Kenapa Lampu Kabin Pesawat Diredupkan Jelang Terbang pun Mendarat?

0
1400
Kenapa Lampu Kabin Pesawat Diredupkan Jelang Terbang pun Mendarat?

PESAWAT TERBANG atau bus dan juga kereta yang sering kita tumpangi pada malam hari biasanya akan dimatikan lampunya demi kenyamanan penumpang. Hanya saja akan ada bedanya jika musti dibandingkan antara kendaraan darat dan kendaraan udara tersebut. Sebut saja bus pun kereta sebagai kendaraan darat, crew dari keduanya akan cenderung mematikan lampu pada saat sudah berjalan sekian menit dan mulai menapaki perjalanan jauh. Selanjutnya akan menyalakan lampu itu adalah ketika hampir sampai tujuan, ataupun pada saat jelang kendaraan berhenti. Jika kereta ya ketika menjelang berhenti di setiap stasiun, namun jika bus ya ketika menjelang berhenti di tempat tujuan pun peristirahatan (warung makan).

Akan tetapi tidak begitu dengan pesawat terbang. Lampu buat penumpang di dalamnya akan cenderung diredupkan adalah justru pada saat menjelang landing (sampai tujuan) serta menjelang take off (meninggalkan tempat keberangkatan).

[Baca juga: Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor?]

Jelang Terbang pun Mendarat

Apa Alasan lampu kabin pada pesawat terbang diredupkan pada saat menjelang terbang dan juga ketika hendak mendarat?

  • Halusinasi Kenyamanan

Sesuai pernyataan petugas di News.com.au, hal itu dilakukan sebagai langkah keamanan dan kenyamanan yang mampu mendukung potensi penyelamatan nyawa penumpang.   Suasana redup itu dimaksudkan agar para penumpang bisa terhindar dari bayangan posisinya yang tengah berada di ruang sangat terang dan penuh dengan rintangan.

[Baca juga: Inilah Tips Memilih Asuransi yang Aman dan Sesuai Kebutuhan]

  • Tindakan Antisipasi

Selain sebagai stimulan menciptakan keamanan, diredupkannya lampu kabin pesawat terbang itu juga dimaksudkan untuk memudahkan penumpang guna menemukan pintu keluar (darurat) apabila itu memang dirasakan perlu.

Membuka Penutup Jendela

Selain meredupkan lampu, awak kabin biasanya juga akan meminta kepada penumpang agar membuka penutup jendela pesawat ketika menjelang pesawat turun dengan tujuan agar udara alami dan juga cahaya alami bisa langsung masuk ke dalam kabin pesawat terbang. [uth]

Rujukan:
[1] Mengapa Lampu Pesawat Diredupkan Sebelum Terbang dan Mendarat? nationalgeographic.co.id, diakses pada 29 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 28 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here