Apa Saja Perwatan Dini Pada Kendaraan?

0
476
Apa Saja Perwatan Dini Pada Kendaraan

KENDARAAN adalah bagian dari sarana dalam kita beraktivitas yang keberadaan kendaran itu tak bisa diabaikan. Karena jika tidak, segala aktivitas yang telah kita agendakan bisa jadi justru menemukan jalan buntu atau minimal menjumpai hambatan.    Dan kendaraan itu bukan saja berujud mobil, akan tetapi sepeda motor dan bahkan juga sepeda menjadi penting.

Dalam melakukan perawatan kendaraan, kita tak bisa selamanya mengandalkan pada bengkel, karena hal-hal kecil yang kadang mengganggu butuh segera kita atasi. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan kendaraan secara dini tersebut di antaranya adalah sebagai berikut;

[Baca juga: Ban Serep Tak Bisa Diabaikan Perawatannya]

  • Membersihkan Filter Udara

Filter udara adalah bagian penting pada sebuah kendaraan, namun begitu dalam merawatnya tak dibutuhkan waktu khusus. Karena kita pun bisa memeriksa dan lalu merawatnya sendiri di rumah.

Sila melepas filter kendaraan Anda dari sarangnya, kemudian bersihkan menggunakan kuas dan lalu ketuk-ketuk perlahan. Atau bisa juga dibawa ke bengkel tambal ban lalu meminta tolong untuk menyemprotkan angin padanya dengan menggunakan air compressor.   Cara ini terhitung mudah dan murah, akan tetapi justru membawa manfaat lebih bagi kendaraan kita. Selain bisa memerpanjang usia filter itu sendiri, cara ini juga ditengarai ampuh dalam menyaring udara masuk menuju ruang bakar.

  • Membersihkan Karet Wiper

Wiper adalah penyapu kaca pada kendaraan yang merupakan komponen penting dan tak bisa diabaikan perawatannya. Cara perawatan bagian wiper ini adalah dengan memeriksa baut pengencang. karet pembersih, dan juga kondisi airnya.

Wiper ini sangat rawan akan kotoran, karenanya juga sangat bisa mengganggu kondisi kaca yang dibersihkan. Bayangkan saja ketika ada kotoran dalam wiper kemudian ia digerakkan, maka bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan goresan pada bagian kaca kita.     Jika menjumpai karet wiper sudah tidka lurus, silakan ambil kain yang lebut dan halus, kemudian basahi dan gunakan untuk menekan wiper dan meluruskannya secara pelan-pelan. Apabila cara ini tak berhasil itu tandanya wiper yang digunakan sudah saatnya untuk diganti.

[Baca juga: Cara Merawat Aki agar Tahan Lama]

  • Memeriksa Aki

Aki menjadi sangat penting karena berpengaruh sekali terhadap kelistrikan sebuah kendaraan. Olah karenanya pemeriksaan sebagai bagian perawatan dini tak bisa diabaikan, sebagai contoh apabila menggunakan accu basah maka air akinya musti sipastikan tercukupi. Selain itu pastikan posisi aki juga berada pada tempatnya, apabila keluar dari posisinya, pengikatnya kendor, maka segera lakukan pembenahan sendiri. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Bentuk Perawatan Sendiri di Rumah; Klasika Koran Kompas Cetak, hal 36, edisi 3 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 15 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here