikir dan dikerjakan.

Yang hendak dibicarakan di bawah ini adalah sakit kepala yang sifatnya adalah sakit fisik, yaitu yang berhubungan dengan medis.

Sakit Kepala Fisik

Jika kata pusing sendiri butuh dijelaskan kriterianya berdasar keadaan, maka pusing dan sakit kepala secara fisik pun masih butuh pula dibedakan.

Rasa pusing (vertigo) biasanya disertai rasa seperti berputarnya lingkungan sekitar kita. Selain itu ada juga keluhan seperti nyeri di seputar kepala, baik nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau hanya bagian sebelah saja. Atau malah rasa nyeri seperti diikat serta berdenyut.   Gejala lain yang bisa saja muncul misalnya kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan pada penglihatan, dan penurunan berat badan.

Sakit Kepala Primer & Sekunder

Pusing pada kepala bisa saja disebabkan oleh lelah yang berlebihan, kurang tidur, dan masih banyak lagi. Akan tetapi ada juga sakit kepala yang tak diketahui penyebabnya, ini dinamakan dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sedangkan sakit kepala yang diketahui penyebabnya (meskipun hanya sedikit) maka disebut sakit kepala sekunder. Sebagai contoh penyebab dari sakit kepala sekunder ini adalah akibat menderita sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain.

Tension Type Headache (TTH)

Mengenai nyeri pada bagian kepala daerah belakang dan leher pada umumnya adalah disebabkan oleh tension type headache alias TTH.  Dan hal ini akan semakin nyata apabila rasa sakit pada kepala itu seperti tertindih benda berat ataupun diikat dan berkaitan dengan otot-otot pada bagian leher.

[Baca juga: Inilah Beberapa Cara Pemijatan Leher agar Kulit Tetap Cerah demi Menjaga Penampilan]

Sehubungan adanya ketidakberesan pada otot –utamanya di bagian tengkuk dan leher– tersebut, maka bukan tidak mungkin akan menjalar sampai pada bagian punggung, mata, ataupun otot-otot lain tubuh kita.

Yang menjadi faktor penyebab timbulnya TTH ini ada banyak, di antaranya adalah; stress, gangguan tidur, posisi tubuh tak tepat ketika bekerja, waktu makan tidak teratur, mata lelah, dan masih banyak lagi.

Solusi Sakit Kepala akibat TTH

Sakit kepala Tension Type Headache alias TTH bisa diatasi dengan cara istirahat yang cukup. Selain itu baik pula jika mendapatkan perawatan pijat pada bagian belakang kepala dan leher, dan apabila sudah tak tahan bisa pula dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Namun yang pasti, pemahaman akan faktor penyebab atau faktor pencetus  dari TTH lebih berguna dibanding solusi penggunaan obat-obatan. Pasalnya dengan mengetahu dan emmahaminya, tentu kita akan bisa mencegah terulangnya kejadian TTH. [uth]

Rujukan:
[1] Sakit Kepala, Pundak Pegal; klikdokter.com, diakses pada 15 Januari 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 15 Januari 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here