Kenapa Handuk Harus Tetap Bersih dan Kering?

0
1620
Handuk Harus Tetap Bersih dan Kering

HANDUK merupakan alat yang bisa dibilang penting bukan saja dalam hal kesehatan, namun juga dalam hal penampilan. Karena apa jadinya jika setelah mandi kita tak handukan lalu tiba-tiba menyisir rambut dan juga melakukan make up? Tentu ini bukanlah hal yang nyaman untuk dipandang, apalagi untuk dilakukan.

Ihwal kesehatan, tentu banyak dari kita telah mahfum mengenai fungsi keberadaan handuk ini. Selain bisa mengatasi badan yang basah kuyup usai mandi, menggunakan handuk kenyataannya juga bisa menjaga kita agar terhindar dari serangan penyakit yang diawali dari bakteri. Catatannya, tentu menggunakan handuk yang layak, bersih dan juga kering.

Kriteria Handuk Layak Pakai

Serupa dengan baju yang kita kenakan, handuk juga dipakai saban harinya. Oleh karenanya, kebersihan menjadi faktor utama yang tak bisa diabaikan.

  • Selalu Kering

Beberapa ahli kesehatan memaparkan bahwa yang paling ideal dalam mengganti handuk adalah empat kali pemakaian. Selain itu, jangan biarkan handuk dalam keadaan lembab. Artinya ia musti dikeringkan agar terhindar dari berkembangbiaknya bakteri dan kuman.

  • Hindari Bakteri

Jika kita jarang mencuci dan mengganti handuk, kuman dan bakteri akan memiliki kecenderungan untuk bersarang di sana. Lebih dari itu, penggunaan handuk kotor berakibat pula memunculkan infeksi kulit dan bertumbuhnya jamur pada organ intim kita.

Bakteri ini awalnya bisa berasal dari tubuh kita, kemudian menempel pada handuk pada saat kita pakai. Nah, pada kondisi ini apabila handuk dibiarkan tetap basah, maka bukan tidak mungkin ia akan berkembang biak secara leluasa.

[Baca juga: Inilah Beberapa Bagian Rumah Yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri]

Bakteri Patogen MRSA

Handuk yang tak dicuci setelah pemakaian empat kali memang biasanya masih aman-aman saja buat tubuh. Akan tetapi jika ini dibiarkan berlarut, dan kemudian kita sedang terluka, bukan tidak mungkin akan sangat membahayakan jiwa. Yaitu pada saat dalam handuk terdapat bakteri patogen, sebagai contoh MRSA.

MRSA adalah Methicillin-resistant Staphylococcus aureus, yaitu infeksi kulit yang mampu menyebar ke organ tubuh lain seperti paru dan jantung.

Cuci Sebelum Beraroma Tak Sedap

Tidak mencuci Handuk setelah empat kali pemakaian juga memang tak terlihat kejanggalan. Namun jika kebiasaan ini tetap dilanjutkan hingga handuk mengeluarkan aroma tak sedap, itu artinya ada jutaan bakteri yang bersarang di sana.

Ketika handuk beraroma tak sedap dna disinyalir sebagai tempat bersarangnya berbagai macam bakteri, apakah Anda akan tega menggunakannya? Tentu tidak bukan? Karena jika harus digunakan, sama artinya dengan menyebarluaskan bakteri dari handuk ke permukaan kulit kita. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ini Dampaknya Jika Malas Mencuci Handuk; nationalgeographic.co.id, diakses pada 9 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 9 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here