Daftar Makanan yang Memperlancar Aliran Darah

5
6013
Makanan pelancar darah

Gangguan aliran darah dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit atau gangguan fisik tertentu. Gejala kram otot, kesemutan dan lambatnya proses penyembuhan luka adalah beberapa contoh dari persoalan yang timbul akibat gangguan peredaran darah. Gejala ini tentu sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita. Pelbagai cara pengobatan pun berkembang, secara medis maupun secara tradisional.  Pelbagai mitos pun turut berkembang terkait dengan hal-hal tersebut. [baca: Penyebab Penyakit Jantung Koroner]

Kasus sirkulasi darah yang buruk terjadi hampir berjumlah 100.000 kasus di Amerika Serikat setiap tahunnya. Angka tersebut cukup besar. Besarnya angka tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi pula di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Sayangnya, tidak banyak riset yang mampu menjelaskan fenomena tersebut di negara lain.

Pelbagai cara pengobatan berkembang untuk mengatasi persoalan ini. Sayangnya, beberapa resep obat sering membawa efek samping bagi penggunanya. Karena itu, diperlukan pendekatan lain yang dapat digunakan untuk mengobati persoalan ini. Olahraga adalah salah satu metode efektif untuk mengatasi gangguan aliran darah. Konsumsi makanan yang tidak dilakukan secara baik juga dapat menimbulkan pelbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung koroner. Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperlancar aliran darah. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat membantu pelancaran sirkulasi darah:

1. Bawang Merah dan Bawang Putih 

Bawang Merah dan bawang putih sudah cukup dikenal sebagai salah satu makanan untuk memperkuat antibodi. Beberapa ahli medis juga menganjurkan untuk mengkonsumsi kedua jenis bawang ini secara mentah dalam jumlah tertentu untuk menghindari kecapaian yang akut. Mungkin jenis obat ini tidak banyak disukai mengingat aroma tubuh yang dipengaruhinya. Meski demikian, bawang putih dan bawang merah memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya plak pada dinding arteri. Fungsi lain yang cukup baik adalah kemampuannya mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kemampuan mengurai kolesterol tersebut yang memungkinkan bawang merah dan bawang putih membantu perbaikan sirkulasi darah.

2. Cabai 

Cabai mungkin tidak asing lagi bagi orang Indonesia. orang dari beberapa daerah bahkan akan merasa tidak lengkap saat bersantap makanan tanpa rasa pedas cabai. Makanan ini penting bagi tubuh manusia. Rasa pedasnya diyakini dapat memacu aliran darah secara lebih cepat. Meski terjadi secara temporal, namun percepatan aliran darah ini tentu akan sangat berkontribusi untuk kesehatan.

Kandungan Capsaicin dalam cabai diketahui dapat meredakan nyeri. Zat tersebut dinilai sebagai salah satu zat pereda nyeri alamiah yang efektif pada tubuh. selain memacu aliran darah secara cepat dan baik, cabai ditengarai turut memengaruhi sel otak untuk memperbaiki suasana mood  pada orang yang mengkonsumsinya.

3.  Jeruk 

Salah satu kelebihan jeruk adalah kandungan vitamin C yang cukup banyak terkandung di dalamnya. Vitamin C dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga vitalitas dan mencegah gangguan kesehatan dini. Salah satu sebabnya adalah kemampuan Vitamin C untuk mengencerkan atau mengurangi pembekuan darah. Selain itu, Vitamin C juga berfungsi sebagai salah satu zat anti-oksidan yang dapat membuang racun dalam tubuh.

4. Kacang dan Biji-bijian 

Kacang dan biji-bijian sudah dikenal sebagai salah satu sumber protein penting bagi tubuh manusia. Kandungan Vitamin B pun termuat cukup baik dalam bahan makanan ini. Indonesia memiliki sumber berlimpah jenis makanan ini. Beragam jenis kacang tumbuuh dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan di sini. Namun, hanya sedikit yang menyadari bahwa makanan tersebut penting untuk peredaran darah.

Vitamin B dikenal dengan kemampuannya dalam mergenerasi sel dalam tubuh manusia. Karena itu, orang yang mengkonsumsi kacang dan biji-bijian akan memiliki kulit dan rambut yang cerah. Sangat dianjurkan agar setiap orang dapat mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan setiap hari. itu akan membantu peremajaan sel secara baik. Makanan ini meningkatkan flesibilitas pembuluh darah sehingga mempercepat aliran darah dalam arteri [asa].

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Pelbagai cara pengobatan berkembang untuk mengatasi persoalan ini. Sayangnya, beberapa resep obat sering membawa efek samping bagi penggunanya. Karena itu, diperlukan pendekatan lain yang dapat digunakan untuk mengobati persoalan ini. Olahraga adalah salah satu metode efektif untuk mengatasi gangguan aliran darah. Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperlancar aliran darah. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat membantu pelancaran sirkulasi darah:  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here