Kenapa Usai Sarapan Malah Mengantuk?

0
1199
Kenapa Usai Sarapan Malah Mengantuk?

SARAPAN ataupun makan pagi adalah aktivitas yang disarankan oleh para ahli medis dengan tujuan agar tubuh mendapatkan kesehatan terbaik sebagai bekal dalam menjalani hari yang penuh dengan kegiatan. Tentu kegiatan keseharian yang dijalani ini menguras cukup banyak energi pun pikiran.

Sarapan memang cukup memberi pengaruh karena dengan sarapan itulah maka energi di pagi hari bisa disiapkan sebelum tergatikan lagi oleh energi dari hasil makan siangnya. Namun kenyataannya justru ada yang mengeluh karena usai makan pagi itu datang rasa mengantuk.

Serba Terlalu

Beberapa ahli kesehatan memaparkan ihwal datangnya rasa kantuk usai menyantap menu sarapan, di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Terlalu Sedikit

Volume yang kurang bukan tidak mungkin menjadi sebab terjadinya rasa kantuk pasca menikmati sarapan. Sebagai contoh adalah sekaadr konsumsi sedikit air putih dan atau sedikit roti saja.  Dari kekurangan sarapan itu, tak pelak energi juga menjadi kekurangan, sehingga aktivitas yang dijalankan kalah dengan rasa kantuk yang muncul.

  • Terlalu Banyak

Kebalikannya dari faktor ‘terlalu sedikit,’ terlalu banyak dalam konsumsi sarapan juga bisa menimbulkan datangnya rasa mengantuk. Hal ini sangat bisa dipahami, karena dengan terlalu kenyang maka badan pun akan cenderung lebih senang bermalas-malasan dan ogah bergerak. Dan dari jauhnya sikap cekatan itu, tak pelak mata kita menjadi mengantuk dan badan juga menjadi lesu.

  • Tidur Terlalu Larut

Faktor gampang ngantuk usai sarapan adalah bukan karena faktor makanan –yang terlalu banyak pun sedikit– semata. Lain dari itu adalah juga faktor tubuh itu sendiri. Sebagai contoh adalah ketika malam hari sbeleumnya tidur terlalu larut, tentu trasa kantuk ini akan datang segera setelah melakukan sarapan di pagi hari. Dengan begini tentu kondisi ini lebih pada tubuh yang kekurangan waktu istirahat.

[Baca juga: Waspada Terhadap Kelemahan Tubuh Mampu Mencegah Munculnya Kantung Mata]

Tetap Perlu Sarapan

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab mengantuk pasca makan pagi di atas, kita pun akan bis amemahami bahwa sejatinya rasa kantuk itu datang sama sekali bukan karena konsumsi sarapan. Lain dari itu adalah volume dan juga keadaan tubuh yang lebih memengaruhi.   Artinya, apabila datang rasa kantuk usai sarapan, maka jangan lantas memiliki niat untuk tidak sarapan di hari-hari berikutnya. Pasalnya dengan sarapan sehat, maka sumber energi akan muncul sebagai bahan untuk dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-harinya. Sebagai contoh adalah demi menjaga fokus dan konsentrasi selama beraktivitas, sehingga mampu menghasilkan produktivitas tinggi.

[Baca juga: Ada Banyak Keuntungan Jika Kita Melakukan Rutinitas Sarapan]

Saran dalam melaksanakan sarapan ini sebaiknya dilakukan paling lambat adalah pukul 9.00 pagi. Alasannya karena 2 jam pasca bangun tidur terjadi penurunan gula dan nutrisi pada otak. Hal inilah uang bisa mengganggu konsentrasi, bahkan mampu menimbulkan rasa pusing juga. [uth]

Rujukan:
[1] Ngantuk Usai Sarapan? Mungkin Ini Sebabnya; detik.com, diakses pada 20 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 20 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here