Hidup Berkualitas itu Selalu Tepat Janji dan Tepat Waktu

0
1565
Hidup Berkualitas itu Menepati Janji dan 'On Time'

ON TIME dan menepatii janji adalah hal yang bisa saja menjadi sepele bagi sebagian orang. Namun kenyataannya juga merupakan hal yang cukup memberatkan bagi sebagian yang lainnya. Bagaimana tidak, ketika mengadakan janji, diundang, atau menghadiri kegiatan, jika telah menjadi kebiasaan maka sikap “tak peduli pada waktu” akan menjadi hal yang ‘bukan merupakan kesalahan’ bagi mereka. Pun begitu dengan orang yang “menggampangkan” urusan, tak sekali dua kali mereka pun akan meninggalkan janji dan juga melupakannya seolah tiada hal yang harus dirisaukan.

Namun tahukan Anda, justru pada sikap seperti itulah kualitas hidup manusia ini diukur. Yaitu akan menjadi berkualitas lebih ketika menepati janji, dan tetap menjaga kualitasnya adalah pada saat selalu ‘on time’, tak pernah terlambat dalam menghadiri sebuah acara ataupun kegiatan.

Tak Menyediakan Jam Karet!

Perkembangan zaman yang telah menentukan kemajuannya menuntut gerak manusia tak bisa lagi semaunya sendiri. Kalaupun masih ‘semaunya sendiri’ setidaknya tetap harus berpijak dari pergerakan zaman itu sendiri. Tentu agar tak menjadi tertinggal dan kemudian tercampakkan oleh waktu.   Perkembangan zaman itu pulalah yang ‘mau tak mau’ menjadi penentu pola dan gaya hidup manusia.

Seiring dengan itu, tak banyak yang paham bahwa ternyata gaya hidup on time, alias tepat waktu itu memberikan efek baik pada diri. Yaitu berkemampuan meningkatkan hidup yang lebih berkualitas. Pasalnya jika hidup ini seiring dengan ketepatan waktu, selain produktifitas bagus akibat efektifitas dalam berkegiatan, ada pula manfaat lain, yaitu bahwa dengan tepat waktu maka kita akan mendapatkan tambahan kepercayaan diri, dan yang pasti kepercayaan orang lain terhadap diri kita sendiri.

Penerapan “jam karet” saat ini sudah kadaluwarsa, maka sudah saatnya diubah menjadi “on time” alias tepat waktu, karena dengan demikian akan kita peroleh peningkatan dalam kualitas hidup.

Membangun Kepercayaan

Sebagaimana tersebut di paragraf atas, on time dan menepati janji akan membuat kita semakin oercaya diri, dan yang pasti juga menambah kepercayaan orang lain pada kita semakin kuat. Maka, jika dikalkulasi ke dalam itung-itungan laba-rugi, tak pelak ini pun akan menjadi modal lebih utama dalam membangun kepercayaan pada mitra pun rekanan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa tepat waktu dan tepat janji?

Ada banyak metode yang bisa kita terapkan guna membangkitkan dan merawat semangat tepat waktu & tepat janji itu. Di antaranya adalah dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi yang semakincanggih saat ini. Mengatur waktu melalui alarm gadget kita.

Tepat Waktu dengan Memanfaatkan Teknologi

  • Menyetel Reminder

GAdget pada masa kini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas pun fitur. Nah, di antara fitur pada ponsel pintar adalah satu device yang sangat efektif bila dimanfaatkan sebagai pengingat waktu, baik janji, deadline, dan hal-hal lainnya. Dengan mengatur dan menggunakannya, maka kita pun akan dihindarkan dari keadaan berbenturan dalam mengatur jadwal ataupun agenda kegiatan.

[Baca juga: Bagaimana Cara Menghadapi Deadline Pekerjaan?]

Fitur ini juga akan memberi Anda peringatan untuk menyesuaikan waktu yang telah Anda buat sendiri sebelumnya. Misalnya, Anda cukup mengatur reminder di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau atur 30 sampai 15 menit sebelumnya. Anda tak perlu khawatir lupa terhadap jadwal yang telah dibuat.

  • 30 Menit Lebih Awal

Menyegerakan untuk memulai segala urusan memang tidaklah buruk, termasuk urusan pekerjaan dan janji datang pada satu acara pun kegiatan. Pasalnya kita juga masih bisa mempersiapkan segala keperluan lebih dini dari jadwal.  Ini menjadi bagian dari mengubah budaya “jam karet”.

Silakan evaluasi terlebih dahulu jarak dan waktu tempuh menuju lokasi. Atau evaluasi kemampuan berbanding waktu yang disediakan dalam mengerjakan sebuah urusan. Sebagai contoh apabila memiliki janji pukul 10:00, maka usahakan minimal sudah sampai lokasi saat pukul 9:30. Pun dengan urusan pekerjaan, jika deadline pada tanggal 10, maka usahakan untuk menyelesaikannya sebelum hari H. Tiga hari sebelumnya pun dua hari sebelumnya.

  • Sistem Kurun Waktu

Masih dengan gadget canggih, kita bisa pula mengatur dan mencatat segala kegiatan pun acara berdasar pada kalendar yang disediakan. Sehingga akan diketahui waktu-waktu krusial bagi kita. Salah satunya tentang deadline pekerjaan.

Susun pula timeline, bagi setiap pekerjaan agar tidak saling berbenturan. Ada yang harian, ada yang mingguan, ada pula yang bulanan. Jamnya pun alangkah baiknya jika turut ditentukan. Namun apabila masih dirasa perlu, tak salah pula kita membuat catatan pada sticky notes kemudian ditempelkan di dekat keseharian kita duduk pun tidur, atau bisa pula pada perangkat komputer kita.

Demikian beberapa cara dan langkah yang bisa kita tempuh demi mendapatkan hasil yang lebih baik, lebih tepat waktu, dan tentu saja bisa selalu menepati janji. Semoga bermanfaat. [uth]

Rujukan:
[1] Ciri Hidup Anda Berkualitas adalah Selalu “On Time” Tepati Janji!; female.kompas.com, diakses pada 29 Februari 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 29 Februari 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here