Panduan Memberikan Gagdet atau Smartphone Kepada Anak

5
1733

b. Pilihlah Gadget yang sesuai dengan usia anak

Pemberian smartphone kepada anak tanpa memerhatikan kesesuaian fitur dengan kebutuhan usia perkembangan justeru dapat membahayakan anak. Idealnya orangtua tidak memberikan perangkat secara berlebihan kepada anak. Perhatikan fitur secara seksama, seperti apakah anak sudah membutuhkan perangkat dengan fitur internet atau belum.

c. Atur Waktu Penggunaan dan Batasi Fitur yang Boleh Digunakan

Pengaturan waktu penggunaan smartphone mengajarkan anak mengelola waktu secara tepat. Dengan membebaskan anak bermain atau menggunakan smartphone tanpa batasan waktu akan membuat anak kehilangan kontrol atas dirinya sendiri. Hal ini dapat berimplikasi pada banyak hal, seperti waktu belajar dan sosialisasi; anak cenderung mengabaikan hal selain dirinya; dan anak tidak memerhatikan kebutuhannya sendiri.

Mengawasi Gadget anakMemberikan gadget ke anakSelain pengaturan waktu, orangtua perlu juga mengatur jenis-jenis fitur yang dapat digunakan dalam perangkat tersebut. Tidak ada salahnya jika orangtua secara berkala memeriksa rekam pemanfaatan atau history yang disimpan dalam perangkat. Hal ini akan membantu orangtua mengetahui sejauh mana pemanfaatan alat dan kesesuaiannya dengan pelbagai kesepakatan bersama antara orangtua dan anak.

Jika perangkat dibekali dengan perangkat internet, ada baiknya orangtua membatasi jenis paket internet yang disediakan. Hal ini akan mencegah anak mengakses konten seperti video dan foto secara bebas. Jelaskan kepada anak batasan paket internet yang dimilikinya. Jika dibutuhkan, anak perlu diberitahu bahwa orangtua hanya akan memberikan paket internet sekali dalam kurun waktu tertentu, seperti bulan. Hal ini akan membantu mengajarkan anak untuk secara bijak menggunakan fasilitas tambahan tersebut.

d. Arahkan pada Penggunaan yang Tepat

Peran untuk mengarahkan anak dalam penggunaan smartphone perlu diambil pula oleh orangtua. Orangtua perlu sesekali mendiskusikan manfaat yang telah diperoleh anak selama menggunakan perangkat tersebut. Hal ini akan membantu anak merefleksikan penggunaan dan perkembangan dirinya setelah memperoleh fasilitas tambahan.

e. Awasi Hubungan Sosial dengan Pihak Lain Menggunakan Smartphone

Tersedianya perangkat smartphone memberi peluang anak untuk terhubung dengan orang selain keluarga, seperti teman. Tidak tertutup kemungkinan pula anak akan berhubungan dengan orang lain yang dikenalnya melalui dunia maya. Pada situasi ini, orangtua perlu memperkenalkan konsep privasi dan batasan berhubungan dengan orang lain melalui perangkat TIK tersebut. Sebagai contoh, anak tidak diizinkan untuk menghubungi atau bertemu dengan orang yang dikenalnya melalui media sosial.

 

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here