Dimana Saja Bisa Mendapatkan Vitamin C itu?

0
1106
Dimana Saja Mendapatkan Vitamin C?

VITAMIN C merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak dibutuhkan tubuh, karenanya banyak orang yang mengupayakannya agar bisa dikonsumsi oleh tubuh sehingga mendapatkan kesehatan yang ideal dan sesuai harapan. Bahkan dengan vitamin C, orang juga rela selalu mengusahakannya bukan saja karena kesehatan dan kebugaran, akan tetapi juga karena alasan penampilan. Sebut saja kesehatan kulit yang menjadi bagian utama dalam penampilan wanita, kecantikan. Para perempuan akan dengan tak segan mengupayakannnya dengan segala cara.

Menyimak tentang keberadaan vitamin C ini, tak sedikit yang mengusahakan vitamin C adalah dari beberapa jenis buah. Jeruk salah satunya. Padahal kalau kita mau menggali lebih dalam, masih banyak bahan-bahan lain berkandungan vitamin C yang tak kalah hebatnya.  Dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Buah Nanas

Selain berkadar vitamin c sebanyak 78,9 mg, nanas juga merupakan buah yang mempunyai kandungan bromelain, yaitu satu enzim pencernaan yang membantu makanan.  Sehingga apabila mengonsumsi nanas, kita juga terbantu dalam hal pencegahan ataupun pengurangan kembung pada perut.

[Baca juga: Bekamine 10: Multivitamin Indonesia yang Telah Diproduksi Sejak Masa Kemerdekaan]

Kadar bromelain pada nanas ini juga memiliki peran sebagai antiinflamasi alami sebagai pembantu kita agar cepat pulih pasca melakukan kegiatan pun latihan berat.

  • Buah Pepaya

Tak kalah dengan buah jeruk, satu buah pepaya memiliki kadar vitamin C sejumlah 88,3 miligram. Selain itu, buah pepaya juga mampu membersihkan usus kita. Dan karena vitamin C itu pula, ia bisa mencerahkan kulit, bahkan juga mampu memperkuat tulang kita.

[Baca juga: Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan]

  • Buah Kiwi

Pada dua buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sebanyak 137,2 mg. Selain itu, buah kiiw juga memiliki kadar kalium yang banyak sehingga mampu dimanfaatkan sebagai pembentuk sel-sel pada tubuh.

  • Buah Stroberi

Dalam satu cangkir stoberi cair yang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 84,7 mg, tersedia folat dan senyawa lain dengan manfaat pada kesehatan jantung. Selain itu, stoberi juga bisa membantu kita dalam hal memutihkan gigi secara alami.

  • Buah Mangga

Vitamin C pada buah mangga adalah sebesar 122,3 miligram. Selain vitamin C, buah mangga ini juga menjadi pilihan pada saat kita hendak mencari makanan yang kaya akan vitamin A.

  • Paprika Merah

Pada satu cangkir paprika merah ada tiga kali lipat kadar vitam C-nya satu jeruk ukuran 90 mg.  Di samping itu, pada paprika merah ini juga terdapat sumber vitamin A yang mampu meningkatkan kesehatan mata.

  • Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki kadar vitamin C sejumlah 127,7 mg, ditambah lagi sebanyak 5 gram serat dan protein.

  • Cabai

Banyak yang menengara bahwa cabai hanya memiliki nuansa membikin nikmat masakan, misalnya dijadikan sebagai bumbu ataupun dibikin sambel. Namun tahukah Anda, bahwa dalam setengah cangkir cabai ternyata memiliki kandungan vitamin C sebanyak 107,8 miligram.

Di samping itu, cabai juga dipercaya memiliki fungsi dan kegunaan yang beragam. Sebagai contoh adalah kandungan senyawa capsaicin di dalam cabe dipercaya mampu meringankan rasa nyeri pada sendi dan otot.

  • Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang menyediakan vitamin C sejumlah 132 mg. Dan di dalam sayuran brokoli ini juga masih terdapat serat sebanyak 30 kalori per porsi.    Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kadar dalam sayuran brokoli juga memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai pencegah kanker pada tubuh. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ini Dia, 9 Makanan yang Kaya Akan Vitamin C; intisari-online.com ,diakses pada 13 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 13 April 2016

 

Berbagi dan Diskusi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY