Apa Khasiat Buah Pala itu?

0
1782
Apa Khasiat BUah Pala itu?

PALA adalah bagian dari rempah yang menjadi incaran banyak orang, oleh karenanya negeri-negeri barat pada masa lampau juga sampai hati menjajah dan menindas bangsa Indonesia, yang salah satunya juga disebabkan dari kehendak menguasai dan lalu mengeruk pala yang tumbuh dan berkembang di wilayah timur Indonesia; Banda (Maluku), ternate, dan Papua.

Pala yang masuk dalam golongan rempah ini bisa dimanfaatkan ke dalam banyak hal, selain sebagai bumbu masakan, pala juga bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan. Dan ini menjadi andalan karena khasiat dalam penyembuhan dari buah pala ini memang sudah tak diragukan.

Awalnya Hanya Biji

Dahulu, pala hanya dimanfaatkan sebatas bijinya saja. Akan tetapi belakangan ini, kulit-dagingnya pun dimanfaatkan. Sebagai contoh adalah dibuat sebagai manisan layaknya buah carica di Wonosobo, Jawa Tengah.

[Baca juga: Carica: Jenis Pepaya Gunung Yang Langka & Tumbuh di Dataran Tinggi Dieng]

Inovasi ini dilakukan mengingat kandungan nutrisi dalam buah pala ini memiliki khasiat lebih.

Kandungan Nutrisi

Kadar nutrisi dalam buah pala yang sangat bermanfaat itu antara lain adalah protein, lemak, energi, karbohidrat, minyak atsiri, saponin, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin.    Dan jika mencermati kandaungan yang ada di dalamnya itu, tak pelak kita pun tak akan meragukan lagi manfaat buah pala ini bagi tubuh.

Khasiat Buah Pala

Dengan mengonsumsi air rebusa buah pala, kita akan terhindar dan atau terminimalisir dari gangguan pencernaan dan juga derita masuk angin. Selain itu masih dengan meminum air rebusan pala itu kita juga bisa terhindar dari gangguan insomnia.

  • Meredakan Lambung

Untuk khasiat meredakan lambung, silakan ambil 100 mililiter air hangat yang kemudian dibubuhi dengan 1 sendok-teh pala yang dihaluskan, serta ditambah lagi dengan 2 sendok-teh pisang-batu. Minum selagi masih dalam keadaan hangat.

  • Menghilangkan Suara Parau

Silakan mengambil pala, jahe, dan juga cengkeh. Haluskan ketiga bahan tersebut, kemudian tambahkan beberepa tetes minyak kayu putih hingga benar-benar halus seperti pasta.    Ramuan yang telah halus itu, silakan oles pada bagian leher (tenggorokan) selama kurang-lebih 3 jam. Lakukan langkah ini jangan cuma sekali, namun secara berkala dan rutin.

  • Kesehatan Kulit

Untuk merawat kulit agar tak kasar, mudah ditumbuhi bisul dan juga cacar, silakan ambil buah pala yang kemudian dihaluskan, baik diparut ataupun ditumbuk. Setelah itu taruh bahan pala halus itu ke dalam air yang sudah ditambahi madu.
Untuk penggunaannya, silakan balurkan pada bagian kulit yang dikehendaki, utamanya bagian kulit yang (pernah) terluka. Diamnkan selama kurang-lebih 30 menit, kemudian silakan bersihkan dan bilas menggunakan air hangat.

[Baca juga: Bukan Cuma Kulit, Rambut juga Perlu Tabir Surya]

Demikian beberapa hal yang bisa diambil manfaat dari buah pala yang sejatinya masih ada banyak kegunaannya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Aneka Khasiat Pala; Koran Cetak Minggu Pagi hal. 9, Minggu 1 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 4 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here