Bagaimana Mencegah dan Menghindari Terkena Varises?

0
1661
Cara Mencegah dan Menghindari Terkena Varises?
Inilah Cara Mencegah dan Menghindari Terkena Varises?

VARISES adalah hal yang cukup mengganggu karena akan ada banyak kendala ketika kita menjalankan aktivitas, karena dengan adanya varises, maka terdapat bagian dalam tubuh kita, yang peredaran darahnya terhambat.

Penampakan urat menonjol dan berwarna kebiru-biruan adalah tanda yang kasat mata apabila kita terkena varises. Hal ini bisa saja tak begitu Anda ketahui karena memang tak menimbulkan rasa sakit pada saat kemunculanya.

Mencegah dan Mengurangi

Keberadaan varises pada tubuh kita memiliki kecenderungngan tak bisa dihindari. Namun begitu, tetap kita tidak boleh menyerah dan pasrah. Pasalnya tetap ada cara guna meminimalisir kedatangannya.

[Baca juga: Canyoning, Petualangan dan Olahraga Susur Sungai di Banyumas]

  • Olahraga dan Menjaga Sikap Setelahnya

Salah satu contoh guna mencegah dan mengurangi datangnya varisas adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dan usai olahraga juga tetap menjaga sikap tubuh.

Disarankan untuk olahraga, karena dengan aktivitas itu peredaran darah pada tubuh bisa semakin lancar. Sedangkat dikatakan tetap menjaga sikap tubuh usai olahraga memiliki tujuan agar urat-urat saluran peredaran darah itu tidak tersumbat. Sikap itu salah satu contohnya adalah dilarang menekuk lutut usai olahraga.

[Baca juga: Apa Alasan Menekuk Lutut Saat Lamaran dan Menyatakan Cinta?]

  • Menaikkan Kaki

Langkah lain demi meminimalisir datangnya varises adalah mengambil posisi tiduran-telentang, kemudian kaki kita naikkan. Bisa digantung, bisa pula diganjal menggunakan bantal.

  • Menyikat Kaki

Menyikat kaki pada kondisi kering menjadi cara lain agar peredaran darah lancar. Sila gunakan kaki dengan gagang yang agak panjang agar bisa menggapai semua bagian dalam tubuh, utamanya kaki. Kemudian sikat bagian kaki secara lembut, dimulai dari bagian tumit lalu ke atas, gerakannya adalah melingkar.

Menyikat kaki dalam kondisi kering ini baik dilakukan ketika jelang mandi. Tujuannya adalah agar kita bisa mencuci kulit-kulit mati bersamaan pada saat mandi.

Oleskan Pelembab dan Hindari Menekan Tonjolan

Baik setelah olahraga, usai tiduran, dan pasca menyikat bagian kulit kering, alangkah baiknya jika kita mandi. Sehingga setelah mandi kita bisa langsung membalurkan pelembab ke bagian sisi-sisi kaki dengan tujuan agar kaki tetap terjaga.

Pada saat menyikat dan juga membalurkan pelembab ini, hindari menekan bagian menonjol pada varises kita. Hal ini dilakukan demi menghindari terkena iritasi.    Mengenai sikap tubuh keseharian, usahakan untuk tak berdiri lama dan juga duduk bersila dengan durasi lama. Alasannya agar peredaran darah kita tak mampat. Posisi yang berubah secara berkala sangat disarankan.

[Baca juga: Sehat-Tidaknya Tubuh bisa Diamati dari Bagian Kaki]

Konsumsi Makanan & Buah-buahan

Varises bukan saja dipengaruhi oleh kondisi tubuh, melainkan juga makanan yang kita konsumsi. Artinya apa yang kita makan itu bisa diatur guna mencegah dan mengurangi kemunculan varises. Pada umumnya yang memengaruhinya yaitu jenis makanan dengan kadar kalsium dan serat tinggi.

Buah nanas serta ceri menjadi plihan lain yang bisa dijadikan asupan. Nanas bisa mengurangi pembengkakan dan inflamasi, sedangkan buah ceri yang memiliki kadar pigmen juga mampu memperkuat dinding pembuluh darah.

Konsumsi secara rutin jenis vitamin E, C, dan B komplesk juga disarankan karena mereka mampu meningkatkan sirkulasi darah.  Begitu pula dengan meminum air putih, ini sangat murah namun memiliki khasiat pencegahan varises luar biasa. Karena dengan air putih usus akan dipastikan selalu bergerak.

Demikian mengenai tindakan pencegahan dan meminimalisir datangnya varises. Yang paling butuh diperhatikan adalah ihwal peredaran darah. Bagaimanapun juga sistem metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik pada saat sirkulasi darah di dalam tubuh tidak terhambat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Langkah Ampuh Mencegah Varises, koran cetak Minggu Pagi hal 4, edisi 27 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 31 Maret 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here