Inilah Yang Tak Boleh Dilakukan di Bandara

0
1512
Yang Tak Boleh Dilakukan di Bandara

BANDARA adalah juga bagian dari sarana publik yang merupakan tempat berangkat, pulang, ataupun transit-nya seseorang dalam sebuah perjalanan. Namanya juga sara publik, tentu ia serupa dengan sarana publik lainnya, misalnya stasiun kereta api, terminal bus, dan lain-lain, yang tentu saja tak bisa kita melakukan segala sesuatunya sebagaimana di rumah tinggal sendiri.

Ada banyak hal butuh diperhatikan ketika kita sedang berada di sebuah tempat yang itu masuk dalam kategori sarana umum, karena di sana kita tak bisa melakukan semuanya sebebas dan sekehendak hati. Artinya ada aturan dan juga bahkan norma (tak tertulis) yang sudah selayaknya kita terapkan.

[Baca juga: Kenapa Lampu Kabin Pesawat Diredupkan Jelang Terbang pun Mendarat?]

Sikap & Gerak-Gerik

Selain ucapan, sikap dan gerak-gerik adalah hal lain yang juga dijadikan perhatian khususnya bagi mereka yang bertugas menjaga keamanan di bandara.

Mungkin Anda pernah beberapa kali mendengar ada orang ditangkap dan diinterogasi gara-gara omongannya yang ngelantur, semisal ia mengaku membawa bom. Atau orang-orang yang sikapnya mencurigakan, sehingga ketahuan bahwa ia menelan obat-obatan terlarang yang nantinya akan dipasarkan lagi selepas obat2an terlarang itu keluar bersama kotorannya sewaktu buang air besar.

Hal-hal yang DIlarang di Bandara

Mencermati hal-hal di atas, alangkah baiknya apabila kita memahami apa-apa saja yang dilarang di bandara. Di bawah ini adalah di antaranya;

  • Informasi Palsu dan Ngaco

Sebagaimana tersebut di bagian atas tadi, orang-orang yang omongannya tak karuan, mengaku-aku membawa bom dan lain sebagainya, masuk dalam ketentuan larangan di bandara.     Selain itu, memberikan informasi yang tak benar baik secara lisan maupun tertulis –yang berpotensi meresahkan dan membahayakan keselamatan pihak lain– adalah tindakan melawan hukum. Karenanya, dibutuhkan sikap hati-hati dalam penyampaian informasi serta cara membicarakannya.

  • Membawa Benda-benda Terlarang

Yang disebut benda-benda terlarang adalah berbagai macam benda yang itu memiliki risiko membahayakan bagi orang lain. Di antaranya adalah bahan peledak, senjata api, senjata tajam dan ataupun senjata tumpul, serta peralatan yang berbahaya lainnya.

Alat-alat yang bukan senjata pun tak dengan serta-merta aman. Sebagai contoh adalah alat yang mmeiliki kadar gas kimia oksigen, aerosol, cat semprot, dan berbagai jenis alat dengan kandungan berbahan gas sebagai pemicu ledakan.   Senjata tajam ini tak melulu yang biasa digunakan oleh para tentara dan sejenisnya, karena adakalanya benda tajam speerti golok, pisau, pedang, atau bahkan malah cuma gunting kuku pun pinset alis bisa jadi juga tidak diperkenankan untuk dibawa.

[Baca juga: Bandara Kulon Progo: Bandara Pertama Tanpa Menggunakan Dana Pemerintah]

  • Tanpa Izin

Beberapa waktu lalu, di sebuah bandara di Sumatera, sempat kita saksikan satu orang yang masuk kawasan bandara dengan tanpa mellaui perizinan dan malah melompati pagar pembatas. Selanjutnya orang tersebut nekat masuk ke dalam salah satu lubang baling-baling pesawat guna menumpanginya hingga mencapai bandara Jakarta.

Tentu ini adalah hal yang sanga dilarang dan bakal memperoleh hukuman. Mengenai mausk yang tanpa izin saja sudah menyalahi aturan, aplagi dengan cara melompati pagar. Belum lagi kenekatannya itu, bukan saja membahayakan nyawanya sendiri, namun akan bisa mengakibatkan kejadian fatal kepada banyak pihak, terutama yang berada di dalam pesawat itu.

  • Sabotase, Pembajakan, Penyanderaan

TIndakan sabotase, vandalisme, dan brutalisme terhadap fasilitas bandara tentu sangat mengancam keselamatan banyak pihak. Tindakan pembajakan contohnya, adalah sebuah tindakan pemaksaan dalam hal mengambil alih pesawat dengan tujuan memaksakan kehendaknya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Jangan Coba-Coba Melakukan Hal Ini di Bandara; intisari-online.com, diakses pada 3 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 3 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here