Cara Mencegah dan Menghindari Sakit Flu Secara Dini

0
1535
Cara Mencegah dan Menghindari Sakit Flu

INFLUENZA atau lebih dikenal dengan sakit flu (pileg) adalah penyakit yang bisa jadi dianggap remeh bagi orang-orang di sekitar kita. Namun tahukah Anda, kenyataannya flu ini termasuk jenis penyakit yang ditakuti oleh sebagian mereka yang tinggal di Amerika dan juga Eropa. Karena hal yang dianggap sepele serta remeh itu ternyata bisa melebar dan membawa kematian khususnya ketika dalam cuaca winter.

Batuk pileg dan hidung tersumbat –bahkan kaadang disertai sakit kepala– yang menjadi bagian dari sakit flu acap diremehkan karena memang datangnya bisa setiap saat. Bisa di kala musim kemarau, yaitu saat panas menyengat disertai debu yang mulai mengebul. Bisa pula ketika musim hujan tiba, yaitu tatkala cuaca dingin dan air pun kerap turun dari langit. Dan bisa pula tatkala musim perubahan, baik dari kemarau ke hujan pun sebaliknya.

Konsumsi Vitamin

Menghadapi sakit flu itu, memang tiada enaknya. Apalagi ketika harus banyak melakukan aktivitas. Konsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh menjadi salah satu kiat untuk mencegah terserangnya flu pada tubuh kita. Dan vitamin C adalah andalannya.

Buah dan sayur-mayur menjadi asupan andalan demi mendapatkan vitamin C tersebut. Sehingga apabila telah mengonsumsi buah dan sayuran, kecenderungan terserang flu akan lebih kecil, karena sistem kekebalan tubuh menjadi dioptimalkan.

[Baca juga: Bekamine 10: Multivitamin Indonesia yang Telah Diproduksi Sejak Masa Kemerdekaan]

Tindakan Sederhana Pencegahan

Selain konsumsi asupan buah dan sayur-mayur yang mengandung kadar vitamin tinggi, ada pula tindakan lain yang bisa dilakukan demi mencegah pun menghindari seranagn influenza.  DI bawah ini adalah beberapa di antaranya;

  • Minum Air Putih

Sebagaimana diketahui, air putih memiliki banyak manfaat, karena dengan mengonsumsi air putih secara teratur, dehidrasi juga akan dicegah. Selain itu, metabolisme dan sistem kekebalan tubuh juga bisa terjaga olehnya.

Saat sakit flu sedang melanda, konsumsi air putih dengan volume banyak sangat membantu kesembuhannya. Hal itu terjadi karena setelah meminum air putih, maka akan banyak cairan yang bisa dikeluarkan oleh tubuh, termasuk yang mengandung racun.

[Baca juga: Bagaimana Agar Puasa Anda Terhindar Dari Dehidrasi?]

  • Menggunakan Masker

Apabila sedang bepergian baik berjalan kaki atau menggunakan kendaraan, khususnya kendaraan terbuka seperti sepeda pun sepeda motor, selalu usahakan untuk mengenakan masker sebagai pelindung. Pasalnya dengan memakai masker, maka paparan polusi dan juga virus flu yang menyebar melalui udara bisa dihindari dan diminimalisir.

  • Konsumsi Madu

Madu memiliki manfaat yang tak bisa diragukan lagi, karena ia memberi manfaat pencegahan terhadap berbagai penyakit. Termasuk  di dalamnya adalah penyakit flu.

Ketika sedang diserang sakit flu, silakan konsumsi madu sebanyak 1 hingga 3 sendok makan setiap hari agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga tak mudah ambruk.

[Baca juga: Inilah Ragam Khasiat dan Manfaat Madu untuk Tubuh]

  • Tidur Cukup

Sakit flu mudah menyerang pada mereka yang daya tahan tubuhnya sedang tak baik. Padahal daya tahan yang kurang prima itu bisa saja diakibatkan oleh kurangnya waktu beristirahat tidur. Menyimak hal ini, maka sudah selayaknya tubuhpun dicukupkan waktu istirahatnya. Dan jika Anda sedang diserang flu, usahakan melebihkan waktu istirahat tersebut tak seperti hari-hari biasanya.

  • Berkumur

Setelah bangun tidur biasanya kita akan berkumur menggunakan air putih dan kemudian meminum air putih yang masih ada. Ini kebiasaan yang memang tidak buruk dan disarankan.

Apabila Anda sedang menderita sakit flu, berkumur tetap bisa dilakukan, hanya saja usahakan menggunakan air hangat yang dicampur dengan larutan garam. Alasannya, air larutan garam ini diyakini bisa membunuh virus dan bakteri yang membahayakan bagi mulut. Dan lebih dari itu, air garam ini juga bisa membantu meredakan peradangan di seputar mulut. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Lagi, Trik Jitu Tangkis Flu; Klasika Kompas Cetak hal 38, edisi 8 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; goodhealth.co.nz, diakses pada 14 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here