Kereta Kencana; Kendaraan Para Raja dan Ratu yang Mewah pada Masanya

0
1218
Kereta Kencana; Kendaraan Para Raja dan Ratu yang Mewah pada Masanya

KERETA KENCANA bisa dibilang merupakan kendaraan mewah yang dulu menjadi tunggangan ratu, raja, dan para ningrat yang mengelilinginya. Namun kini, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarya, kereta kencana hanya menjadi kendaraan pelengkap yang seringnya menjadi bagian dari bagian wisata Jogja.

Alat Transportasi Hadir Sejak Penemuan Roda

Hal yang musti kita ketahui adalah bahwa beragam alat transportasi telah hadir sejak lama, yaitu pada penemuan roda 3.500 tahun yang lampau. Seiirng perkembangan dan kemajuan zaman, selalu ada pergantian, yaitu bila satu alat transportasi itu telah “dianggap jadul alias ketinggalan zaman,” maka akan segera digantikan pula dengan kehadiran alat transportasi lain yang ‘dianggap lebih canggih dan modern.’

[Baca juga: Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor?]

Dinamika Moda Transportasi Jogjakarta

Dari sebuah eksposisi yang berlangsung di Sasono Hinggil pada 23 – 29 Agustus 2016 dan bertajuk “Harmonisasi dalam Sistem Transportasi di DIY,” kita bisa mendapatkan gambaran mengenai dinamika alat transportasi di kota gudeg dari waktu ke waktu.

Dari sana nampak geliat masyakarakat dalam memanfaatkan moda transportasi sederhana baik pada masa silam ataupun masa kini, misalnya penggunaan becak, andhong, gerobak, glinding ataupun gethek.

Penyebab Moda Transportasi Mudah Berubah

Sekali lagi dapat diketahui bahwa pada masa dahulu, andong, becak, ataupun gerobak pernah menjadi alat transportasi utama yang mewah, bahkan bagi kaum bangsawan, baik raja ataupun ratu. Namun kini bisa diketahui dengan kasat mata, masyarakat Jogja telah banyak yang mengendarai mobil, motor, atau juga menumpang bus.

[Baca juga: Inilah Biaya dan Prosedur Permohonan SIM, STNK, BPKB, dan Mutasi Kendaraan Bermotor]

Terbatasnya ruang, populasi manusia yang semakin banya, dan kompleksitas kepentingan hidup manusia pada akhirnya mengharuskan manusia untuk merumuskan konsep dan pola tepat khususnya pada moda transposrtasi. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengintip Arsip Sejarah Transportasi Yogyakarta Tempo Dulu; nationalgeographic.co.id, diakses pada 7 September 2016
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 7 September 2016

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here