Kiat Berkebun Dalam Ruangan (Indoor)

0
1650
Kiat Berkebun Dalam Ruangan (Indoor)

BERKEBUN selain merupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan bagi sebagian orang, juga menjadi kegiatan yang memberikan banyak hasil bagi sebagian lainnya. Karena selain bisa terhibur, ada harapan dari kegiatan berkebun itu. Jika menanam cabe tentu ada harapan bakal memetik cabe, menanam kacang tentu memiliki harapan akan memetik kacang, dan lain sebagainya.

Dewasa ini cara berkebun juga sudah ada banyak macamnya, tak lagi hanya sebatas pada media lahan perkebunan yang dimiliki yang artinya itu hanya bisa dilakukan oleh mereka dengan kepemilikan lahan. Akan tetapi bisa dengan cara menggunakan media tanam lain, ada hidroponik yang memanfaatkan air dan media pralon/pipa, ada aquaponik yaitu dengan menggunakan botol-botol bekas aqua, tak sedikit yanng menggunakan polibag ataupun pot, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Area Indoor

Meski media tanam mudah didapatkan, adakalanya kita juga berpikir tentang kendala tempat, karena lagi-lagi tak memiliki lahan. Nah, solusi terkini yang bisa dilakukan sebenarnya bisa pula menggunakan area di seputar dalam rumah atau dikenal pula dengan sebutan indoor.

Memang kebanyakan tanaman akan lebih baik apabila mendapatkan pancaran sinar matahari secara  langsung. Namun bukan berarti semua tanaman lantas tak akan hidup tatkala tak harus terpancar sinar, karena toh ada pula beberapa jenis tanaman sayur-mayur dan buah-buahan yang bisa dibudidayakan.

Tanaman Indoor untuk Buah-Buahan

Di bawah ini adalah beberapa contoh jenis tanaman yang bisa dibudidayakan di area dalam rumah menggunakan media yang dimiliki;

  • Stroberi

Stroberi biasanya akan bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus di area yang udaranya sangat dingin. Oleh karenanya, jenis tanaman ini bisa dibudidayakan di lahan dengan area dalam rumah. Ruangannya pun tak butuh yang luas, hanya tinggal cara perawatannya yang musti dipelajari.

  • Nanas

Mungkin terasa janggal jika nanas yang merupakan jenis tanaman berduri pada daunnya ini lantas dibudidayakan di dalam rumah. Namun semua tak ada yang mustahil jika kita bisa menggunakan akal demi mendapatkan manfaat.

Tanaman nanas bisa dibudidayakan di dalam rumah karena ia merupakan tanaman tropis. Salah satunya adalah dengan meletakkan bibit nanas itu di dalam pot kemudian lakukan perawatan.

  • Anggur

Anggur merupakan buah yang bisa dibilang istimewa, oleh karenanya ia memiliki harga yang cukup tinggi. Pembudidayaan tanaman anggur sejatinya juga bisa dilakukan di dalam ruangan seputar rumah kita, dengan catatan tempatnya musti teduh.

Demi mendapatkan ruangan cocok buat tanaman anggur itu, maka ventilasi rumah adalah hal yang sangat butuh diperhatikan, karena akan ada pula pengganggu misalnya berujud jamur perusak buah.

Tanaman Indoor untuk Sayur -mayur

Untuk ayur-mayur, ada banyak jenis tanaman yang bisa kita kembang-biakkan. Misalnya kangkung, kacang panjang, seledri, wortel, tomat, terung, cabai, sawi, dan masih banyak lagi.  Kuncinya adalah satu; perawatan yang intensif.

[Baca juga: Inilah Tiga Jenis Sayur yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen]

Jaga Kesuburan Media Tanam

Keasyikan dalam berkebun bisa diperoleh bukan saja pada saat beraktivitas menanam, menyiram pun memberikan pupuk padanya, akan tetapi juga bisa lebih asyik apabila yang ditanam itu memberikan hasil seperti harapan. Berbuah dengan sempurna, atau jika sayuran menumbuhkan daun yang cukup ranum dan mengundang selera. Baik selera memasak-memakannya, ataupun sekadar selera melihatnya.

  • Manfaatkan Barang Dapur

Dalam hal perawatan media tanam, misalnya tanah, kita bisa memanfaatkan barang yang telah menjadi sampah dari dapur. Contohnya kulit telur, daun pembungkus tempe, dan lain sebagainya.    Karena itu, barang-barang yang telah diletakkan pada tempat sampah itu jangan lantas dibuang. Namun seyogyanya digunakan saja untuk mempersubur media tanam di kebun portable kita. Kulit telur sangat memberi manfaat karena ada banyak kalsium yang terkandung di dalamnya.

Kesemuanya itu tentu masih memerlukan cara dan proses, tidak langsung kulit telur ditaruh begitu saja bersanding tanaman. Karena jika itu dilakukan, salah-salah malah mengundang serangga dan tak pelak serangga itu mengganggu pertumbuhan tanaman kita. Silakan giling ataupun hancurkan kulit telur itu seolah menjadi bubuk-tepung, kemudian taburkan. Begitu pula dengan barang sampah lainnya, perlakukan sama.

  • Garam Inggris

Garam inggris atau disbeut pula garam epsom, memiliki kandungan magnesium dan sulfur yang bisa menyerap cepat di dalam tanah sehingga cukup menyuburkan tanaman. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama silakan larutkan garam inggris itu menggunakan air kemudian siramkan pada tanah, atau yang kedua, yaitu dengan langsung menaburkannya di media tanam.

[Baca juga: Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair dari Urine Sapi]

Ampas kopi, potong-potongan sayuran, ampas teh, dan barang-barang semacamnya juga bisa dimanfaatkan demi mendapatkan tanah yang subur sebagai bagian dari perawatan media tanam. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Berkebun di Dalam Rumah, Koran Cetak Minggu Pagi edisi 3 April 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 6 April 2016

Berbagi dan Diskusi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY