Ragam Tanaman Hias Ruangan Rumah

10
3897
tanaman hias
tanaman hias

Tanaman hias menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Seperti namanya, fungsi tanaman yang masuk dalam ketagori ini adalah hiasan. Sebagai hiasan, hal yang ditonjolkan adalah keindahan dari tanaman. Dengan ciri khas aroma, warna dan bentuk tanaman dapat diletakkan pada pelbagai tempat untuk menambah keindahan rumah tinggal.

Tanaman hias dapat diletakkan di dalam ruangan atau luar. Kesesuaian bentuk, ukuran dan warna menjadi hal-hal yang dipertimbangkan untuk meletakkan tanaman sebagai hiasan. Tanaman dengan karakter ukuran besar biasanya diletakkan di luar rumah. Meski demikian, teknik pembonsaian kini telah memungkinkan tanaman besar diletakkan di dalam rumah.

[ Baca Juga: Tanaman Hidroponik ]

Beberapa jenis tanaman cocok dan dapat digunakan untuk menghias ruangan kantor atau rumah. Pelbagai hal perlu diperhatikan dalam peletakan tanaman dalam ruangan, seperti bentuk, ukuran dan benda-benda yang sudah berada dalam ruanga. Ruangan merupakan satu komposisi sehingga peletakan tanaman secara salah dapat menyebabkan keberadaan tanaman tidak dapat memperindah ruangan.

Tanaman Hias Ruangan

Selain itu, jenis tanaman juga memengaruhi kecocokannya dengan kondisi dalam ruangan. Berikut ini adalah daftar tanaman hias yang dapat digunakan sebagai penghias ruangan.

Tanaman Hias Begonia

Tanaman hias - begonia
Tanaman hias – begonia (sumber Pixabay)

Begonia dikenal sebagai tanaman hias dengan dua pertimbangan, yaitu memiliki bunga yang bagus dan daun yang memiliki corak khusus. Begonia dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu Rex Begonia, Rhizomatus Begonia dan Basket Begonia. Rex Begonia didominasi oleh warna hijau dengan kombinasi beberapa warna lainnya. Warna selain hijau kadang memiliki warna yang lebih tua atau lebih terang.

Begonia Rizomathous dikenal memiliki bentuk dan warna daun yang beragam. Tanama ini memiliki rizhoma bercabang-cabang dan tumbuh mendatar. Sementara, Begonia basket dikenal dengan daun seperti cangkir, pucuk daun berwarna hijau dan berbulu. Tangkai daun juga memiliki warna yang indah.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tanaman Hias Lidah Buaya
Tanaman Hias Lidah Buaya (sumber Pixabay)

Lidah buaya lebih dikenal dalam bentuk yang tunggal di Indonesia. Namun, tanaman ini sesungguhnya terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Lidah buaya memang sudah cukup dikenal sebagai bahan pengobatan dan sekaligus kini sebagai bahan minuman. Tanaman hias ini cocok ditempatkan di dalam pot. Penanaman lidah buaya dalam pot membuatuhkan perawatan tersendiri agar kekuatan warna dan bentuk dapat melengkapi ruangan menjadi lebih indah.

Anthurium 

Tanaman Hias anthurium
Tanaman Hias anthurium (sumber: Pixabay)

Tanaman hias Anthurium juga sudah cukup dikenal oleh penggila tanaman hias. Bunga dengan kekuatan warna yang mencolok menjadi kekuatan tanaman ini. Penempatan tanaman ini dalam pot dengan kerindangan tertentu dapat menjadi penghias ruangan. Tanaman ini membutuhkan suhu rata-rata 70˚ F. Media tanam yang baik bagi tanaman ini mengandung pasir yang menjaga kegemburan tanah, selain kompos atau humus. Pembersihan bunga dan daun terkadang perlu dilakukan untuk menghindari debu yang lekat pada tanaman ini.  

Jenis Asplenium (Kadaka dan Paku)

Tanaman Hias Kadaka
Tanaman Hias Kadaka (sumber: Pixabay)

Kadaka dan paku-pakuan dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan kelembapan tinggi. Tanaman ini sering berkembang dari spora yang diterbangkan angin. Kadaka dan paku sering tumbuh bahkan pada pepohonan tanpa harus membunuh pohon yang ditumpangi. Kadaka dapat diletakkan dalam pot dengan ukuran yang sesuai dalam ruangan. Namun, mengingat keindahan utama tanaman ini adalah kekuatan warna dan bentuk daun, maka perawatan khusus seperti pengaturan kelembapan, asupan air dan sampai pada pembersihan daun dibutuhkan dalam perawatan tanaman ini.

Bromeliad

Tanaman Hias bromeliad
Tanaman Hias bromeliad (Sumber: Pixabay)

Bromeliad dikenal dengan warna daun dan bunga yang mencolok tumbuh dari tengah. Secara bentuk, tanaman hias ini mirip dengan lidah buaya. Namun, secara umum perbedaan mencolok dapat dibedakan dengan aloe vera. Bromeliad terdiri dari tak kurang 2.000 jenis. Persilanan antar jenis yang dilakukan oleh petani dan penggila bunga semakin memperkaya jenis tanaman ini.

Keladi Hias

Tanaman Keladi Hias
Tanaman Keladi Hias (sumber Pixabay)

Negara-negara tropis dikenal dengan beragam jenis keladi. Tanaman ini memang bisa tumbuh dengan baik pada kondisi kelembapan tertentu. beberapa jenis keladi digunakan sebagai bahan makanan. Beberapa jenis lainnya berfungsi sebagai tanaman hias, maka muncullah istilah keladi hias.

Tanaman ini lebih bagus jika tumbuh tanpa pencahayaan matahari secara langsung. Campuran ideal media tanam  bagi tanaman ini adalah 2 bagian tanah kebun, satu bagian pasir dan dua bagian pupuk kandang.

Tanaman Hias Pisang-Pisangan (calathea ornata)

Pisang-Pisangan calathea ornata
Pisang-Pisangan calathea ornata (sumber: Pixabay)

Tanaman ini memiliki bentuk, warna dan bentuk yang menarik. Sering disebut sebagai pisang-pisangan, tanaman ini sekilas mirip dengan bentuk tanaman pisang. Inilah yang menyebabkan tanaman ini dipanggil dengan sebutan tersebut. Seperti keladi hias, tanaman ini membutuhkan kelembapak yang tinggi. Karena itu, sangatlah baik jika tanaman ini diletakkan tidak pada cahaya sinar matahari secara langsung.

Tanaman Kroton atau Puring (Codiaeum)

Tanaman hias Kroton
Tanaman hias Kroton (sumber Pixabay)

Tanaman ini sejenis dengan tanaman perdu umumnya. Corak menarik yang membuat tanaman ini cocok menjadi hiasan adalah perpaduan warna pada daun. Hijau dan kuning berbaur dalam komposisi terang. perpaduan warna ini membuat tanaman perdu ini dijadikan salah satu pengisi ruangan yang cocok.

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Tanaman hias menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Seperti namanya, fungsi tanaman yang masuk dalam ketagori ini adalah hiasan. Sebagai hiasan, hal yang ditonjolkan adalah keindahan dari tanaman. Dengan ciri khas aroma, warna dan bentuk tanaman dapat diletakkan pada pelbagai tempat untuk menambah keindahan rumah tinggal.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here