Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

12
2312
Makanan Pelancar Aliran Darah

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak menelan korban. Penyakit ini, salah satunya, disebabkan oleh kesalahan pola konsumsi dan gaya hidup. Jantung memainkan peranvital dalam anatomi tubuh manusia. organ ini bertugas untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Kesalahan atau berhentinya jantung mengalirkan darah ke tubuh jelas dapat berimplikasi pada kematian.

Angka kematian akibat penyakit jantung sangat tinggi di Amerika Serikat. Tak kurang dari 3000 jiwa mengalami serangan jantung setiap hari. Angka kematiannya cukup tinggi dibandingkan dengan angka serangan tersebut. Tak kurang dari 40 % orang yang terserang jantung meninggal dunia. Sebagian besar lainnya yang selamat kebanyakan akan merasakan gangguan atau serangan jantung setelah serangan pertamanya. Pelbagai survei di dunia dan temuan medis menunjukkan bahwa sakit jantung sebenarnya dapat dihindari atau dicegah. Pencegahan inilah yang membutuhkan ketelatenan bagi setiap orang. Pelbagai godaan, seperti makanan dan minuman, terkadang tanpa disadari memperbesar resiko penyakit ini.

Secara umum, beberapa hal berikut ini disebut sebagai penyebab tinggi resiko sakit jantung. Jika anda salah satu pemilik penyebab ini, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mengubah pola hidup Anda yang terkait.

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab jantung koroner. Idealnya tekanan darah bernilai di antara 120 – 80. Kelebihan tekanan darah menjadi salah satu penyebab. Gejala hipertensi dapat dirasakan oleh pengidapnya. Karena itu pencegahan dapat dilakukan, seperti dengan mengurangi stress dan makanan yang memicu kenaikan tekanan darah, seperti daging kambing.

Kolesterol menjadi penyebab lain yang dominan. Jika Anda memiliki kolesterol di atas 200, sebaiknya anda mulai perlu berhati-hati dan berpikir untuk mengurangi asupan makanan yang menjadi sumber kolesterol, seperti kunig telur, gajih dan jeroan. Selain itu, diabetes tipe 1 dan 2 memperbesar resiko mengidap sakit jantung pula.

Kelebihan berat adalah sumber penyakit satu ini. Obesitas memperbesar kemungkinan penyempitan pembuluh atau menyebabkan penumpukan lemak secara masif pada beberapa bagian pembuluh jantung. Faktor ini melengkapi daftar penyebab lainnya, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol.

Merokok adalah penyebab lain yang kurang disadari. Meski peringatan tentang efek rokok tertera di setiap bungkusnya, tetap saja penikmat asap tembakau ini cukup banya.  Merokok sama dengan memasukkan sekian banyak zat kimia yang merusak pembuluh dan jantung itu sendiri. Situasi ini diperburuk dengan gaya hidup yang jarang membuat orang bergerak. Gerak memperlancar proses pembakaran lemak. Selain itu pembuangan melalui keringat juga mempercepat pengeluaran racun-racun tertentu yang membahayakan jantung dan pembuluhnya.

Jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit satu ini, ada baiknya kewaspadaan ditingkatkan. Faktor genetik dipercaya menjadi salah satu penyebab yang  memperbesar resiko mengidap penyakit ini pula. Pertimbangkan untuk melakukan pengawasan ketat situasi jantung Anda apabila anda memiliki keluarga dekat atau kerabat yang memiliki penyakit jantung.

Berbagi dan Diskusi

12 COMMENTS

  1. […] Sebagian besar lainnya yang selamat kebanyakan akan merasakan gangguan atau serangan jantung setelah serangan pertamanya. Pelbagai survei di dunia dan temuan medis menunjukkan bahwa sakit jantung sebenarnya dapat dihindari atau dicegah. Pencegahan inilah yang membutuhkan ketelatenan bagi setiap orang. Pelbagai godaan, seperti makanan dan minuman, terkadang tanpa disadari memperbesar resiko penyakit ini. Secara umum, beberapa hal berikut ini disebut sebagai penyebab tinggi resiko sakit jantung. Jika anda salah satu pemilik penyebab ini, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mengubah pola hidup Anda yang terkait.  […]

  2. […] Apabila telah menindik lidah namun tak ada niatan membersihkannya secara rutin, maka besar kemungkinan akan ada plak (kotoran) yang menumpuk di seputar perhiasan dan lalu bakteri pun akan leluasa berkembang-biak. Ketika infeksi terjadi, akan ada pula kecenderungan ekstrim dan fatal, yaitu masuk bakteri ke dalam aliran darah yang kemudian akan menginfeksi organ vital, salah satunya adalah jantung. [Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai] […]

  3. […] Jantung menjadi penyakit yang bukan saja bisa menyerang orang dewasa ataupun lanjut usia, akan tetapi kenyataannya anak kecil juga ada yang mengidapnya. Dan berbicara tentang penyakit jantung, sakit jantung koroner mungkin adalah juga bagian yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. [Baca juga: Inilah Penyebab Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here