Tahukah Kamu, Kolesterol bisa Diturunkan dengan Konsumsi Buah Apel lho

0
1008
Kolesterol Diturunkan dengan Buah Apel

APABILA ditanya hubungan antara kolesterol dengan buah apel mungkin tak akan banyak orang yang mengetahui, karena dua hal itu memang merupakan hal yang jauh, seolah langit dan bumi. Kolesterol adalah jenis satu masalah yang mengganggu kesehatan tubuh, sedangkan apel adalah buah yang memiliki banyak kenikmatan ketika langsung dikonsumsi ataupun diolah ke dalam berbagai macam kuliner.

Namun tahukah Anda, ternyata kolesterol yang merupakan masalah cukup mengganggu kehidupan kita ini bisa diatasi dengan konsumsi buah apel lho…?

[Baca juga: Daun Katuk Bisa Menekan Kadar Lemak dan Kolesterol pada Unggas Petelur & Pedaging]

Kolesterol Penyebab Menyempitnya Pembuluh Darah

Bermasalah dengan kadar kolesterol pada tubuh kita merupakan hal yang membuat tak nyaman. Pasalnya ketika kita menyadari, maka aktivitas makan juga harus hati-hati. Masakan bersantan dan jenis daging-dagingan sudah seharusnya dihindari. Jika hal ini tak diidahkan, maka ketika kandungan kolesterol dalam tubuh meninggi, bukan tidka mungkin menjadi penyebab penyempitan pada pembuluh darah kita, yang selanjutnya akan memacu munculnya penyakit jantung.

Konsumsi Buah Apel

Mengatasi kadar kolesterol dalam tubuh kita bisa dengan cara-cara sederhana dan tak harus mahal. Salah satunya adalah sebagaimana disebutkan di bagian atas tadi, yaitu dengan mengonsumsi buah apel. Ialah buah yang tak terlalu sulit diperoleh di seputar kita, dengan rasa asam-manis dan berbentuk bulat serta berkulit halus.

  • Dua Buah Setiap Hari

Menurunkan kadar kolesterol yang pasti caranya adalah juga harus mengurangi dan menghindari faktor-faktor lain sebagai penyebab munculnya kolesterol. Setelah itu, silakan konsumsi buah apel minimal dua buah setiap harinya. Dengan konsumsi buah apel ini, diyakini kolesterol jahat bisa diturunkan hingga mencapai 6 persen.

  • Berbagai Cara Saji

Bagi Anda yang tak butuh macam-macam, setelah dibersihkan, buah apel sejatinya bisa saja langsung dikonsumsi secara langsung, bahkan dengan kulitnya sekaligus. Namun bagi Anda yang tak bisa mengonsumsi secara langsung, bisa pula membuat buah apel sebagai jus. Bisa pula jus apel tersebut ditambah dengan susu ataupun cokelat, dan akan lebih nikmat pula, apabila pemanisnya diganti dengan madu alami.

[Baca juga: Inilah Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan]

Buah apel yang memiliki banyak kadar serat ini mampu mengikat dan mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh apabila Anda mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Efek yang dimunculkan pun sangat positif, yaitu menjaga jantung kita juga tetap bisa sehat. [uth]

Rujukan:
[1] Apel Penurun Kolesterol, Koran Cetak Minggu Pagi 3 Juli 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 27 Juli 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here