Inilah Bagian yang Rentan Terserang Penyakit Kanker

0
1284

KANKER menjadi satu jenis penyakit yang sangat ditakuti banyak orang karena keganasannya yang mampu membuat manusia sampai tutup usia. Ini sangat ironis karena toh sejatinya setiap manusia sendiri justru mempunyai sel-sel kanker, di mana sel-sel kanker itulah yang memiliki potensi sebagai awal diserangnya penyakit kanker. Tak lain karena dipicu pola hidup yang tak sehat.

Ada banyak macam dan jenis kanker. Dari yang nampak mata seperti kanker kulit hingga yang tak kasat mata seperti kanker tulang. Kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker mata, dan masih banyak lagi.   Namun di antara yang banyak itu, hal yang perlu dipahami adalah bahwa kanker juga bisa berkembang pada bagian tubuh yang tak biasanya, sebagai contoh adalah di lipatan jari kaki.

Pengaruh Daya Tahan Tubuh akibat Pola Hidup

Berbicara mengenai sel kanker, sejatinya sel-sel kanker pada manusia ini sangat dipengaruhi oleh pola dan gaya hidup. Jika manusia ini dalam keadaan sehat dengan pola dan gaya hidup bagus, yang artinya memiliki daya tahan tubuh kuat, maka sel-sel kanker akan menjadi kalah dan rusak. Berlaku sebaliknya, apabila tubuh tak sehat baik akibat sakit-sakitan ataupun pola dan gaya hidup yang salah, maka sel-sel kanker yang bersemayam dalam tubuh besar kemungkinan akan bertumbuh subur dan menguat. Tak lain karena daya tahan tubuh juga tak bagus.

[Baca juga: Buah Ranti atau Leunca Bisa Mengobati Kanker Serviks]

Selain itu, ada pula faktor-faktor lain yang juga mampu menguatkan sel kanker, antara lain adalah asupan makanan, genetik, kondisi lingkungan, bisa pula karena sering terkena paparan matahari secara langsung sehingga memicu mutasi DNA sel yang pada akhirnya bisa membentuk sel kanker.

Bagian Tubuh yang Bisa Terserang Penyakit Kanker?

Karena pengaruh sel kanker yang tak mengenal jenis dan bagian tubuh, maka di bawah ini kami berikan beberapa contoh bagian tubuh yang rawan terserang penyakit kanker.

  • Bagian Mulut

Mulut adalah juga bagian yang rawan karena mudah terjangkiti kanker. Sebagai pemicu juga sagat beragam, bisa karena makanan, bis apula karena pola hidup kurang bersih. Atau hubungan seks yang tidak sehat. Yang pasti butuh diperhatikan adalah jangan meremehkan pada sariawan, apalagi sariawan itu susah sembuhnya. Pasalnya bukan tidak mungkin hal itu adalah awal dari munculnya penyakit kanker.

  • Bagian Bibir

Masih di area mulut, penyakit kanker juga menyerang tetangganya, yaitu pada bagian  bibir. Sebagai pemicu awal ada berbagai macam, sebagai contoh karena terkena pancaran sinar matahari, pengaruh penggunaan kosmetik, dan berbagai pola hidup tak sehat lainnya.

  • Bagian Kelopak Mata

Sel kanker bisa bertumbuh subur di bagian kelopak mata kita. Demi mencegah sedari awal, apabila terdapat benjolan atau bintil di bagian kelopak mata, apalagi disertai rasa gatal dan panas, maka usahakan untuk secepat mungkin mengonsultasikannya kepada dokter pun ahli medis terdekat.

  • Bagian Belakang Telinga

Area seputar belakang telinga bisa saja terserang penyakit kanker. Ini mungkin tak banyak yang tahu. Demi mengatasi hal tersebut, jika muncul benjolan aneh di seputar area belakang telinga, silakan segera memeriksakannya kepada dokter.

  • Bagian Kelamin

Sebagaimana pada bagian mulut dan bibir, kulit kelamin juga menjadi salah satu bagian yang sensitif dan rentan terserang penyakiti kanker. Oleh karenanya terapkan seks yang sehat dan aman demi menghindarinya.

  • Bagian Pantat

Bokong ataupun pantat menjadi bagian tubuh yang juga rawan terserang penyakit kanker. Karenanya selalu jaga kondisinya, baik kebersihan ataupun kesehatannya. Silakan sesegera mungkin mengonsultasikan ke dokter apabila ada kelainan, pasalnya bukan tidak mungkin ada gejala kanker yang bakal berkembang di bagian pantat itu. Ini berlaku bagi semua orang, apalagi bagi mereka yang gemar melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari di tempat-tempat umum dan dalam kondisi terbuka.

[Baca juga: Kenapa Pantat Sering Terasa Gatal?]

  • Telapak Kaki

Bagian telapak kaki masuk dalam area yang butuh diwaspadai dari serangan ditumbuhi kanker. Karenanya, tiada salah selalu melindungi kaki dari paparan sinar matahari  demi memperkecil risiko kanker.

  • Lipatan Jari Kaki

Selain adanya jamur kaki dan masalah kulit pecah-pecah, area lipatan jari kaki juga merupakan bagian yang rawan terhadap berkembangbiaknya sel-sel kanker. Menyadari hal itu, sudah selayaknya kita menjaga kondisi kebersihan dan kesehatannya.

[Baca juga: Kenapa Kulit Telapak Kaki Mengalami Pecah-Pecah?]

  • Bagian Lipatan Kuku

Tempat yang rentan ditumbuhi kanker salah satunya adalah dibagian lipatan kuku, baik di wilayah kuku jari kaki ataupun kuku pada jari tangan. Jadi, perhatikan pula kondisi lipatan kuku ini.

  • Telapak Tangan

Sebagaimana pada telapak kaki, bagian telapak tangan juga merupakan bagian tubuh yang rawan terhadap kuman. Karenanya pertumbuhan melanoma sebagai pemicu diserangnya sakit kanker harus diwaspadai. Selalu lakukan pola hidup bersih dan rajin, sehingga dalam hal sering mencuci tangan juga tidak sampai ketinggalan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Waspadai, Ini 10 Lipatan Tubuh yang Sering Ditumbuhi Kanker; log.viva.co.id, diakses pada 19 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 19 April 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here