Bagaimana agar Rumah itu Nyaman Dihuni?

0
1765
Inilah Cara agar Rumah Tinggal Nyaman Dihuni

RASA NYAMAN menjadi faktor penting dalam menjalani hidup, karena dengan keadaan itu besar kemungkinan aktivitas kita semakin baik, produktivitas semakin meningkat, tak lain adalah karena kualitas hidup pun semakin terpelihara.   Sedangkan kenyamanan dalam hidup itu dipacu oleh banyak hal, satu di antaranya adalah rumah tinggal kita.

Lalu bagaimana membuah rumah tinggal menjadi faktor kenyamanan dalam menjalani hidup? Tentu dengan cara merawat, menata, dan memeliharanya secara rutin dan disesuaikan dengan keinginan kita masing-masing.   Dengan cara itu, buah yang bakal muncul tak lain adalah tak enggan menempati berlama-lama, tak gampang merasa bosan, dan masih banyak lagi kenikmatan lainnya.

Bersih dan Tertata

Kebersihan menjadi faktor utama kenyamanan. Karena apabila tak bersih kecenderungan untuk tidak betah dan jauh dari rasa krasan akan menghinggapi. Dengan demikian, sila usahakan agar kondisi rumah tinggal bisa bersih dan juga tertata.

Lakukan pembersihan secara rutin dan berkala. Selalu perhatikan tempat-tempat tersembuyi, sudut-sudut ruangan, celah-celah kursi dan lemari, sela-sela sofa, kamar mandi serta toilet, dan lain-lain. Ingat, meski bagian yang tersembunyi itu jarang disentuh manusia, namun bukan berarti itu akan selalu bersih. Sebaliknya, justru akan ada banyak makhluk lain yang membawa kotoran nyaman berada di sana.

Dalam membersihkan, silakan mengganti tirai, sarung bantal sofa, sarung sofa, seprai, dan lain-lain secara berkala pula. Dan di samping itu, lakukan penjadwalan dalam penataan ruangan. Sebagai contoh kapan dan tanggal berapa musti diberikan pun diganti tanaman penghias, atau kapan dan tanggal berapa musti mengubah posisi; menggeser karpet, mengubah letak sofa, dan lain-lain.

[Baca juga:  Menghadirkan Taman di dalam Rumah dengan Terarium]

Penampilan Warna

Warna menjadi salah satu faktor kenyamanan, oleh karenanya butuh penyesuaian dalam menerapkannya di rumah tinggal. Penggunaan warna yang umum adalah putih, hijau, ataupun kelabu, dan sebagian ada pula yang menerapkan waran hitam di beberapa bagian rumahnya. Ini adalah warna-warna monokromatik yang meskipun termasuk minimalis namun tetap bisa dikategorikan modern. Akan tetapi apabila dalam keseharian kita hanya menemukan warna itu secara monoton, apalagi di kantor tempat bekerja juga sama, tak pelak rasa jenuh dan bosan akan mudah muncul dalam benak kita.

Sekiranya dinding rumah kita memang kurang cocok dengan warna selain yang disebutkan itu, maka sesungguhnya kita bisa menyiasatinya. Yaitu dengan memainkan warna lain pada furnitur. Misalnya  selain menempatkan warna sofa berbeda, bisa pula memilih bantal dengan corak lain yang anti main stream. Hal ini berlaku pula pada karpet, warna lampu sudut, gorden, ataupun tirai.

Perindah dengan Aksesoris

Jika di bagian warna kita bisa memainkan pada pengisi ruang, baik itu yang berujud karpet, bantal, tirai, dan lain sebagainya, maka kita juga masih bisa menempuh jalan lain guna membuat rumah tinggal tetap nyaman. Yaitu dengan cara mendekor ruangan menggunakan banyak materi. Bisa foto, bisa kerajinan, dan bisa pula handi craft.

Kesemua material itu tentu membutuhkan biaya, namun bisa ditekan biayanya dengan memilih bahan yang murah. Sebagai contoh adalah kerajinan yang memanfaatkan sampah daur ulang. Atau bisa pula dengan memajang foto bingkai layaknya poster. Ini tentu jauh lebih murah jika dibanding harus membeli dan memesan lukisan. Dan sekiranya itu semua masih mahal dan ogah mengeluarkan uang, maka silakan ambil saja botol-botol bekas atau perkakas bekas lainnya, kemudian ciptakan daya kreatif Anda agar bahan itu bisa dimanfaatkan untuk memperindah ruangan. Karena botol ataupun cawan bisa dimanfaatkan sebagai wadah lilin pun aroma terapi lain, bisa pula digunakan sebagai pernak-pernik berwarna unik setelag dialiri listrik dan dijadikan lampu.

Pencahayaan Cukup

Ciptakan ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Selain dari sinar lampu, tentu saja adalah dari sinar matahari yang merupakan pencahayaan alami. Hal yang musti dipahami adalah; bahwa jika kondisi ruangan itu redup atau bahkan acap gelap, maka hawa negatif bisa memengaruhi otak yang menghuninya.    Karena itu usahakan untuk memiliki lubang fentilasi pun jendela, dan jika siang hari usahakan untuk selalu membukanya. Ini dilakukan selain agar cahaya bisa masuk adalah juga supaya terjadi sirkulasi udara sebagai langkah menghindari udara pengap di dalam ruangan.

Ketika malam hari dan aktivitas masih terjaga, selalu terangi dengan cahaya lampu cukup, sehingga kita yang meghuni bisa melakukan aktivitas secara bebas dan tak merasakan sumpek. Namun jika sudah hendak beristirahat –tidur, silakan matikan atau gantikan dengan lampu yang redup.

[Baca juga:  Syarat Tumbuh Tanaman Hias dalam Ruangan]

Jaga Keasrian

Pada poin awal, yaitu keadaan bersih dan tertata, kita bisa mengubah dan mengganti suasana ruangan. Selain menggeser perabotan adalah juga dengan memberikan sentuhan asri berupa tanaman di dalam ruangan.

Tanaman mampu memberikan kesegaran dan rasa nyaman, apalagi jika ia memunculkan warna-warni bebungaan dan dedaunan. Karena itu kenyamanan dalam bertempat tinggal ini juga bisa tercipta salah satunya dengan acap meletakkan beberapa tanaman penghias ruangan. Bisa tanaman dalam pot, namun jika Anda tak mau repot, bisa pula memanfaatkan gelas diisi air lalu diberikan tanaman, bisa dengan tanaman ataupun bunga potong, bisa pula dengan tanaman yang mampu tumbuh di dalam gelas berisi air.

[Baca juga: Memahami Tanaman Hidroponik: Pengertian dan Efektivitas Bercocoktanam]

Di luar ruangan kita pun masih tetap bisa memperindah dengan berbagai jenis tanaman dan bunga-bungaan. Yaitu dengan menanam –di pot– dan meletakkannya di berbagai sisi dan sudut ruangan, di samping rumah, di depan rumah, di teras –bergantung, atau bisa pula ditempatkan pada sisi-sisi dinding tembok yang pantas. [uth]

Rujukan:
[1] Resep agar Bahagia dan Betah di Rumah; Kompas Klasika hal 35 edisi 1 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 4 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here