Inilah Beberapa Manfaat Berciuman dengan Pasangan

4
1342
Kiss - Ciuman
Kiss

Ada banyak hal bisa dilakukan guna memerlihatkan rasa sayang kepada pasangan kita, baik memberikan kado, mengajak bertamasya, ataupun sekedar memeluk dan mengajaknya berciuman.

Ikhwal ciuman terhadap pasangan, tentu dibutuhkan sebentuk ciuman romantis sebagai rasa yang lebih dari sekedar kedekatan, namun juga sebagai bentuk keintiman antar pasangan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka ada baiknya ketika mencium pasangan, memerhatikan pula aspek-aspek lain agar kemesraan tetap terjaga dan keintiman juga bisa menjadi perekat hubungan.

Berciuman Harus Memerhatikan Segala Aspek

Mengapa ciuman saja harus memerhatikan segala hal?

Aktivitas berciuman, baik di pipi, di bibir, pun sekedar mencium tangan, bisa jadi merupakan hal yang tak begitu penting dibicarakan, bahkan sebagian orang lebih memilih diam karena masih menganggapnya sebagai hal tabu. Akan tetapi kenyataannya ciuman adalah hal yang tak bisa diabaikan begitu saja, pasalnya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Beberapa Manfaat Ciuman;

  • Berpotensi hidup lebih lama

Bagi pasangan yang acap berciuman usai bangun di pagi hari, disinyalir mampu bertahan hidup 5 tahun lebih lama dibanding yang tak melakukannya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Aktivitas berciuman menjadi salah satu kiat aagar tubuh tetap terjaga dan tak mudah terkena serangan penyakit pun bakteri. Hal ini dikarenakan pada saat berciuman kita juga mengeluarkan sistim antibodi.

  • Percaya diri

Kegiatan berciuman emmiliki pengaruh positif terhadap orang yang kurang percaya diri, pasalnya ada rasa dihargai, dan secara otomatis juga bisa membantu menjernihkan pikiran.

  • Membuat tenang, nyaman, dan tidak stres

Rasa gembira ketika berciuman tak elak menjadi stimulan untuk menggapai hidup tenang dan nyaman, hal itu terjadi sebab adanya pelepasan hormon bahagia endorfin dan oksitosin yang pada akhirnya mampu mengakibatkan tubuh terasa  nyaman dan tenang, serta jauh dari perasaan stres.

  • Memperkuat gigi

Saat berciuman terjadilah pertukaran air liur, secara tidak langsung hal itu memiliki fungsi untuk menetralisir asam dalam mulut sebagai penyebab gigi berlubang dan otomatis juga membantu menguatkan gigi.

  • Menurunkan berat badan

Ada sebuag riset yang menyatakan bahwa berciuman minimal selama 20 detik mampu memberikan efek menurunkan kelebihan berat badan

  • Membakar kalori

Ketika hendak membakar kalori, adakalanya kita berusaha keras dengan cara olahraga, ataupun sekedar joging pun lari pagi, padahal ada manfaat berciuman yang juga memiliki fungsi serupa, yaitu mampu membakar 6 kalori pada setiap menitnya.

  • Baik untuk jantung

Menikmati rutinitas ciuman memiliki efek baik bagi jantung. PAsalnya ciuman mampu menghasilkan zat adrenalin sebagai pemicu jantung agar memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Sehubungan dengan hal tersebut, telah terbukti bahwa berciuman secara ilmiah dapat menstabilkan aktivitas kardiovaskular, sehingga mampu menurunkan tekanan darah, dan juga kadar kolesterol pada tubuh

  • Awet muda

Aktiifitas berciuman memaksa sebanyak 30 otot wajah untuk berkerja. Dari keadaan tersebut tak pelak kitapun bisa mendapatkan semakin kencangnya kondisi pipi dan dagu. Hal ini juga dikkuatkan dengan hasil studi yang menyatakan bahwa saat berciuman maka secara tak langusng wajah juga akan bertambah menjadi kencang, sehingga bukan tidak mungkin efek awet muda ada di dalamnya.

  • Menyembuhkan influensa

Mungkin agak susah dimengerti bahwa ciuman bisa menyembuhkan sakit flu. Namun sebagai penjelasan ilmiah, saat berciuman ada rangsangan yang meningkatkan kadar horon histamin, yaitu sistim imun tubuh terhadap virus flu serta bersin.

  • Mengurangi nyeri perut

Berciuman disinyalir juga akan mengurangi kemungkinan adanya penyakit infeksi perut, sakit kandung kemih, dan juga gangguan peredaran darah. Rasa nyeri pada perut akan berkurang karena adanya zat antibodi alami yang diproduksi melalui air liur saat berciuman, padahal air liur itu mengandung zat anestesi dan zat endorphin sebagai pengurang rasa nyeri.

Demikian adalah beberapa manfaat ciuman yang bagi sebagian orang masih merasa tabu untuk membicarakannya. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] 10 Manfaat Berciuman untuk Kesehatan esensi.co.id Diakses pada 10 Oktober 2014

[2] Gambar ilustrasi ciuman Pixabay.com Dakses pada 10 Oktober 2014

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here