Inilah Tips Memilih Asuransi yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

1
1385
cara memilih asuransi

Auransi menjadi salah satu kebutuhan yang kian berkembang pada masyarakat modern. Model ini tidak saja menumbuhkan lembaga ekonomi baru bernama perusahaan asuransi, tetapi juga menibulkan kencederungan baru dalam tata konsumsi masyarakat. Asuransi muncul menjadi salah satu model penjaminan untuk pelbagai aspek yang dapat dinilai sebagai sesuatu yang berharga dalam kehidupan seseorang. David Beckham mengasuransikan kakinya hingga senilai USD70juta. Besarnya asuransi tersebut setidaknya menunjukkan bahwa kaki merupakan bagian tubuh yang tidak ternilai bagi Beckham.

Perkembangan dunia asuransi telah melahirkan beragam jenis dan perusahaan asuransi. Asuransi Jiwa, kendaraan, rumah, adalah sederet jenis suransi berdasarkan bentuk aset yang dilindungi. Dalam varian tersebut measih terdapat beragam jenis layanan asuransi yang disusun mengacu pada jenis perlindungan yang diberikan. Beragamnya layanan asuransi dan penyedia jasa mengharuskan konsumen secara lebih cermat memilih layanan dan penyedia yang sesuai dengan kebutuhan dan kredibel sebagai penjamin.

Berikut ini adalah tips atau cara memilih asuransi yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih layanan atau penyedia jasa asuransi: 

  1. Periksalah formalitas hukum yang menaungi perusahaan asuransi. Setiap perusahaan tunduk dalam peraturan hukum untuk dapat menjalankan bisnis perlindungan dan penjaminan ini. Karena itu, aspek legalitas harus dapat dipastikan terlebih dahulu sebelum memilih jenis layanan dan penyedia. Di Indonesia, pemeriksaan pelayanan asuransi dapat dilakukan melalui Kementrian keuangan pada Otoritas Jasa Keuangan dan Bapepam. Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk mengamankan invenstasi perlindungan yang akan dipilih. Rekam jejak perusahaan penyedia perlu pula menjadi salah satu aspek yang ditelusuri dalam proses ini.
  2. Jenis layanan asuaransi yang ditawarkan oleh agensi tidakllah tunggal. Karena itu, perlu pertimbangan yang matang untuk memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Meski bersumber dari agensi dan perusahaan yang sama, belum tentu produk yag ditwarakan setara satu dengan lainnya. Karena itu, perlu kecermatan untuk menentukan jenis yang akan dipilih.
  3. Pahamilah pelbagai klausul yang tertera dalam polis auransi. Hal itu akan memengaruhi seberapa besar perlindungan yang akan diperoleh selama menggunakan jasa atau selama masa perlindungan. Perhatikan secara seksama beragam kewajiban dan hak yang tertera dan bandingkanlah. Jika anda kesulitan memahami polis, ada baiknya anda mencari orang yang berlatar belakang hukum sebagai narasumber tempat bertanya.
  4. Setiap perusahaan menerapkan standar yang berbeda pada produk asuransi yag ditawarkan. Standar tersebut umumnya dikenal dengan istilah company policy. Setelah mengamati dan memhami secara terperinci, pilihlah jenis asuransi yang memiliki pertanggungan memadai dan biaya premi yang bersaing.
  5. Calon konsumen pun perlu mengamati penyebab pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Pilihlah kemungkinan yang paling akan membantu anda pada daftar resiko tertanggung.

Selamat mencoba.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Auransi menjadi salah satu kebutuhan yang kian berkembang pada masyarakat modern. Model ini tidak saja menumbuhkan lembaga ekonomi baru bernama perusahaan asuransi, tetapi juga menibulkan kencederungan baru dalam tata konsumsi masyarakat. Asuransi muncul menjadi salah satu model penjaminan untuk pelbagai aspek yang dapat dinilai sebagai sesuatu yang berharga dalam kehidupan seseorang. David Beckham mengasuransikan kakinya hingga senilai USD70juta. Besarnya asuransi tersebut setidaknya menunjukkan bahwa kaki merupakan bagian tubuh yang tidak ternilai bagi Beckham. Perkembangan dunia asuransi telah melahirkan beragam jenis dan perusahaan asuransi. Asuransi Jiwa, kendaraan, rumah, adalah sederet jenis suransi berdasarkan bentuk aset yang dilindungi. Dalam varian tersebut measih terdapat beragam jenis layanan asuransi yang disusun mengacu pada jenis perlindungan yang diberikan. Beragamnya layanan asuransi dan penyedia jasa mengharuskan konsumen secara lebih cermat memilih layanan dan  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here