Cara Merawat Aki agar Tahan Lama

4
1730
Cara Merawat Aki Mobil

Accu (accumulator) atau aki berfungsi penting bagi kendaraan bermotor. Dulu, teknologi ini juga digunakan untuk  alat elektronik lainnya, seperti televisi dan radio. Aki berfungsi sebagai tempat penyimpanan tenaga listrik yang dapat digunakan untuk peelbagai keperluan sistemik mesin, seperti menyalakan (starter). Pada kendaraan bermotor, Accu berfungsi sebagai pemasok tenaga listrik satu-satunya.

Accu secara umum dapat bertahan dalam kurun waktu 3-5 tahun tergantung pada pemakaian dan perawatan. Perawatan dapat memperpanjang umur aki sehingga menghidari pengguna kendaraan dari macet akibat tidak adanya suplai listrik pada kendaraan. berikut ini adalah tips penting bagi pemilik kendaraan untuk merawar aki.

1. Hindari korosi pada perangkat

Sifat asam pada cairan Aki jelas mempercepat proses korosi atau pengaratan pada logam-logamnya. Karat dapat memperpendek umur aki. Karena itu, pemilik kendaraan perlu sesekali membersihkan aki dari cairan yang tertumpah di sekitar logam-logam perangkat tersebut. Pembersihan ini bertujuan untuk menghindarkan aki dari korosi akibat terkena cairan asam. Pembersihan ini tidak harus dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan. Saat membengkelkan kendaraan pemilik dapat meminta montir untuk turut membersihkan aki.

2. Hindari pemakaian yang tidak perlu

Maksud dari pemakaian yang tidak perlu adalah penggunaan yang tidak disengaja. Beberapa pengguna kendaraan kerap lupa mematikan lampu atau perangkat lain yang menggunakan energi bersumber dari aki.  Pemakain jenis ini menguras daya aki akibat tidak adanya tenaga yang dipasok ke dalam perangkat tersebut. Penggunaan seperti ini pun turut membahayakan setelan kelistrikan kendaraan.

3.  Pastikan Aki tidak kering (tanpa daya listrik)

Ada kala pemilik kendaraan tidak menggunakan kendaraannya untuk kurun waktu tertentu. Sebelum menggunakan kembali, pemilik perlu memstikan bahwa aki masih memiliki daya. Kekeringan daya pada aki lebih mempercepat proses kerusakan pada aki. Teknik memanaskan kendaraan meski tidak digunakan perlu dilakukan secara berkala oleh pemilik kendaraan. Ini akan memerpanjang umur aki.

4.  Periksa ketepatan pemasangan perangkat yang terhubung dengan aki 

Salah satu faktor yang memengaruhi umur aki adalah cara peletakan aki. Di setiap kendaraan aki memiliki dudukan (tempat meletakkan) yang dapat saja berkarat dan rusak akibat terkena cairan asam. Pemilik perlu secara berkala memeriksa dudukan tersebu untuk memastikannya tidak rusak. Dudukan yang rusak dapat membuat aki tidak stabil saat kendaraan bergerak atau berjalan. ini akan memerpendek umur aki.  (Asa)

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Accu (accumulator) atau aki berfungsi penting bagi kendaraan bermotor. Dulu, teknologi ini juga digunakan untuk alat elektronik lainnya, seperti televisi dan radio. Aki berfungsi sebagai tempat penyimpanan tenaga listrik yang dapat digunakan untuk peelbagai keperluan sistemik mesin, seperti menyalakan (starter). Pada kendaraan bermotor, Accu berfungsi sebagai pemasok tenaga listrik satu-satunya. Accu secara umum dapat bertahan dalam kurun waktu 3-5 tahun tergantung pada pemakaian dan perawatan. Perawatan dapat memperpanjang umur aki sehingga menghidari pengguna kendaraan dari macet akibat tidak adanya suplai listrik pada kendaraan. berikut ini adalah tips penting bagi pemilik kendaraan untuk merawar aki. 1. Hindari korosi pada perangkat Sifat asam pada cairan Aki jelas mempercepat proses korosi atau pengaratan pada logam-logamnya. Karat dapat memperpendek umur aki. Karena itu, pemilik kendaraan perlu sesekali membersihkan aki dari cairan yang tertumpah di sekitar logam-logam perangkat  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here