Sehat-Tidaknya Tubuh bisa Diamati dari Bagian Kaki

1
1756
Kesehatan Tubuh bisa Diamati dari Bagian Kaki

KAKI adalah bagian tubuh yang selalu dituju dan seolah tak hendak dilupakan oleh mereka para ahli saraf dan juga yang mengetahui tentang akupunktur. Atau bahkan tukang pijat di seputar kita yang tak hendak dijuluki tukang saraf sekalipun.

Kenapa kaki menjadi bagian yang dirasa penting oleh mereka? Konon karena pada bagian kaki itulah semua saaf pada tubuh manusia ini berada.

[Baca juga: Apa dan Bagaimana Gejala Terjadinya Saraf Kejepit Itu?]

Sarang Saraf & Pembuluh Darah

Tentang kaki, dikatakan bahwa pada setiap kaki kita terdapat sejumlah 33 sendi dan juga sebanyak 100 otot. Di samping itu, masih banyak pula saraf dan pembuluh darah yang mengarah ke berbagai organ tubuh lainnya. Misalnya mengarah menuju ke jantung, ke otak, dan juga ke arah tulang belakang.

Oleh karenanya, alangkah lebih baik tidak mengabaikan rasa sakit utamanya jika hal itu terjadi pada bagian kaki kita. Kesadaran untuk memahami tentang tanda-tanda kaki apabila sedang bermasalah dengan kesehatan sudah selayaknya diperlukan demi tindakan dini.

[Baca juga: Kenapa Kulit Telapak Kaki Mengalami Pecah-Pecah?]

Tanda-Tanda Kaki Bermasalah

Lalu apa saja tanda-tanda yang harus kita ketahui perihal kaki bermasalah terhadap kesehatan itu? Sejatinya ada banyak yang bisa dideteksi, dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya;

  • Sering Kram

Terjadinya kram pada kaki biasanya karena kurangnya cairan pada tubuh atau lebih dikenal dengan istilah dehidrasi. Akan tetapi, bisa juga dikarenakan mimimnya kadar magnesium dalam tubuh.Kandungan magnesium dalam tubuh ini sangat penting karena mampu memberi pengaruh sekurang-kurangnya pada sebanyak 300 fungsi tubuh. Selain dehidrasi dan magnesium, kram bisa pula disebabkan olehkekurangan kadar kalsium dan kalium dalam tubuh.

Menyimak penyebab terjadinya kram di atas, seyogyanya kita selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dan juga mengonsumsi susu demi mendapatkan asupan kalsium.

  • Luka Tak Kunjung Sembuh

Luka yang tak segera sembuh di bagian kaki banyak diidentikkan dengan tanda dari terkena sakit diabetes. Itu memang tak salah. Namun selain itu, luka yang tak kunjung sembuh tersebbut bisa pula merupakan pertanda dari buruknya peredaran darah.

[Baca juga: Menjaga Kadar Gula Darah Agar Stabil]

Hal yang juga musti dipahami adalah bahwa dengan meningkatnya kadar gula dalam darah, maka selain kecenderungan bisa mengakibatkan kerusakan di bagian saraf, bisa pula menyebabkan aliran darah pada kaki menjadi berkurang.

  • Garis Merah di Bawah Kuku

Apabila menyaksikan adanya garis merah di bagian bawah kuku kaki, mohon dicermati kembali. Karena bisa saja hal itu merupakan pertanda adanya serangan jantung. Karena garis merah ini menjadi bagian dari deteksi dini terhadap adanya endokarditis (infeksi pada bagian jantung).

Ini terjadi pasalnya terdapat kerusakan pembuluh darah yang dipicu oleh munculnya gumpalan darah kecil, sehingga merusak kapiler di bawah kuku.  Mereka bisa menjadi indikasi dari endokarditis (infeksi pada lapisan dalam jantung)

  • Kaki Kering

Kaki kering yang acap terjadi pada musim dingin ini bisa saja menjadi pertanda dari buruknya sirkulasi darah yang adakalanya juga disebabkan oleh penyakit arteri perifer, yaitu sebuah penyakit yang mampu menyerang delapan juta orang di Amerika Serikat.

Selain tampak kering, tanda lainnya adalah adanya penampakan seperti bulu yang tumbuh dan mengkilapnya bagian kaki ataupun pergelangannya.

  • Kaki Dingin

Kaki terasa dingin jika sekali mungkin tak begitu masalah, kartena bisa jadi karena faktor cuaca. Namun apabila rasa dingin itu acap menghinggapi, kewaspadaan sudah selayaknya kita tempatkan. Karea bisa saja itu merupakan pertanda dari kinerja thyroid  (tiroid) yang tidak baik.

Tahukah Anda ketika tiroid ini tak bekerja dengan baik? Tak lain adalah tiada menghasilkan hormon cukup guna mengatur metabolisme tubuh kita.

  • Kuku Kaki Kuning

Jika di atas tadi ada pertanda warna merah di bagian bawah kuku kaki, maka kali ini adalah warna kuning yang muncul pada kuku kaki kita.

Dengan perubahan warna (kuning) ini kita musti waspada, karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh adanya jamur. Atau bahkan bisa pula disebabkan oleh pernapasan yangs edang bermasalah dan juga dan disebabkan oleh lymphedema, sebagai penyebab terjadinya pembengkakan pada bagian lengan ataupun kaki. [uth]

Rujukan:
[1] Ternyata Kaki Memiliki Kemampuan untuk Mendeteksi Masalah Kesehatan; intisari-online.com, Diakses pada 23 Maret 216
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 23 Maret 216

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here