Inilah Daftar Makanan Pantangan bagi Ibu Hamil

4
2864
Makanan pantangan ibu hamil

Anda sedang dalam masa kehamilan? Ada perlunya anda mulai mewaspadai, bahkan menghindari beberapa jenis makanan yang berpotensi membahayakan Anda dan Janin. Beberapa Jenis makanan dan minuman masuk dalam kategori dilarang total atau lampu merah mengingat efek yang dapat dimbulkannya. Bebetapa jenis makanan dan minuman masuk dalam pantangan ibu hamil yang bersifat menengah, dan beberapa lainnya disebut-sebut sebagai boleh dengan beberapa catatan. Saat dalam kondisi hamil, Anda mungkin akan selalu dikejar-kejar dengan pelbagai nasihat dan wejangan dari orang-orang di sekitar Anda. Ada baiknya mendengar pengalaman orang-orang yang telah berpengalaman menjalani masa kehamilan. [Baca: Fase perkembangan janin]

Masa kehamilan memang menguras tenaga ekstra bagi calon ibu jabang bayi. Pelbagai pantangan yang muncul saat ini umumnya mengarah untuk menjaga keselamatan dan kesehatan sang bayi saat lahir. Tidak hanya itu, kondisi kesehatan ekstra yang dibutuhkan oleh Ibu saat hamil juga dapat dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan. Wajar kiranya jika selama masa tersebut Anda akan diperkenalkan dengan beragam pantangan makanan dan minuman. Selain itu, olahraga kehamilan juga perlu diperhatikan dengan seksama. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang masuk dalam ketgori lampu merah, kuning dan hijau. Anda dapat memmpergunakannya sebagai salah satu referensi.

Makanan yang dilarang Selama Masa Kehamilan: Makanan Mentah atau Setengah Matang

Penyebab utama larangan mengkonsumsi makanan setengah matang dan mentah bagi ibu hamil adalah kemungkinan pencemaran bakteri pada makanan tersebut. Makanan yang tidak melalui pemanasan berkemungkinan lebih besar memiliki kandungan bakteri dan kuman yang lebih banyak. Beragam kuman tersebut bisa saja menimbulkan infeksi yang membahayakan janin. Karena itu, menghindari daging yang tidak dimasak atau hanya setengah matang sangatlah dianjurkan untuk ibu hamil. Beberapa bakteri yang mungkin hidup dalam makanan mentahm antara lain:

  1. Bakteri E. Coli yang mengganggu usus dan ginjal.
  2. Parasit toksoplasma yang menyebabkan janin mengalami kondisi tidak normal
  3. Bakteri Salmonella yang memicu keguguran pada fase tertentu kehamilan

Ibu hamil tentu masih boleh mengkonsumsi daging apabila telah dimasak hingga betul-betul matang. Beberapa jenis sushi perlu diperiksa, apakah daging matang menjadi bagian di dalamnya. Beragam jenis makanan yang diproses setengah matang sangat dianjurkan untuk dihindari, seperti telur setengah matang, sushi mentah, daging setengah matang, sashimi dan kerang mentah. Beberapa jenis salad yang juga menjadikan daging setengah matang juga perlu turut dijauhi.

Makanan yang boleh dikonsumsi dengan Beberapa Catatan

1. Seafood

Seafood, bagaimana pun, memiliki beberapa jenis zat yang besi, omega 3 dan protein yang sangat membantu proses pertumbuhan janin terutama otak bayi. Namun, Ibu hamil perlu tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi beberapa jenis seafood. Mengapa? Beberapa perairan ditengarai memiliki kandungan logam mekuri cukup tinggi yang dapat membahayakan janin: mengganggu pertumbuhan syaraf, mengganggu pembentukan organ dan menurunkan kadar kecerdasan anak.

Anda masih bisa memilih beberapa jenis ikan laut yang dapat dikategorikan sebagai ikan yang aman, seperti Salmon (catatan: tidak diternakkan). Anda perlu menghindari jenis-jenis ikan mentah, seperti ikan hiu, sushi yang mengandung ikan mentah, serta ikan dan hewan apapun yang berasal dari perairan dan sungai yang mengalami pencemaran. Guna menghindari masuknya zat kimiawi dalam jumlah yang massif anda dapat membuat jadwal dan kartu kontrol makanan. Anda dapat mengkonsumsi tuna hinggaa 170 gram seminggu atau Kakakp 300 gram seminggu.

2. teh Herbal dan Kafein 

Zat kafeina dapat menembus dinding plasenta pada rahim yang dapat memengaruhi detak jantung dan pernafasan janin yang sedang berkembang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafeina terlalu tinggi dapat mengakibatkan keguguran dan janin meninggal saat kelahiran. Zat tersebut juga ditengarai dapat menurunkan bobot bayi saat lahir apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi.

Bagaimana dengan Teh Herbal? Ada baiknya Ibu Hamil menghindari teh herbal yang dicampur dengan Raspberry dan Rosemary karena kemampuannya memicu kontraksi. Karena itu, saat hendak mengkonsumsi teh herbal, ada baiknya Ibu Hamil memeriksa daftar zat dan bahan baku pembuatannya. Jika Anda tidak menemukan itu, ada baiknya menghindari meminum teh tersebut. Sebagai catatan, Undang-undang perlindungan konsumen melarang peredaran makanan dan minuman yang tidak menyertakan daftar bahan dan kandungan.

Ibu Hamil sebenarnya masih boleh mengkonsumsi minuman yang mengandung Kafein selama tidak mencapai 250 mg perhari. Jika komposisi kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak melewati ambang tersebut,  maka Anda masih berada dalam zona aman.

3. Pemanis buatan (Sakarin)

Saat ini sungguh mudah dan banyak menemukan pemanis buatan dalam minuman dalam kemasan. Mengapa pemanis buatan tidak dianjurkan untuk Ibu Hamil? Belum terdapat penelitian yang secara resmi menyebutkan efek pemanis buatan terhadap perkembangan janin. Namun, beberapa ahli gizi dan dokter menganjurkan ibu Hamil untuk menghindari pemanis buatan agar tidak menggagu perkembangan janin [asa].

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Penyebab utama larangan mengkonsumsi makanan setengah matang dan mentah bagi ibu hamil adalah kemungkinan pencemaran bakteri pada makanan tersebut. Makanan yang tidak melalui pemanasan berkemungkinan lebih besar memiliki kandungan bakteri dan kuman yang lebih banyak. Beragam kuman tersebut bisa saja menimbulkan infeksi yang membahayakan janin. Karena itu, menghindari daging yang tidak dimasak atau hanya setengah matang sangatlah dianjurkan untuk ibu hamil. Beberapa bakteri yang mungkin hidup dalam makanan mentahm antara lain:  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here