Virus Tanaman justru Membuat Lebah Datang karena Aroma Bunganya

0
658

VIRUS menjadi sebuah kata yang pernah ditakuti oleh manusia. Karena virus diasumsikan sebagai pembawa wabah ataupun penyebab datangnya suatu penyakit. Namun seiring perkembangan zaman, kata virus seolah lazim diartikan sebagai “sumber penyebab” saja, termasuk penyebab datangnya suatu kebaikan. Kata “virus cinta” misalnya.

Berbicara mengenai virus, tahukah Anda kalau ternyata ada pula virus tanaman yang memiliki kecanggihan melebihi virus-virus gadget buatan manusia? Ialah virus tanaman yang mampu menyebabkan bunga beraroma harum, sehingga memiliki manfaat mendatangkan lebah.

[Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Bunga Mawar]

Tahan Hidup

Jika kita mengamati satu jenis tanaman buah di alam liar, ada kemungkinan akan bisa membedakan antara tanaman yang buahnya bagus dengan yang tidak bagus, utamanya mengenau usia tanaman itu. Sebagai contoh, kita ambil saja tanaman tomat.

Kenapa tanaman tomat yang tak sehat itu bisa kuat dan tahan lama hidupnya?

Ketika menjawab kalimat tanya di atas, beberapa peneliti memaparkan bahwa; apabila tanaman tomat sudah terkena virus tertentu, maka ia memiliki kemungkinan tumbuh dan berkembang secara lambat dan bentuk buah yang dihasilkannya pun akan kecil dengan rasa yang juga tidak enak.

Dan meskipun itu adalah virus tanaman, diindikasikan ia justru memiliki kemampuan untuk mengubah gen. Salah satunya yaitu mengubah gen yang mengeluarkan aroma bunga, sehingga tanaman tomat yang telah terkena virus ini justru akan memiliki aroma harum pada bunganya, yang selanjutnya justru mampu memikat lebah untuk datang dan menghampirinya.

[Baca juga: Ikebana: Seni Kuno Merangkai Bunga di Jepang]

Pemikat Lebah

Melihat fenomena lebah yang menghampiri bunga, maka salah besar apabila selama ini kita menyangka lebah lebih memilih tanaman sehat, karena lebah akan lebih terpesona pada tanaman tomat yang kondisinya justru tak sehat, alasannya tak lain adalah karena aroma bunganya yang lebih wangi.

Virus Penjamin Kelangsungan Hidup

Pada saat bunga telah disemai lebah, tak pelak ia pun selanjutnya akan memiliki fase reproduksi. Artinya, dengan perlakuan virus (alami) semacam itu, maka ada jaminan tanaman yang telah terjangkiti justru akan mampu menjaga kelangsungan hidup.

Menyimak fenomena virus yang ada pada tanaman ini tentu kita akan bisa mengerti, kenapa ada beberapa tanaman yang buahnya tak bagus namun justru usianya lebih panjang. Ini memang satu mekanisme rumit yang ada di alam, yang tentu saja manusia akan berpikir ribuan kali untuk bisa memahaminya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Virus Tanaman Canggih Ini Membuat Bunga Memiliki Bau yang Harum agar Lebah Datang: intisari-online.com, diakses pada 23 Agustus 2016
[2] Gambar ilustrasi: pixabay.com, diakses pada 23 Agustus 2016

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here