Konsumsi Kopi dan Gorengan Secara Bersamaan itu Tak Baik

0
2235
Konsumsi Kopi dan Gorengan Secara Bersamaan itu Tak Baik

KOPI paling enak mungkin adalah kopi yang dinikmati sambil duduk santai di sebuah tempat dan bercengkrama dengan sahabat atauoun keluarga tercinta. Di samping kopi tentu ada kudapan lain berujud makanan kecil. Gorengan misalnya.

Namun tahukah Anda, jika menikmati kopi yang disajikan bersamaan dengan gorengan itu jutru merpakan hal yang tak disarankan dan bahkan cenderung dilarang oleh dokter dan ahli medis?

[Baca juga: Efek Baik dan Buruk Konsumi Kopi bagi Kesehatan]

Lonjakan Gula Darah

Salah satu alasan adanya larangan konsumi kopi bersamaan dengan gorengan karena hal itu bisa mengakibatkan lonjakan tinggi pada gula darah. Risiko ini akan lebih cepat terjadi utamanya bagi mereka yang mengonsumsi dua unsur tadi pada waktu pagi hari.

Hal lain yang musti diketahui adalah, bahwa terjadinya lonjakan gula darah bukan saja dimiliki oleh mereka yang sudah nyata-nyata mengidap, namun kenyataannya juga  berlakubagi orang yang dinyatakan sehat dan tak memiliki risiko diabetes.

Gula Darah Tak Bersih

Makanan yang mengandung minyak, salah satunya adalah gorengan, memiliki kadar  lemak jenuh berlebih, padahal lemak jenuh itulah hal yang membuat tubuh kita mengalami kesulitan dalam membersihkan gula dari darah.     Sedangkan kopijustru memiliki kecenderungan menggandakan lemak jenuh tadi. Artinya, minum kopi mampu meningkatkan kesulitan tubuh dalam membersihkan gula.

Penyebab Gula Darah Tinggi

Ada banyak yang menjadi sebab dari tingginya gula darah dalam tubuh kita, salah satunya adalah akibat dari konsumsi kopi plus gorengan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya;

  • Produksi Insulin Terganggu

6 jam pasca mengonsumi makanan dan atau minuman berkadar lemak, maka biasanya tubuh kita akan langsung memproduksi insulin yang berfungsi guna menghilangkan gula dari darah. Dalam kondisi normal, hal itu akan terasa meskipun pasca 6 jam itu kita juga mengonsumsi gula.

Akan tetapi dalam satu penelitian ditunjukkan bahwa ketika kita mengonsumsi makanan yang berlemak, kondisi tubuh justru juga menjadi kurang dapat memproduksi insulin.

[Baca juga: Menjaga Kadar Gula Darah Agar Stabil]

  • Kopi + Gorengan

Jika di atas adalah menikmati makanan berlemak dan 6 setelahnya juga konsumsi  gula, maka ada pula sebuah riset yang melakukan penelitian berdasar konsumsi gula plus gorengan setlah 5 jam sebelumnya juga mengonsumsi makanan berlemak. Apa yang terjadi?

Hal mencengangkan adalah pada saat 5 jam pasca menikmati makanan lemak, kemudian disambung konsumsi 2 cangkir kopi. Maka hasil yang diperoleh adalah; kadar gula dalam darah mengalami peningkatan sampai dengan 65% dibanding kelompok lain yang bisa mengontrol pola makan dan pola minum tersebut.

Risiko Gula Dara Berlebih

Darah yang dialiri gula denngan durasi lama bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan kita, contohnya adalah meningkatkan risiko diabetes, menimbulkan kerusakan arteri, dan juga mengakibatkan terjadinya penyakit jantung.

Dengan alasan dampak negatif itu, sudah selayaknya kita bisa menjaga pola makan dan minum, termasuk di dalamnya adalah konsumsi camilan gorengan bersamaan dengan waktu minum kopi pagi hari. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengapa Dokter Melarang Kita Makan Gorengan Diiringi Minum Kopi?; liputan6.com, diakses pada 8 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 8 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here