Inilah Tips Sederhana Berhenti Merokok

0
489

Meski peringatan bahaya merokok sudah tercetak jelas pada bungkus rokok, dan  larangan merokok di tempat-tempat umum pun sudah diberlakukan oleh pemerintah, hal ini belum memiliki dampak besar dalam hal mengurangi kebiasaan merokok bagi orang Indonesia.   Alasan sulit berhenti merokok menjadi hal yang umum disampaikan oleh para perokok, baik pria maupun wanita. Merokok yang dianggap bisa memberikan ketenangan dan kenikmatan tersendiri, dianggap sulit digantikan dengan kebiasaan yang lain.

Merokok memang sudah menjadi kebiasaan turun-menurun pada masyarakat Indonesia. Mulai dari rokok kretek –tembakau asli yang dipadukan dengan cengkeh dan bahan lainnya– hingga rokok dalam bentuk yang lebih modern seperti saat ini.

Mengubah kebiasaan tentu bukan menjadi hal yang mustahil dilakukan. Jika Anda perokok dan ingin berhenti merokok, anda bisa memulainya dari diri anda sendiri dengan melakukan tips ini.

[Baca juga: Rokok Elektrik, Berbahayakah?]

Tentukan Niat

Sebagian besar orang yang berhenti merokok adalah karena alasan sakit yang diderita. Hal ini mau tidak mau memaksa orang untuk berhenti merokok. Tapi untuk berhenti merokok, tentu tidak harus menunggu sakit dulu baru memiliki keinginan berhenti.   Bagi Anda yang masih sehat dan ingin berhenti merokok, menentukan niat menjadi hal paling awal yang harus dilakukan. Niat ini harus dilandasi dengan alasan kuat yang bisa memotivasi.

Menentukan niat harus berasal dari kemauan diri sendiri. Jika keinginan berhenti merokok berasal dari anjuran orang lain, hal ini akan membuat hati kurang mantap. Memiliki niat yang kuat dari diri sendiri akan membuat kita selalu mengingatnya, hingga mampu berusaha menghindari kebiasaan merokok.

Beritahukan Niat pada Keluarga dan Teman

Saat sudah memiliki niat untuk berhenti merokok, sampaikan hal ini pada keluarga dan teman-teman yang biasa beraktivitas bersama. Keluarga dan teman yang mengetahui niat ini, akan selalu mengingatkan saat anda mulai merasa putus asa, atau berpikir untuk kembali merokok.

Niat dan usaha yang Anda lakukan akan menjadi lebih termotivasi jika ada dukungan dari keluarga dan teman. Meski tidak semua teman akan mendukung niat Anda berhenti merokok. Dengan memberitahukan niat pada orang lain, anda akan selalu teringat pernah menyampaikan niat yang tidak seharusnya diingkari sendiri.

Melakukan Olahraga secara Rutin

Sebagian besar perokok memiliki kebiasaan buruk tidak pernah berolahraga. Jika anda ingin berhenti merokok, kebiasaan inilah yang harus anda ubah. Mulailah aktivitas berolahraga dari hal yang sederhana, seperti joging atau bersepeda pada pagi hari.

Kebiasaan berolahraga yang anda lakukan secara rutin, akan semakin membuat anda termotivasi untuk melakukan gaya hidup sehat. Anda akan merasakan kondisi tubuh yang berbeda dan memiliki kemampuan fisik yang lebih baik. Hingga niat anda berhenti merokok akan semakin kuat.

[Baca juga: Mengapa Tak Boleh Merokok dalam Ruangan Rumah?]

Konsumsi Buah Sehabis Makan

Merokok sehabis makan dianggap memiliki kenikmatan tersendiri bagi para perokok aktif. Para perokok akan merasa kehilangan sesuatu jika tidak merokok sehabis makan. Meski hal ini bisa dibilang hanya sebuah sugesti, tapi kebiasaan inilah yang membuat perokok sulit untuk berhenti.

Mengganti rokok dengan konsumsi buah sehabis makan menjadi cara yang bisa anda lakukan. Buah akan memberikan rasa segar pada mulut anda dan bisa menggantikan sebatang rokok yang biasa anda hisap sehabis makan. Konsumsi buah secara rutin sehabis makan, sampai anda benar-benar bisa berhenti merokok.

Selain tips di atas, anda juga bisa melakukan hal lain yang bisa mengubah kebiasaan anda merokok. Seperti mengganti kebiasaan minum kopi misalnya, karena minum kopi selalu dianggap harus dinikmati bersama rokok. Anda bisa mengubah kebiasaan minum kopi dengan minum jus buah atau air putih agar lebih sehat.

Sumber gambar ilustrasi: pixabay.com, diakses pada 6 maret 2016

Berbagi dan Diskusi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY