Apa itu Penyakit Kulit Dermatitis?

0
3244
Apa itu Penyakit Kulit Dermatitis?
Apa itu Penyakit Kulit Dermatitis?

GATAL dan muncul bercak kemerah-merahan dengan durasi lama pada bagian kulit tertentu –salah satunya di bagian tangan— baik terkena detergent pada saat mencuci ataupun akibat lain, mungkin pernah menimpa Anda pun orang-orang di sekitar Anda. Tahukah bahwa bisa jadi itulah yang dinamakan dermatis.

Dermatis Bukan Infeksi

Dermatis adalah gangguan di bagian kulit manusia, yaitu berupa peradangan yang bukan diakibatkan oleh infeksi ataupun penyakit ganas lain. Wujud dermatis ini selain gatal kemerah-merahan juga memiliki penampakan pecah-pecah di kulit dan tetap disertai pula dengan rasa gatal.

[Baca juga: Kenapa Kulit Telapak Kaki Mengalami Pecah-Pecah?]

Penyebab Dermatitis

Secara umum, penyebab dermatitis ini bisa dibagi ke dalam dua kategori, yaitu luar dan dalam. Penyebab dari faktor luar biasa pula disebut dengan nama eksogen, sedangkan faktor dari dalam sering dinamakan sebagai faktor endogen.

  • Dermatitis Eksogen

Penyebab dermatitis yang diakibatkan oleh faktor dari luar di antaranya adalah jenis eksim seboroik, sedangkan faktor dari dalam adalah jenis eksim atopik.

Pada kasus dermatitis saboroik, biasanya bagian permukaan kulit menjadi bersiisk dan juga mengeluarkan ketombe, sedangkan dermatitis atopik biasanya diderita oleh bayi, yaitu berujud ruam-ruam merah di bagian kulit yang acap terkena gesekan.

[Baca juga: Kenapa Ketiak sering Terasa Gatal?]

Penanganan dermatitis karena faktor eksogen adalah dengan menjauhi faktir penyebabnya. Di antaranya adalah dengan menghindari zat logam nikel, zat pewangi, kosmetik, detergent, dan juga serangan serangga tomcat.

  • Dermatitis Endogen

Pada dermatitis dengan faktor endogen, faktor genetik menjadi salah satu penentunya. Sebagai contoh adalah jika seseorang mengalami eksim, besar kemungkinan ada anggota keluarga lain yang juga mengalaminya.

[Baca juga: Kenapa Pantat Sering Terasa Gatal?]

Serupa dengan pada dermatitis faktor  eksogen, di kondisi ini hal terbaik guna mencegah adalah dengan menghindari penyebab terjadinya dermatitis.     Selain itu, secara umum, baik dermatitis endogen ataupun dermatitis eksogen, keduanya juga mutsi memerhatikan keberadaan keringat. Karena ia menjadi pemicu rasa gatal dan juga ketusakan kulit itu, apalagi ketika harus tersengat sinar matahari serta bergesekan dengan benda lain, sebagai contoh dengan pakaian yang sedang dikenakan.

Sikap terbaiknya adalah dengan selalu menjaga kebersihan, baik lingkungan ataupun kebersihan pakaian. Dan minimalisir mengenakan pakaian ketat di bagian yang gatal itu.    Dan meskipun dermatitis memang bukan termasuk sakit infeksi, namun apabila saat terkena dermatitis lalu tetap menuruti untuk menggaruknya, maka bukan tidka mungkin infeksi itu akan muncul. Karenanya . Karena apabila garukan tetap dilakukan, maka ada kemungkinan akan dijadikan sarang bakteri yang selanjutnya bisa memunculkan infeksi.  [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Kenali Penyakit Kulit Dermatitis; Koran Cetak Minggu Pagi 27 Maret 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakse pada 2 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here