Apa itu Kanker Lidah dan Siapa yang Rentan Diserang?

0
1590
Apa itu Kanker Lidah dan Siapa yang Rentan Diserang?

KANKER sudah lama menjadi momok sebagian orang karena merupakan jenis penyakit yang susah disembuhkan. Apalagi guna mengobati penyakit kanker ini juga lumayan bisa menguras kondisi keuangan kita. Menyikapi terjangkitnya penyakit kanker ini, tentu ada baiknya kita bisa mengetahui dna paham penyebab dan juga gejala yang timbul.

Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang tubuh, dan tak semua memiliki sebab serta gejala yang serupa. Antara kanker kulit dengan serviks tentu tidak sama, begitu juga antara kanker hati dengan kanker darah pastinya tak serupa.

[Baca juga: Mengenal Kanker Serviks: Bentuk dan Penyebabnya]

Kanker Lidah

Salah satu jenis kanker adalah yang ada di bagian lidah kita. Lalu apa itu kanker lidah?

Kanker lidah adalah sel kanker yang bisa berkembang dan tumbuh di bagian permukaan lidah, yang berisiko membuat beberapa orang mengalami gejala yang menyiksa. Sebagai contoh adlaah; terdapatnya bercak ataupun benjolan warna putih pada lidah, merasakan sakit tenggorokan tak henti-hentinya,  muncul sariawan secara terus-menerus, lidah yang acap keluar darah, rasa sakit pada saat menelan makanan, rasa pengang di telinga, kebas di mulut, dan masih banyak lagi.

Yang Rentan Terserang Kanker Lidah

Pada dasarnya kanker lidah bisa menyerang siapa saja, hanya saja akan lebih rentan adalah bagi mereka yang memiliki pola hidup tak sehat. Di antara mereka ini adalah orang yang memiliki habit tertentu, antara lain;

  1. Perokok dan Peminum alkohol
  2. Pelaku seks tak sehat
  3. Orang berdayatahan tubuh rendah
  4. Penderita luka-infeski di sekitar rongga mulut
  5. Oranng yang malas gosok gigi dan tak menjaga kebersihan mulut
  6. Orang yang secara langsung acap tersengat sinar ultraviolet
  7. Orang yang sering terpapar zat radioaktif

[Baca juga: Mengenal Gejala dan Penyebab Kanker Serviks]

Gejala Kanker Lidah

Menyimak beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya sakit kanker lidah di atas, maka perlu juga kita mengetahui dan mengenali gejalanya sedini mungkin.    Ini menjadi penting karena dengan begitu kita bisa sesegera mungkin melakukan pencegahan, baik melalui upaya pemeriksaan medis ataupun tidak.

Gejala-gejala terserang kanker lidah itu di antaranya adalah adanya kerusakan jaringan di sekitar gigi, munculnya peradangan, keadaan gigi yang mudah goyang ataupun lepas, dan masih banyak lagi.

[Baca juga: Buah Ranti atau Leunca Bisa Mengobati Kanker Serviks]

Upaya Pencegahan

Dalam menghindari datangnya penyakit, kita tentu harus mengadakan upaya pencegahan, termasuk mencegah diserangnya sakit kanker lidah.

Dalam usaha pencegahan itu, tentu akan bisa dilakukan ketika kita sudah memahami penyebab datangnya penyakit kanker lidah sebagaimana telah disebutkan di bagian atas. Silakan berhenti dari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkhohol, tingkatkan pula konsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh semakin baik. Kebersihan mulut dan gigi sudah selayaknya dijaga, mislanya dengan rutin gosok gigi serta secara berkala memeriksakan kesehatan gigi dan gusi ke dokter. Kehidupan seksnya juga musti dijaga kesehatannya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 7 Orang yang Berpotensi Terkena Kanker Lidah; viva.co.id, diakses pada 26 Marte 2016
[2] Gamabr ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 26 Marte 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here