Bagaimana Cara Kerja Air Bag Kendaraan?

11
1816

Kantong udara (air bag) adalah salah satu perangkat penting dalam keselamatan pengendara mobil. Alat ini berguna untuk melindung tubuh pengendara dari benturan dengan benda keras saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Secara umum kita telah mengetahui bahwa air bag akan muncul seperti balon dan menghalangi benturan tubuh dengan perangkat-perangkat dalam kabin mobil.

Nama teknis lain air bag adalah Air Cushion Restraint System (ACRS) dan Supplemental Inflatable Restraint (SIR). Alat ini, terutama, bertujuan untuk melindungi bagian kepala, dada dan leher pengendara, termasuk penumpang. Air bag akan muncul setelah mobil berbenturan. Perangkat ini secara otomatis akan mengembang beberapa milidetik setelah tabarakan terjadi. Air bag akan mengempis perlahan setelah pengemudi mengenainya. Fungsi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pengemudi dan penumpang untuk meniggalkan mobil guna menghindari kebakaran.

Salah satu hal penting yang diketahui dalam berkendara, air bag tidak dapat sepenuhnya melindungi penumpang apabila penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman berfungsi untuk menahan agar tubuh tidak bergeser saat terjadi benturan pada kendaraan. Pergeseran berpotensi menimbulkan benturan antara penumpang dan benda-benda yang terdapat pada kabin mobil. Air bag tidak berfungsi menahan penumpang atau pengemudi agar tidak terlempar dari dalam mobil, karena itu sabuk pengaman tetap dibutuhkan.

Cara Kerja Air Bag

Mobil yang telah dilengkapi air bag dilengkapi pula dengan fasilitas pendeteksi benturan. Ketika sensor menangkap adanya benturan dengan kadar minimal tertentu, kanton air bag akan mengmbang. Sensir umumnya diletakkan pada beberapa tempat di zona yang kerap menjadi bagian yang bertabarakan, seperti bagian depan mobil.

Sensor pada teknologi terkini berfungsi untuk mendeteksi kecepatan dan energi potensial yang ditimbulkan oleh benturan atau kecelakaan. Pada beberapa kendaraan yang memiliki air bag samping, sensor turut diletakkan pada pintu dan bagian samping mobil. sensor yang terdapat pada dasbor kendaraan hanya akan mengembang apabila benturan terdeteksi dari sensor bagian depan.

Berikut ini adala salah satu video yang mengulas tentang fungsi dan cara kerja air bag pada kendaraan:

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here