Bagaimana Membersihkan Bagian Plastik dan Karet pada Kendaraan?

0
971
Inilah Cara Membersihkan Bagian Plastik dan Karet pada Kendaraan

PERAWATAN MOBIL dan motor ataupun kendaraan bermesin lainnya saat ini memang lebih bisa dipercayakan kepada pihak lain, sebagai contoh adalah salon. Karenanya ada banyak salon mobil yang tetap bisa menjalankan bisnisnya berdampingan dengan keberadaan bengkel yang mengitarinya. Dengan teliti dan tekun pekerja salon memberikan pelayanan penuh menyangkut kebersihan dan kerapihan kendaraan yang dipercayakan kepadanya.

Jika kita mengamati pelayanan yang disediakan oleh salon-salon mobilĀ  tersebut, kenyataannya bukan saja sebatas membersihkan body dan juga kondisi kebersihan mesin, melainkan juga melayani kebersihan dan kerapihan interior kendaraan, termasuk dasbor dan bagian lain yang bahannya berasal dari plastik, fiber, spon, busa, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara melayani kebersihan dan kerapihan interior tersebut?

[Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Air Bag Kendaraan?]

Merawat dan Membersihkan Bahan Plastik & Karet

Alih-alih musti pergi ke salon, sejatinya kita pun bisa melakukan pembersihan sendiri, utamanya mengenai bagian kendaraan yang berbahan plastik. Selain kenyamanannya tak akan jauh dari keinginan, tentu juga bisa mengurangi budget alias hemat biaya.

Merawat bagian yang berbahan plastik ini sesungguhnya tak sesulit pada bagian lain, misalnya pada kaki-kaki. Yang dibutuhkan hanyalah kecermatan dalam mengerjakannya saja.

  • Perawatan Berkala

Yang harus dilakukan adalah rutinitas dalam merawat bahan plastik kendaraan ini. Artinya, harus menyediakan waktu secara berkala guna melakukannya, apalagi pada saat cuaca sedang tak menentu. Mendadak hujan, lalu kembali panas adalah salah satu contohnya. Dengan perawatan berkala ini, selain kita bisa membagi waktu dan jadwal pasti dengan agenda lain, akan tercipta juga kondisi teratur, sehingga keadaan yang memang butuh diganti dan dibengkelkan akan bisa diketahui dan ditindak-lanjuti lebih dini.

  • Perhatikan Penutup Celah

Selalu periksa bagian-bagian yang bercelah, misalnya adalah bagian sambungan pintu, ataupun kap mesin yang terdapat skat berupa karet ataupun plastik.

Kain halus bisa dimanfaatkan guna membersihkan noda ataupun kotoran yang bersarang pada celah-celah itu, hindari penggunaan air plus detergen, sehingga karet ataupun plastik penutup celah itu juga tak akan terkena pengaruh olehnya.

  • Cairan Khusus

Di toko-toko tertentu menyediakan cairan khusus untuk membersihkan noda membandel yang acap bersarang sehingga keberadaannya cukup mengganggu. Silakan beli dan gunakan secukupnya. Hanya saja jangan terlalu dimanjakan, artinya carian khusus ini hanya disarankan pada kondisi yang memanng menuntut.

  • Khusus Interior

Untuk bagian interior, di antaranya yang meliputi daspor, doortrim, konsol tengah, dan beberapa bagian yang berada di bawah serta samping jok, gunakan pula cairan khusus, –misalnya semir ataupun yang lainnya– yang bisa Anda dapatkan di toko-toko khusus.

[Baca juga: Tips Merawat Ban Sepeda Motor]

Pemilihan Tempat yang Tepat

Ada banyak orang terlalu semangat dalam membersihkan kendaraan, baik motor ataupun mobil, sehingga justru mereka acap abai dengan kondisi tempat yang digunakannya. Terlalu panas gak benar, terlalu dingin di bawah pohon pun tetap tak dibenarkan. Bahkan terlalu banyak angin juga bukan hal yang masuk dalam saran. Pasalnya kotoran debu juga akan mudah terbawa, sehingga justru akan lebih mudah menempel pada kendaraan yang belum kering.

Oleh karenanya, selalu usahakan memilih tempat yang tepat dalam merawat kebersihan dan kerapihan kendaraan Anda. Yaitu tempat yang teduh, bersih, dan usahakan agak tertutup, agar angin yang membawa debu tak mudah mengenai kendaraan yang sedang dibersihkan. [uth]

Rujukan:
[1] Merawat Komponen Plastik agar Terjaga; Kompas Klasika hal 36, edisi 1 Maret 2016
[2] Gambar; pixabay.com, diakses pada 3 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here