Inilah Beberapa Pohon yang Bisa Meredakan Stres

0
1552
Beberapa Pohon yang Bisa Meredakan Stres

POHON merupakan makhluk hidup yang memiliki manfaat banyak karena mampu menopang kebutuhan hidup dari makhluk-makhluk lain. Bukan saja manusia, toh kebenarannya ada banyak binatang yang bahkan tiada pernah hidup sekiranya tak ada pepohonan pun tetumbuhan. Bagi manusia tentu ada banyak manfaat dari segala jenis pepohonan, baik dari yang kecil baru saja bertunas, ataupun sudah dewasa bahkan tua.

Berjuta Manfaat Pohon

Selain sebagai bahan makanan ataupun obat-obatan, tumbuh-tumbuhan juga dimanfaatkan sebagai bahan segalabangunan, baik bangunan tempat tinggal ataupun bangunan infrastruktur lainnya.

  • Pencegah Bencana

Tak sebatas itu saja, pepohonan juga memiliki manfaat mencegah terjadinya banyak bencana. Sebut saja banjir dan tanah longsor, keduanya bisa dicegah tak lain adalah dari penanaman pohon di lingkungan seputar kita.

  • Manfaat Sehat & Sarana Rekreatif

Belum lagi tentang manfaat secara psikologis, taman-taman dengan beraneka warna dibuat dan disediakan secara wajib oleh dinas tata kota/daerah tak lain karena memiliki manfaat sebagai tempat rekreasi.      Ya, pepohonan yang tumbuh di seputar kita bisa dijadikan sebagai bahan rekreatif. Oleh karenanya perawatan adalah hal yang tak bisa diabaikan.

Selain kesehatan secara mental yang bisa didapat dari pepohonan sebagai sarana rekreasi tersebut, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan lingkungan hijau itu juga mampu menyehatkan raga. Pasalnya ada banyak polusi bisa diatasi olehnya. Sebut saja adanya pemaran timbal, CO, SOx, Nox dan lain-lain, telah terbukti itu semua mampu berkurang karena adanya hamparan hijau tajuk pohon serta rerumputan.

Jenis Pohon Pengurang Stres

Dan berbicara mengenai manfaat pohon bagi kesehatan, utamanya yang berhubungan secara psikologis, ada beberapa pohon yang bisa dikategorikan memiliki sifat pereda –atau bahkan penghilang– stres. Di antaranya adalah sebagaimana tersebut di bawah ini.

[Baca juga: Sikap Pelit dan Kikir Rentan Terhadap Stress]

  • Asam Jawa (Tamarindus Indicus)

Asam Jawa biasanya digunakan sebagai bagian dari bahan resep masakan (Indonesia) ataupun obat-obatan. Hal yang musti diketahui adalah bahwa pohon asam-jawa ini juga menjadi bagian tanaman yang memiliki kemampuan mengurangi stres.   Ialah pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 30 meter dengan diameter pangkal batang bisa mencapai 2 meter, dan tajuknya rindang serta lebat berdaun dengan bentuk melebar dan membulat.

Pohon asam-jawa biasanya tumbuh di dataran tropis dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl, dengan tanah berpasir atau tanah liat.   Dan jika di pulau Jawa pohon asam-jawa ini bisa dijumpai sebagai pagar jalan raya, yaitu di sepanjang jalan raya Daendels, dari Anyer hingga Panarukan, maka ada sejarah yang memaparkan bahwa dahulu para pelaut Bugis juga telah menanam pohon asam jawa di pantai utara Australia, yaitu di Northern Territory.

Penanaman itu dilakukan para pelaut Bugis ketika mereka sedang beristirahat sambil menunggu datangnya angin untuk kembali ke daerah asal.    Dan bahkan pohon-pohon asam jawa ini juga menjadi petunjuk kontak bagi orang Aborigin setempat terhadap orang luar.

[Baca juga: Passiliran: Pemakaman Bayi Kecil pada Pohon Tarra’ di Tana Toraja]

  • Trembesi (Samanea Saman)

Trembesi adalah satu jenis tumbuhan dengan ukuran besar, dan  bertajuk sangat lebar. Karena itu, iapun menjadi pohon yang populer sebagai peneduh di areal publik yang luas.

