Mengobati Cacar Air dengan Daun Cangkring

1
20550
Manfaat-dan-Khasiat-Daun-Cangkring-bagi-Kesehatan

CACAR AIR merupakan sebuah penyakit yang dahulu biasa diderita baik oleh orang tua ataupun anak-anak kecil. Dewasa ini penyakit tersebut memang sudah semakin jarang ditemukan seiring dijumpainya perkembangan ilmu imunisasi. Namun bukan berarti penyakit cacar air lantas sudah tidak ada sama sekali, karena toh kenyataannya masih ada saja sebagian orang yang terserang penyakit tersebut.

Cacar air dahulu juga dipercaya bakal menyerang setiap orang, minimal satu kali selama hidupnya, sehingga bagi yang belum terkena penyakit ini, harus bersiap-siap menerima apabila memang sudah menjadi “semacam” bagiannya.

Daun Cangkring

Selain dengan pertolongan ahli medis, cacar air sejatinya juga sudah bisa ditangkal oleh orang-orang dahulu, yaitu dengan menggunakan sebuah daun dengan nama daun cangkring. Daun yang memiliki nama latin erythrina variegata.

Daun cangkring memiliki ciri-ciri berwarna hijau, sedang bagian kulit batang biasa berduri dengan warna hitam yang menempel tiap titik duri itu dengan jarak sekitar 1 hingga 2 milimeter. Pada musim kemarau, daun cangkring akan mengering dan berguguran.

Ramuan Obat

Guna mengobati cacar air, silakan ambil sebanyak dua lembar daun cangkring, kemudian bersihkan, dan lalu rebus menggunakan air sebanyak 3 liter yang ditambahi dengan garam dapur sebanyak 3 sendok makan.

  • Orang Dewasa

Setelah mendidih, silakan air rebusan tersebut dicampur dengan air dingin secukupnya, sehingga pas digunakan  sebagai air mandi.   Lakukan jangan cuma sekali, melainkan berulangkali, yaitu setiap harinya dua kali, pagi dan sore, hingga cacar air benar-benar mulai mengering dan menghilang.

  • Anak-anak

Untuk anak-anak, gunakan air ramuan tersebut untuk berendam si kecil, dengan volume sama dan juga jangan cuma sekali melakukannya.

Demikian mengenai penyembuhan cacar air dengan cara herbal. Hal yang mungkin bisa dijadikan tambahan pengetahuan, daun cangkring yang masih muda juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Ini memberikan manfaat bagus khususnya bagi kaum wanita. Memperbanyak ASI, melancarkan haid, dan membuat tidur nyenyak. [uth]

Gambar Ilustrasi; tanamanobat.net, diakses pada 11 April 2016

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. You should admit that 1 or 1.5 additional inches in length is a decent and tangible increase in girth will be difficult not to notice! If a man is satisfied with the achieved result, he can interrupt the course of gel application. Higit pang mga detalye dito Dinaragdagan nito ang daloy ng dugo upang maging mas masarap ang iyong pakiramdam. Makaaktulong ito sa pagpapalaki at makapasasaya sayo sa loob ng kuwarto. Wala masyadong tagubilin sa loob ng opisyal na websayt ngunit inirerekomenda ito ng mga actor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here