Inilah Cara Meminimalisir Alergi Debu

0
1098
Cara Meminimalisir Alergi Debu

ALERGI adalah hal yang tak dikehendaki karena menjadid penghambat dalam segala aktivitas kita. Selain itu, kenikmatan pun tak akan bisa diperoleh ketika kita mengalami alergi pada banyak hal. Ambil saja contohnya jika alergi terhadap debu, maka kita akan sangat tidak suka berada di area yang sedikit berdebu saja. Atau bahkan kita juga tak menyukai musim kemarau sebagai sebuah masa debu-debu bebas bermunculan. Bersin dan sesak napas adalah gejala awal yang bisa diketahui apabila kita mengalami alergi terhadap debu.

Tungau Rentan Alergi

Mengenai debu, sejatinya bukan saja yang sedang berkeliaran terbawa angin, karena tak jarang debu yang telah menempel di area rumah kita, baik itu di tembok, di perabotan, di tempat tidur, di sofa, dan di tempat-tempat lain, semuanya menjadi sebab dari datangnya alergi. Apalagi ketika telah ada banyak tungau yang bersarang di dalamnya.

[Baca juga: Tahukah Anda, Konsumsi Telur Juga Bisa Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?]

Selain pada kasur, karpet, ataupun sofa, tungau biasanya juga akan merasa nyaman tinggal di dalam buku-buku, meskipun ia telah tertata rapi di raknya.

Langkah Meminimalisir Debu

Menyikapi hal di atas, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan demi meminimalisir diserangnya alergi pada tubuh kita.

  • Jaga Kebersihan dan Tata Rapi

Kebersihan menjadi kunci utama dalam menangkal terjadinya alergi akibat debu. Selain itu kerapihan adalah juga hal lain yang bisa dilakukan. Jika kita mengetahui bahwa buku-buku dalam rak adalah tempat bersarangnya debu, maka alangkah lebih baik jika secara berkala kita membersihkannya, minimal dengan mengelapnya dengan kemoceng ataupun kain yang dibasahi sedikit.

Atau kalau memang rak buku itu berada di dalam kamar, silakan pindahkan dan ambil bagian kamar tertentu untuk menempatkannya secara khusus layaknya ruang perpustakaan. Di tata secara rapih di sana, kemudian juga dibersihkan secara rutin dan berkala.

  • Jaga Hewan Piaraan

Menjaga hewan piaraan sudah sangat disarankan demi mendapatkan kesehatan tubuh. Ambil saja contohnya hewan anjing ataupun kucing. Akan ada debu pula yang bisa menempel di bulu-bulu binatang itu, sehingga jika tak kita hiraukan bukan tidak mungkin akan menjadi penyebab terjadinya alergi.

Pada kondisi binatang tak dibersihkan pun dimandikan, bukan saja tungau yang akan bersarang di sana, namun juga akan ada kutu yang menempel. Karena itu, meskipun kadang telah rutin dibersihkan, namun usahakan untuk meminimalisirnya naik di tempat tidur kita.

  • Rambut Tetap Kering

Menyikapi adanya debu, usahakan untuk menjaga kondisi rambut tetap kering, apalagi pada saat tidur. Ini dilakukan karena rambut yang tak kering atau bahkan basah, akan memungkinkan adanya jamur dan munculnya tungau debu di permukaan bantal.

[Baca juga: Faktor Penting Dalam Perawatan Rambut Halus – Waxing]

Demikian beberapa hal yang musti diperhatikan dalam mengatasi terserangnya alergi debu. Kunci utamanya adalah kebersihan. Baik karpet, kasur, sofa, ataupun perabotan lain, seyogyanya secara rutin dibersihkan dan atau dijemur demi meminimalisir adanya debu yang menempel dan juga jamur yang bertumbuh. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Langkah Sederhana Mencegah Alergi; Koran Cetak Minggu Pagi hal. 4, Minggu I April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 5 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here