Selain trembesi, ada pula yang menyebutnya dengan nama pohon hujan (rain tree , alasannya karena terdapatnya air yang sering menetes dari tajuk, yang kesemuanya itu bersumber dari keekuatan pohon dalam menyerap air tanah.   Pohon ini juga tepat untuk berteduh, karena bagian daunnya juga termasuk sangat sensitif terhadap cahaya dan menutup secara bersamaan dalam cuaca mendung (ataupun gelap). Dengan begitu ketika turun hujan, airnya akan bisa langsung turun ke tanah hanya denganmelalui lebatnya kanopi pohon.      Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya banyak rumput di bawah pohon yang lebih memiliki warna hijau dibanding dengan rumput lainnya.

Kemampuan pohon trembesi dalam menyerap CO2 tak diragukan lagi, pasalnya kekuatannya adalah puluhan kali lipat dari pohon lain, yaitu sebesar 28,5 ton karbondiokasida setiap tahunnya, padahal lain rata-rata hanya menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya.    Dan kemampuannya dalam menurunkan kosentrasi gasserta kemampuan menyerap air tanah pohon trembesi adalah biangnya.

  • Mahoni (Swietenia Macrophylla)

Mahoni adlaah jenis pohon yang mudah dijumpai di dataran Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Ialah pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 35–40 meter, dengan batang pohon hingga diameter 125 cm dan bentuknya lurus-silindris.  Pohon ini bisa tumbuh subur apaila ditanam pada pasir payau dan dekat dengan pantai.

Mahoni adalah juga pohon yang memiliki manfaat dapat melindungi dan menangkap air, serta menyaring udara. Ia memiliki kemampuan mengurangi pencemaran udara sebesar 47% – 69%. Hal itu terjadi karena daun-daun mahoni ini memiliki kemampuan menyerap polutan-polutan dan sekaligus melepaskan oksigen.     Dan dengan sifat pohon yang mampu bertahan meski dalam kondisi gersang, maka mahoni acap ditanam di tepi jalan.

  • Damar (Agathis Alba)

Meskipun tumbuhnya juga di daratan negeri Filipina (Palawan dan Samar), namun ada yang mengkategorikan bahwa damar adalah sebuah tanaman asli Indonesia. Ialah tanaman yang mampu tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah hingga ketinggian 1.200mdpl.

Dengan ketinggian mencapai 65 meter dan batang bulat silindris, di Jawa tanaman damar ini biasa pula dibudidayakan dan diambil getah ataupun hars-nya. Namun selain itu damar juga umum dimanfaatkan sebagai tanaman penghias, tumbuhan peneduh, dan juga pagar di tepi-tepi jalan.

  • Johar (Cassia Siamea)

Johar atau dikenal pula dengan nama juar, juwar, pun johor ini adalah jenis tumbuhan penghasil kayu keras yang biasa ditemui di area Asia Selatan dan juga Asia Tenggara.   Sedangkan di Indonesia,  pohon johar biasa tumbuh secara natural di tanah Sumatra, di mana sebagian orang Sumatera juga menamakannya dengan pohon bujuk ataupun dulang. Walau bisa tumbuh di berbagai kondisi tempat, namun pohon johar ini paling cocok adalah tumbuh di dataran rendah tropika dengan iklim muson.

Menjadi bagian pohon yang memiliki kemampuan mengurangi stres, karena johar juga ditanam oleh orang-orang dahulu untuk dijadikan sebagai pagar sekaligus peneduh tepi jalan ini, pohon hias, bahkan juga dimanfaatkan guna merehabilitasi lahan pertambangan. Selain itu, johar acap pula dimanfaatkan sebagai penaung di perkebunan-perkebunan kopi, kakao, ataupun perkebunan teh.

[Baca juga: Kulit Pohon Kayu Putih Mengatasi Insomnia Secara Alami]

  • Pala (Myristica Fragrans)

Pala menjadi salah satu sebab menga[a bangsa-bangsa barat zaman dahulu kala hendak menguasai nusantara. Karena tumbuhan asli kepulauan Banda, Maluku ini merupakan pohon rempah dengan biji pala, di mana biji pala itulah komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi.

Mencermati kemampuan dan keuntungan pohon-pohon di atas, tentu kita akan mafum ketika pohon-pohon itu bisa meredakan stres. Karena selain faktor alamiah, ada faktor lain yang dihasilkan guna menghambat gejala stres. [uth]

Rujukan:
[1] 6 Pohon Pereda Stres; nationalgeographic.co.id, Diakses pada 18 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 18 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here