Kenapa Mata Bisa Kedutan?

0
1427
Kenapa Mata Bisa Kedutan

KEDUTAN atau mata berkedut adalah sebuah fenomena yang kadang oleh beberapa orang dipercayai menjadi pertanda. Semacam firasat. Namun bagi beberapa orang lainnya, kedutan ini juga hanya diabaikan begitu saja tanpa memikir banyak hal dan lalu mengait-ngaitkannya.

Terlepas dari itu, kedutan di mata kenyataannya cukup mengganggu aktvitas kita, karena selain merupakan hal tak biasa, karena kedutan pula kita bisa disangka genit oleh lawan bicara.

[Baca juga: Mengintip Bukan Penyebab Mata Bintitan dan Belekan]

Genit dan Mitos

Bayangkan saja seumpama kita sedang melakukan rapat dengan klien, yang itu membutuhkan keseriusan, lalu mendadak mata kita berkedut. Tentu kita akan mendapatkan banyak prasangka, dan flirting salah satunya.  Pasalnya gerakan mata kedutan yang tidak atas kendali itu apabila dilihat seolah sedang mengedipkan mata berulang kepada orang lain, padahal sama sekali tiada maksud sedikit pun hendak menggoda seseorang.

Selain disangka genit, ada yang menengarai bahwa kedutan di suatu tempat dan pada suatu saat memiliki maksud tersembunyi. Sebagai pertanda katanya. Sebagai contoh adalah pertanda datangnya rezeki, atau bahkan pertanda akan ada keburukan yang mendatangi.

Ilmiah

  • Kelelahan

Sesungguhnya terdapat penjelasan secara medis kenapa mata kita bisa kedutan. Pemicunya tak lain adalah adanya kontraksi otot pada bagian mata yang tidak bisa dikontrol, di mana hal itu ada kaitannya dengan gangguan di bagian saraf.     Penyebab dari itu semua ada berbagai macam, namun yang paling utama adalah kelelahan ataupun kecapekan.

  • Stres

Jika mata mulai berkedut, para ahli memberikan saran untuk mengistirahatkan badan secara cukup. Selain itu, hindari pula kecenderungan penyebab stres. Larena dengan adanya banyak pikiran, bukan tidak mungkin otot pada mata akan berkontraksi yang kemudian memunculkan kedutan.

  • Alkohol, Tembakau, Kafein

Selain kelelahan dan faktor stres di atas, konsumsi alkohol, nikotin (tembakau), dan juga kafein (kopi) bisa pula menjadi pemicu timbulnya mata berkedut.

[Baca juga: Inilah Efek Baik dan Buruk Konsumi Kopi bagi Kesehatan]

Istirahat

Menyimak faktor-faktor penyebab kedutan mata, maka seyogyanya kita bisa bijak dalam menanganinya. Minimal berusaha melakukan istirahat secara cukup, meminimalisir konsumsi nikotin, kafein, dan alkohol. Dengan begitu kita pun akan jauh darinya.    Akan tetapi, apabila hal itu telah dilakukan dan kedutan tetap berlangsung, jangan ragu untuk mengonsultasikannya kepada ahli medis kepercayaan Anda. Karena bukan tidak mungkin hal itu akan berhubungan dengan saraf otak dan tak jauh dari penyakit parkinson. [uth]

Rujukan:
[1] Penyebab Mata Berkedut; nationalgeographic.co.id, diakses pada 19 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 19 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here