Apa saja Keuntungan & Kerugian Konsumsi Daging Belut itu?

0
1802
Keuntungan & Kerugian Konsumsi Daging Belut

BELUT bagi sebagian orang mungkin merupakan satu binatang yang membuat geli atau bahkan jijik. Tapi tentu tidak bagi sebagian lainnya, karena belut bisa dimasak dengan resep yang bisa membangkitkan selera dan memiliki khasiat lebih bagi kesehatan kita. Ya, binatang yang biasa hidup di dalam lumpur dan atau tanah liat itu memang memiliki beberapa kandungan nutrisi serta protein tinggi, sehingga membawa banyak manfaat.

Lalu apa saja manfaat konsumsi daging dari hewan bertubuh panjang dan licin ketika dipegang itu? Di bawah ini adalah beberapa di antara keuntungan mengonsumsi belut;

  • Zat Besi

Belut memiliki kadar zat besi yang tinggi, yaitu sebesar 20 mg pada setiap 100 gramnya. Ini merupakan kadar yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan zat besi di dalam telur ataupun daging.  Oleh karenanya, jika kita mengkonsumsi daging belut sebanyak 125 gram setiap harinya, maka kebutuhan tubuh akan zat besi sebesar 25 mg/ hari akan dengan mudah bisa terpenuhi. Dengan demikian risiko anemia juga akan bisa teratasi.

  • Protein

Serupa dengan zat besi, protein yang terdapat dalam daging belut kadarnya lebih tinggi pula jika harus dibandingkan dengan telur. Ia setara dengan kadar protein yang ada pada daging sapi. Dan karena nilai cerna pada belut relatif tingga , maka ia pun sangat tepat jika hendak dijadikan sebagai sumber protein  dari usia kanak-kanak hingga dewasa.

[Baca juga: Kelebihan Protein Ternyata Bisa Menimbulkan Aroma Nafas Tak Sedap]

  • Fosfor

Dibanding pada telur, kandungan fosfor pada belut adalah dua kali lipatnya. Dengan mengonsumsi belut, dan lalu juga diimbangi dengan konsumsi kalsium secara berimbang, maka tulang memiliki kecenderungan lebih kokoh sehingga terbebas dari penyakit keropos tulang alias osteoporosis.

  • Vitamin

Di dalam daging belut kaya akan kandungan beberapa vitamin, di antaranya adalah vitamin A dan juga vitamin B. Selain kadar vitamin A dalam belut sangat tinggi, kadar vitamin B di dalamnya juga memiliki manfaat sebagai kofaktor dari suatu enzim sampai enzim tersebut bisa berperan normal dalam sistem metabolisme.

[Baca juga: Kenapa Sudah Konsumsi Makan Sangat Banyak Namun Tetap Kurus?]

  • Arginin

Arginin atau asam amino no esensial yang terkandung di dalam daging belut memiliki kemampuan mengubah hormon perkembangan manusia atau dikenal dengan nama HGH (Human Growth Hormone). HGH ini memiliki peran mampu menolong kesehatan otot serta mengurangi terjadinya penumpukan lemak pada tubuh kita. Selain itu, arginin juga memiliki peran yang sangat penting bagi para perempuan, yaitu mampu menghalangi perkembangan beberapa sel kanker pada payudara.

  • Leusin

Leusin menjadi salah satu kadar yang ada dalam daging belut. Yaitu satu kandungan yang sangat berguna dalam melakukan perombakan serta pembentukan protein pada otot.

  • Lemak

Kandungan lemak di dalam belut cukup tinggi, bahkan bisa disetarakan dengan lemak pada daging babi, yaitu sebesar 28g pada tiap 100gramnya. Selain itu, belut juga merupakan jenis makanan berkolesterol tinggi.

Demikian mengenai beberapa kandungan dalam daging belut yang cukup gurih dimasak dalam segala resep ini. Meski terdapat banyak manfaat, tentu ada pula madharatnya terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan, karena kadar kolesterol serta lemak tentu tak selalu baik bagi tubuh kita.    Oleh karenanya setelah mengetahui kandungan daging belut ini, kita bisa menimbang seberapa banyak harus mengonsumsinya. [uth]

Rujukan:
[1] Manfaat Luar Biasa Konsumsi Daging Belut; viva.co.id, diakses pada 22 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 22 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here