Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer

0
1597
Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer

MATA adalah bagian dari panca indera yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu kesehatan mata juga tak bisa diabaikan begitu saja. Mata akan terasa sering capek jika kita menggunakannya untuk bekerja yang super serius ataupun kerja di luarwaktu yang sudah ditentukan. Kerja lembur misalnya.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan mata lelah, bahkan sakit adalah terlalu lama melek dan sering menatap layar komputer akibat kerjaan kita yang menumpuk. Hal itu bisa mengakibatkan mata kita tegang, muncul sakit, pedas, berair, dan adakalanya juga malah kering.   Menyikapi hal tersebut, di bawah ini terdapat lima tips agar mata terhindar dari kelelahan akibat layar komputer;

[Baca juga: Mengintip Bukan Penyebab Mata Bintitan dan Belekan]

Tutup Mata Beberapa Saat

Guna mengatasi mata lelah, langkah mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menutup mata selama beberapa detik pada interval waktu tertentu. Sebagai contoh adalah ketika kita sedang berpikir memecahkan sebuat masalah, silakan hindari mata menatap layar komputer dengan cara memejamkan mata atu bahkan juga menutupnya dengan kedua telapak tangan.

Istirahat Berkala

Adakalanya pekerjaan mewajibkan kita untuk menyelesaikannya dengan deadline yang sangat cepat. Sehingga kita pun harus berada di depan layar komputer dalam waktu yang tak sebentar. Guna menyiasati hal tersebut agar kondisi mata kita tetap prima, maka kita bisa meluangkan waktu istirahat secara berkala, misalnya setiap satu jam sekali.

Artinya, secara berkala pula kita musti mengistirahatkan mata dan tidak lagi menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa dengan sambil jalan-jalan, menyeduh dan menikmati minuman, atau sekadar ngobrol dengan teman kerja. Namun dalam menghindari layar komputer itu, hendaknya jangan malah mendekati warna-warna terang ataupun yang cerah. Karena tujuan istirahat sejenak secara berkala itu tak lain adalah demi memberikan waktu istirahat pada mata agar lebih rileks.

Berpaling dari Monitor

Tips ketiga ini sejatinya serupa dengan dua tips di atas, yaitu memalingkan mata dari tatapan ke ayar monitor secara berkala. Ini tetap harus dilakukan, karena meskipun kita telah menggunakan kacamata anti silau, atau di layar monitor telah dipasang layar penyejuk cahay, tetap saja mata tetap akan merasakan ketegangan.

[Baca juga: Epikondilitis dan Carpal Tunnel Syndrome: Rasa Nyeri dan Sakit pada Tangan akibat Aktivitas di Depan Komputer]

Jadi, berpaling dari layar monitor merupakan cara tepat agar mata bisa lebih santai dan segar kembali. Sedangkan ketika berpaling dari monitor itu, tetap hindari pula mata dari kilatan cahaya karena hal itupun akan menyakitkan mata juga.

Mencuci Muka

Mencuci muka bisa saja merupakan kebiasaan yang sering dilakukan Bapak/Ibu guru kita sewaktu sekolah dulu, akibat kita mengantuk dan tak mendengarkan pelajaran. Namun sejatinya itu juga bisa dilakukan ketika mata kita kelelahan akibat sering menatap layar komputer pada saat bekerja.

Selain mencuci muka akibat kelelahan karena terlalu banyak menatap layar komputer., kita pun bisa membersihkan mata dengan air guna menghilangkan kotoran yang ada pada mata.

Gunakan Lotion Mata

Jika waktu yang kita miliki kita habiskan di depan layar komputer, tak pelak masalah serius akan timbul pada mata kita, misalnya mata terasa gatal, kering, dan lain sebagainya. Demi mengatasi hal tersebut, ada baiknya kita mengonsultasikan kepada ahli medis ataupun meminta bantuan dokter sehingga bisa sesegera mungkin mendapatkan pertolongan. Minimal memperoleh resep obat tetes mata. [uth]

Sumber Rujukan:
[1]  5 Tips Untuk Mengatasi Mata Tegang Akibat Layar Komputer, intisari-online.com, diakses pada 10 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 10 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here