Kelebihan dan Kekurangan Biodiesel

1
3141
Kelebihan biosolar,kekurangan biosolar

Perdebatan soal pemakaian bahan bakar kendaraan bersumber dari fosil memang terus mengemuka. Persoalannya, temuan para ahli menunjukkan gas buangan yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil hewan terbukti menjadi faktor perusak penting ekosistem bumi. Pemanasan global dan hujan asam keduanya adalah beberapa bagian efek langsung dari pemakaian bahan bakar bersumber dari fosil.

Biodisel dihasilkan dari tumbuhan atau dari nabati. Ia dihasilkan dari pelbagai jenis tumbuhan berbeda, seperti bunga matahari, kedelai, biji kapas dan biji jarak. Sumber nabati ini memungkinkan biodisesel lebih mudah teruraui dalam kekanisme alam. Susunan kimiawinya lebih mudah untuk diurai melalui proses alamiah.

Kelebihan Biodiesel

Salah satu kelebihan biodiesel adalah rendahnya kadar sulfur yang dikandungnya. minimnya kadar tersebut menurunkan kemungkinan hujan asam yang terjadi. Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh bahan bakar ini pun trelatif lebih rendah sekitar 75% dibandingkan dengan solar lainnya. Karena itu ia digolongkan sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Kelebihan lain yang melekat pada bahan bakar ini adalah sifatnya yang lebih mudah diurai dibandingkan dengan bahan bakar fosil hewan. Substansi yang terkandung di dalamnya tidak bersifat racun sehingga lebih mudah hancur atau diurai oleh senyawa hidup.

Kekurangan Biodiesel

Faktanya, kandungan energi yang dimiliki oleh biodiesel lebih rendah sekitar 11% dari solar berbahan fosil hewan. Konsekuensinya, bahan bakar ini akan menghasilkan tenaga yang lebih rendah dibandingkan dengan solar umumnya.  Kekurangan lainnya terkait dengan kekuatan proses oksidasi pada bahan bakar ini. Kelemahan pada oksidasi menyebabkan bahan bakar ini lebih bermasalah pada proses penyimpanan. Kecenderungannya, jika disimpan terlalu lama maka bahan bakar ini dapat menyumbat mesin akibat dari pengentalan.

Mikroba juga berkemungkinan hidup dalam biodiesel yang dapat menggangu keawetan mesin. Mikroba jenis tertentu dapat mengganggu keawetan dan kinerja mesin dalam kurun waktu jangka panjang.

Seiring meningkatnya permintaan biodiesel, maka akan dibutuhkan bahan baku yang dapat digunakan untuk memproduksinya. Sementara, beberapa jenis bahan baku adalah sumber bahan makanan yang terus berkurang di tenghah masyarakat. Di lain sisi, pertumbuhan jumlah penduduk mengharuskan naiknya grafik angka bahan makanan, termasuk bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan biodiesel. (Danu)

sumber gambar: pixabay. berlisensi public domain.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Perdebatan soal pemakaian bahan bakar kendaraan bersumber dari fosil memang terus mengemuka. Persoalannya, temuan para ahli menunjukkan gas buangan yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil hewan terbukti menjadi faktor perusak penting ekosistem bumi. Pemanasan global dan hujan asam keduanya adalah beberapa bagian efek langsung dari pemakaian bahan bakar bersumber dari fosil. Biodisel dihasilkan dari tumbuhan atau dari nabati. Ia dihasilkan dari pelbagai jenis tumbuhan berbeda, seperti bunga matahari, kedelai, biji kapas dan biji jarak. Sumber nabati ini memungkinkan biodisesel lebih mudah teruraui dalam kekanisme alam. Susunan kimiawinya lebih mudah untuk diurai melalui proses alamiah. Kelebihan Biodiesel Salah satu kelebihan biodiesel adalah rendahnya kadar sulfur yang dikandungnya. minimnya kadar tersebut menurunkan kemungkinan hujan asam yang terjadi. Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh bahan bakar ini pun trelatif lebih rendah sekitar 75% dibandingkan dengan solar lainnya.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here