Teknik SEO Menggunakan Kata Kunci untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

7
1315
Teknik Meningkatkan pengunjung Blog

Cepatnya pertumbuhan web dan blog membuat persaingan mencari pengunjung menjadi semakin menantang pemilik dan pengelola web. Hal ini menyebabkan banyak orang berlomba-lomba menerapkan beberapa metode yang dapat mengangkat Search Engine Results Page (SERP) di mesin pencari. Diakui, sebagian besar pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk menemukan konten tertentu dari dunia maya. Karena itu, semakin tinggi pengikdeksan oleh esin pencari akan semakin memmperbesar kemungkinan suatu web diakses oleh pengguna. Salah satu mesin pencari yang banyak digunakan adalah Google. Karena itu meningkatkan SERP Google perlu dicoba untuk memaksimalkan keteraksesan web.

Upaya untuk memaksimalkan SERP perlu dilakukan secara hati-hati. Tenik menaikkan SERP umumnya dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Beragam metode dilakukan. Bagi pemilik web, yang terpenting adalah bagaimana menaikkan SERP tanpa harus melanggar aturan main (Term of Service) yang dieteapkan oleh pengelola mesin pencari, seperti Google dan Yahoo. Berikut ini adalah teknik SEO untuk meningkatkan SERP menggunakan kata kunci. Metode ini dapat dikombinasi dengan metode lain yang tidak bertentangan dengan TOS.

1. Periksalah popularitas kata kunci yang digunakan

Guna memperoleh hasil pengideksan yang baik, pengelola web ada baiknya melakukan riset mini untuk memilih kata kunci. Semakin populer suatu kata kunci, maka semakin besar pula kemungkinan konten yang memuatnya diakses oleh pengguna internet. Popularitas meunjukkan seberapa besar animo pengguna internet untuk mencari topik tertentu yang disimpulkan dengan “kata kunci”. Guna kepentingnan tersebut, kita dapat menggunakan beberapa layanan online, seperti WordtrackerGoogle AdWordsGoogle Trends or the Yahoo! Buzz Index. Kesemua alat tersebut memiliki pendekatan berbeda dalam pengindeksan. Namun, kesemua layanan tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk memilih kata kunci.

2. Pilihlah Kata Kunci yang Relevan dengan Artikel atau konten Anda

Salah sat u metode yang tepat dalam penyusunan konten adalah dengan menggunakan satu kata kunci yang tepat pada setiap halaman. Kata kunci perlu  dipilih secara baik, yaitu relevan dengan keseluruhan isi dalam laman tersebut. Pemilihan kata kunci secara tepat memungkinkan anda memperoleh hasil yang maksimal dalam pengindeksan mesin pencari. Pemilihan kata kunci perlu memertimbangkan persaingan di dunia maya. Google dan Yahoo  keduanya telah memiliki catatan persaingan kata kunci yang dapat Anda jadikan rujukan.

3. Pilihlah 2 atau 3 kata untuk Kata Kunci Posting

Kata kunci umumnya terdiri dari 2 atau 3 kata. Anda tidak perlu repot menyusun kata kunci yang lebih dari keduanya. Memaksimalkan penggunaan 2 atau 3 kata sebagai yang diutamakan dalam post akan memperbesr kemungkinan keteraksesan web Anda.

4. Gunakan Kata Kunci dalam Judul 

Penggunaan kata kunci dalam judul mutlak diperlukan. Bagimana pun, mesin pencari akan memeriksa judul terlebih dahulu sebelum konten lainnya. Pemilihan judul secara tepat, artinya, turut memengaruhi kemungkinan keteraksesan web Anda.

5. Gunakan Kata Kunci dalam Subjudul

Subjudul adalah elemen penting dalam pemisahan babak isi konten. Pemuatan kata kunci akan  memerkaya kesempatan anda untuk diindeks oleh mesin pencari. Gunakanlah kata tersebut secara tepat.

6. Jangan Lupa Gunakan Kata Kunci dalam Tubuh Post 

Penggunaan kata kunci dalam tubuh post menjadi syarat mutlak lainnya. Mesin pencari akan menelusuri tubuh posting dan menemukan penekanan penting dalam konten tersebut. Konsistensi meletakkn KK dalam judul dan isi post akan lebih memperkuat konten Anda di hadapan mesin pencari.

7. Maksimalkan Gambar

Salah sau metode memaksimalkan KK adalah dengan menyisipkannya dalam gambar. Cara terbaik untuk menyisipkan adalah dengan mengisi “alternate text” dan judul gambar. Seperti kita tahu, beberapa mesin pencari turut menngumpulkan gambar.

8.  Hindari Kutipan Block

Kebanyakan mesin pencari mengabaikan pemblokan atau penebalan berupa kuotasi (quote). Jangan membuang enrgi dan waktu anda untuk membuat kuotasi karena kini mesin pencari telah mengabaikannya. Fokus pada penggunaan secara tepat adalah pilihan paling tepat.

9. Hindari Bombing KK

Penggunaan KK secara berlebihan justeru merugikan. Mesin pencari akan memasukkan website yang memiliki KK berlebihan ke dalam daftar hitam. Bijaklah dalam menggunakannya. Selain itu, kenyamanan pembaca dengan struktur bahasa yang mudah dipahami dan konten yang bermanfaat akan lebih berpengaruh untuk membangun loyalitas pengunjung web (Djoni)

 

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Pengembang website secara umum perlu memerhatikan secara khusus target pengunjung. Ketersediaan internet perlu juga diperhatikan. Menyusun konsep website yang mudah diakses melalui perangkat yang kecil dan ramah bandwith menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Banyak faktor yang menentukan kecepatan website untuk dibuka. Berikut ini adalah daftar hal yang perlu diperhatikan oleh pengembang agar website lebih cepat dibuka oleh pengunjung. Tips ini penting pula untuk membantu meningkatkan SEO website. […]

  2. […] Sebagaimana media blog dan tempat menulis lain di internet, dewasa ini sosial media juga menjadikan sebuah kata sebagai bidikan untuk bisa dikenal para pengguna. Tujuannya tak lain agar semua pihak bisa memperoleh kemudahan darinya. Ialah tagar (tanda pagar) ataupun hashtag yang diterapkan di media sosial, dengan fungsi dan wujud yang serupa dengan kata kunci di media website ataupun weblog. [Baca juga: Teknik SEO Menggunakan Kata Kunci untuk Meningkatkan Pengunjung Blog] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here