Inilah Doa Harian Bulan Ramadhan

1
1480
Doa Ramadhan
Doa Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan ibadah bagi ummat Islam. Selama bulan ini ummat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, memperbaiki hubungan sosial dan menahan hawa nafsu. Ramadhan bukanlah semata ritual tahunan yang dilakukan selama satu bulan penuh. Ibadah pada bulan ini merupakan ajang pencerahan dan refleksi bagi setiap muslim yang menjalani.

Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa ramadhan. Setiap hari pada bulan ramadhan memiliki doa yang berbeda. Doa tersebut tidak semata berfungsi sebagai permintaan, tetapi juga sebagai medium refleksi untuk memperkuat prosesi ibadah selama bulan ibadah ini. Berikut ini adalah daftar doa harian bulan Ramadhan:

Doa Ramadhan Hari Pertama

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ صِيَامَ الصَّائِمِيْنَ وَ قِيَامِيْ فِيْهِ قِيَامَ الْقَائِمِيْنَ وَ نَبِّهْنِيْ فِيْهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِيْنَ وَ هَبْ لِيْ جُرْمِيْ فِيْهِ يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ وَ اعْفُ عَنِّيْ يَا عَافِيًا عَنِ الْمُجْرِمِيْنَ

Artinya:

Ya Allah jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. JAdikanlah ibadahku pada malam hari  sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. Jagalah aku dari tidurnya orang-orang yang lalai dan hapuskanlah dosa-dosaku. Wahai Tuhan semesta alam dan ampunilah aku, wahai pengampun para pelaku dosa.

Doa Ramadhan Hari Kedua

اَللَّهُمَّ قَرِّبْنِيْ فِيْهِ إِلَى مَرْضَاتِكَ وَ جَنِّبْنِيْ فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَ نَقِمَاتِكَ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِقِرَاءَةِ آيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

Ya Allah dekatkan aku kepada KeridhoanMu serta jauhkan aku dari kemurkaan serta balasanMu. Berilah aku kemampuan selama ramadhan untuk membaca ayat-ayatMu dengan  rahmatMu, wahai Maha Pengasih kepada semua pengasih.

 

Doa Ramadhan Hari Ketiga

 

Artinya:

Ya Allah anugerahilah aku rezeki akal dan kewaspadaan dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Sediakanlah bahagian untukku dari segala kebaikan yang Kau turunkan, demi kemurahan-Mu, wahai Zat Yang Maha Dermawan dari semua dermawan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here