Bagaimana Mencegah Gangguan Obesitas pada Anak?

0
508
Bagaimana Mencegah Gangguan Obesitas pada Anak

GEMUK dan sehat adalah tubuh yanng diharapkan oleh banyak orangtua terhadap kondisi anak-anaknya, termasuk si kecil di bawah usia lima tahun. Kebahagiaan orangtua itu tak pelak adalah juga sebagai hasil dari sang orangtua dengan anak yang memiliki tabiat suka makan tanpa harus disuruh-suruh lagi.

Namun tahukah Anda, kenyataan yang tak boleh dilupakan adalah bahwa memiliki badan gemuk tak selamanya disertai dengan kesehatan prima. Sebaliknya, berbadan gemuk juga memiliki ancaman yang tak boleh diabaikan. Salah satunya obesitas.

Tindakan Pencegahan

Ya, ada idiom yang berbunyi “mencegah akan jauh lebih baik dibanding dengan mengobati.” Hal itu berlaku juga pada anak yang cenderung kegemukan alias obesitas.

Menyikapi kegemukan pada anak, sejatinya ada banyak hal yang bisa diperhatikan. Namun yang paling mudah adalah dengan mengontrol jenis dan pola makan, serta jangan lupakan untuk mengajaknya berolah raga.  Pola makan tentunya harus diatur dan tak bisa sembarang waktu memberikan asupan makanan pada anak, sedangkan jenis makanan tentunya adalah makanan yang sehat dan mengandung nutrisi bagi tubuh.

[Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Makanan Yang Tak Dianjurkan Pada Si Kecil Buah Hati Kita]

Pola Hidup Sehat

Dalam pencegahan obesitas pada anak-anak, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh. Namun yang paling penting adalah bahwa langkah-langkah itu sewajibnya dilakukan seturut dan dalam waktu bersama, sehingga secara tidak langsung langkah itu menjadi perwujudan yang disebut pola hidup sehat. Perlakuan pola hidup sehat itu di antaranya adalah; acap menikmati makanan sehat dan bergizi, melakukan aktivitas olah raga secara teratur dan disesuaikan dengan usia si kecil, dan tentunya bimbing sang buah hati untuk selalu menyayangi lingkungan dan alam sekitar sehingga dijauhkan dari sifat stress.

Ukur Kebutuhan Kalori

Sebagai orangtua tentunya akan sangat paham dengan usia anak dan juga aktivitasnya. Karenanya, dalam pencegahan obesitas si kecil, orangtua sebisa mungkin harus mengukur kebutuhan kalori si buah hati berdasar kegiatan dan umurnya itu. Jika sudah tahu ukuran wajar yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah mengontrol pemberian asupan makanan, utamanya yang mengandung lemak dan kalori. Jenis asupan dengan kandungan lemak tinggi antara lain adalah daging, jeroan, dan semacamnya. Sementara itu, untuk jenis asupan makanan dengan kadar kalori tinggi antara lain adalah gula atau permen.

[Baca juga: Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kegemukan]

Rajin Olah Raga

Seperti dipaparkan pada bagian atas tadi, aktivitas berolahraga merupakan bagian integral dan sangat penting dalam usaha mencegah obesitas dalam segala usia, termasuk usia kanak-kanak. Maka dari itu, sila memastikan anak-anak kita juga selalu aktif dalam berolah raga, khususnya pada pagi hari. Pasalnya pada waktu pagi, udara yang dihirup masih dalam keadaan segar.

Jenis olah raga yang bisa dilakukan pada pagi hari antara lain adalah bersepeda,jalan santai, berenang dan masih banyak lagi. Akan memiliki nilai tambah pula apabila di waktu selain pagi itu juga mengarahkan anak untuk melakukan olah raga prestasi yang cocok dengan kemauan dan kegemarannya. Sebagai contoh adalahsepak bola, berselancar, bela diri, bulu tangkis, berenang, main skateboard, dan lain sebagainya. [uth]

Rujukan:
[1] Satu Lagi Tips Mencegah Anak Gemuk; blogdokter.net,  diakses pada 11 Agustus 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 11 Agustus 2016

Berbagi dan Diskusi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY