Cara Cepat Pesan Tiket Kereta Api sebelum Melancong

2
934
Cara Memesan Tiket Kereta Api
Cara Memesan Tiket Kereta Api

Anda suka bepergian dengan kereta? Atau Anda ingin mudik lebaran menggunakan kereta? Ada baiknya anda merencanakan dengan baik perjalanan Anda dengan membeli tiket jauh hari sebelum waktu bepergian. Untuk lebaran, tiket lebaran sudah dapat dipesan 90 hari sebelum lebaran. Untuk bepergian di luar waktu lebaran, sangat disarankan Anda memesan kereta dengan waktu yang cukup untuk memastikan anda memperoleh kursi atau tidak menghadapi kenaikan harga akibat tingginya permintaan.

Kini membeli tiket kereta api dapat dilakukan dengan mudah secara online. Cara lain membeli tiket kereta dapat dilakukan dengan mendatangi agen tiket yang telah bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kini anda selaku konsumen tidak lagi harus repot mengantri di stasiun. Anda dapat membli tiket dari kamar atau cukup mendatangi toserba tertentu di dekat kediaman Anda.

Metode pemesanan tiket kereta memang kian mudah. Anda cukup membayar di penyedia jasa atau secara online, lalu menerima bukti pembayaran. Bukti tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan tiket. Patut dicatat bahwa Anda perlu menulis dengan sesuai nama dan nomor identitas yang berlaku. Hal ini diperlukan mengingat kini KAI memberlakukan mekanisme yang ketat. Pastikan pula Anda membawa foto copy kartu tanda penduduk atau pengenal lain yang dibutuhkan saat penukaran tiket yang dibeli secara online.

Berikut ini adalah beberapa cara memesan tiket kereta api tanpa harus mendatangi stasiun:

  1. Membeli lewat PT KAI Call Center. Pemesanan tiket kereta dapat dilakukan melalui call center pada nomor 121. Anda dapat menghubungi nomor tersebut juga untuk memeriksa ketersediaan tiket untuk perjalanan kereta pada hari tertentu.
  2. Pemesanan online melalui web PT KAI. Web PT KAI kini sudah menyediakan layanan pemesanan tiket. Anda cukup mudah pula memeriksa apakah pada tanggal tertentu anda dapat membeli tiket. Terdapat pula beberapa situs online yang menyediakan layanan pembelian, seperti paditrain.com, tiket.com, tiketkai.com. Anda dapat melakukan pembayaran melalui ATM, inernet Banking atau melalui alfa mart tertentu.
  3. Pembelian juga dapat dilakukan di beberapa minimarket, seperti Alfamart dan Indomart. Kedua minimarket besar tersebut yang memiliki jaringan luas dan mudah ditemukan kini memberikan layanan penjualan tiket.
  4. Aplikasi Andoid. Pembelian atau pemesanan tiket kereta dapat dilakukan pula melalui perangkat smartphone. Pada sistem operasi Android, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan, seperti tiket Kereta Api.

Nah, Anda kini tidak lagi sulit menemukan cara memesan dan membeli tiket. Cukup mudah, terlebih apabila anda telah memiliki fasilitas internet banking. Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here