Stroke Bisa Menyerang Pada Usia Muda bahkan Pada Masa Kanak-kanak

0
1615
Stroke Bisa Menyerang Pada Usia Muda bahkan Pada Masa Kanak-kanak
Stroke Bisa Menyerang Pada Usia Muda bahkan Pada Masa Kanak-kanak

STROKE menjadi satu penyakit yang saat ini menjangkiti banyak orang, tak peduli laki-laki ataupun perempuan, tua ataupun muda. Fenomena terjangkitinya penyakit pada manusia tanpa memandang usia tersebut sejatinya memang bukan saja didominasi oleh penyakit stroke, karena masih banyak lagi jenis penyakit lain yang mengalami risiko serupa. Sebut saja diabetes, gula darah, jantung, dan lain sebagainya, di mana dahulunya jenis-jenis penyakit itu hanya sering dialami oleh para orang tua dan lanjut usia.

[Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai]

Apa itu Stroke?

Stroke merupakan jenis penyakit akibat tersumbatnya aliran darah yang menuju ke bagian otak, atau bisa pula merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah.  Dan stroke bisa menyerang siapa saja tak pandang usia, termasuk yang masih muda sekalipun.

Laju perkembangan zaman yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya tingkat stres, dan ditambah pula dengan aktivitas fisik yang mengalami perubahan, semua itu menjadi beberapa penyebab yang menjadikan orang yang masih muda juga bisa terserang penyakit stroke.

[Baca juga: Sikap Pelit dan Kikir Rentan Terhadap Stress]

Penyebab Kematian Nomor 3

Beberapa riset yang dilakukan menghasilkan paparan; bahwa stroke yang bukan saja menyerang orang tua dan lansia, namun juga mereka yang berusia 30 tahun bahkan juga 25 tahun ini, menjadi penyebab kematian pada urutan ke-3, khususnya di area kota-kota besar.

Stroke pada Usia Kanak-kanak

Selain pada usia lansia dan muda, stroke juga bisa menyerang pada mereka yang masih berusia kanak-kanak. Sebagai penyebab yang paling sering dari stroke pada masa kanak-kanak ini adalah karena mereka mengalami kelainan pembuluh darah sejak lahir.

Cegah dengan Gaya Hidup Sehat!

Guna meminimalisir terserang sakit stroke, maka disarankan untuk menjaga gaya hidup yang sehat, sehingga pembuluh darah tetap bisa menjadi lancar dan elastis. Sehingga jaub dari gejala penyumbatan pada pembuluh darah sejak dini. Contoh gaya hidup sehat tak lain adalah dengan tetap menjaga pola makan serta mengusahakan tubuh selalu bergerak. [uth]

Rujukan:
[1] Mengapa Sekarang Makin Banyak Orang Muda Terserang Stroke? nationalgeographic.co.id, Diakses pada 31 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 31 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here