Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Web Server

11
4962
Cara kerja web server

Pengguna internet idealnya tidak asing dengan istilah web server. Ketika seorang pengguna intenert membuka atau mengakses alamat website tertentu melalui perambah (browser) secara otomatis pengguna tersebut sedang terhubung atau menggunakan web server. Perambah akan mengirimkan permintaan (request) kepada jaringan, server yang menerima permintaan tersebut akan merespon dengan menyajikan data sesuai dengan alamat yang diminta pengguna melalui mesin perambah. Web server menyediakan informasi berdasarkan ketersediaan dan permintaan dari klien. Mesin perambah adalah alat yang menjembatani komunikasi dengan server.

Web server dapat diartikan secara sederhana sebagai perangkat keras (hardware) maupun sistem yang terstruktur melalui perangkat lunak (software). Secara bahasa, server berarti penyedia layanan. Dalam sistem komputer, server didefinisikan sebagai komputer berikut sistem yang terintegerasi di dalamnya yang berfungsi sebagai sistem penyimpanan data sekaligus sistem yang memungkinkan pertukaran dan komunikasi antar perangkat komputer. Dengan demikian, web server berfungsi menerima permintaan http/https (hyper text transfer protokol) dari klien yang menggunakan perambah/browser (mozilla firefox, chrom, dll) dan mengirimkan hasil dari permintaan tersebut dalam bentuk halaman web. Umumnya respon yang diberikan oleh server berupa berkas atau laman dalam format HTML (HyperText Markup Language). Web server dapat diartikan pula sebagai komputer yang terhubung dengan internet dan berfungsi untuk menyimpan data dan menyampaikan informasi berdasarkan permintaan klien.

[Baca juga: Mengenal Web Hosting untuk Web dan Blog ]

Fungsi utama server adalah mesin pemroses yang mentransfer berkas atas pemintaan klien menggunakan jenis dan bentuk komunikasi yang telah ditentukan. Server hanya menyampaikan berkas yang tersimpan di dalam perangkat kerasnya, dan sebatas menyampaikan segala sesuatu yang diminta oleh klien. Server, dengan demikian, tidak dapat menyampaikan data yang tidak tersimpan atau terdapat dalam perangkat keras penyimpanan atau data yang dibatasi untuk diakses secara terbuka.

Dengan demikian, fungsi lain web server adalah sistem pemberkasan. Pengguna dapat meminta server untuk menyediakan berkas sesuai dengan ketersediaan, bentuk testruktur yang dapat diakses melalui perambah dan permintaan pengguna. Halaman web adalah bentuk tampak dari struktur pemberkasan yang dikelola oleh server. Halaman web server dapat berupa teks, gambar, video, audio atau kombinasi antar bentuk tersebut. Keraksesan data yang disampaikan oleh server juga tergantung dengan kemampuan alat yang digunakan klien untuk menerima data tersebut. Sebagai contoh, web server mengirimkan berkas laman yang mengandung video sementara perambah yang digunakan tidak memiliki kemampuan menampilkan video. Situasi tersebut menyebabkan browser tetap tidak mampu menampilkan pesan atau data yang disampaikan oleh server. Kegagalan mengakses akibat kendala ketidaktersediaan atau gangguan pada sisi server biasanya disampaikan dalam pesan khusus yang umum, seperti 404 (Not Found), 500 (Internal Server Error).

[Baca Juga: Inilah Cara Meningkatkan Kecepatan Web saat Diakses]

Beberapa istilah penting seputar penggunaan server kerap ditemukan, seperti web client dan http. Web client didefinisikan sebagai perangkat komputer yang tergabung dengan jaringan internet dan digunakan untuk menyampaikan permintaan akses data kepada komputer web server. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah metode dan protokol yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dan dokumen dalam jaringan world wide web (www). Protokol ini bersifat ringan dan dapat digunakan untuk pelbagai bentuk dokumen.

[Baca Juga: Mengenal Jenis Batu Akik Khas Indonesia]

—-

Sumber Gambar berlisensi CC: Enrique Gómez.

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Webserver merupakan aspek penting dalam perkembangan dunia internet. Perangkat komputer yang didesain khusus sebagai penyimpanan data yang diakses melalui jaringan ini menjadi salah satu jantung dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Secara umum, selain berfungsi sebagai penyimpanan data, web server juga berfungsi sebagai sebuah sistem yang merespon pelbagai permintaan komputer yang terhubung dengan jaringan untuk mengakses http/https (hyper text transfer protocol). Permintaan pengguna internet menggunakan browser akan diproses oleh webserver yang menyimpan data untuk alamat yang diminta oleh perambah internet. […]

  2. […] BagaimaPengguna internet idealnya tidak asing dengan istilah web server. Ketika seorang pengguna intenert membuka atau mengakses alamat website tertentu melalui perambah (browser) secara otomatis pengguna tersebut sedang terhubung atau menggunakan web server. Perambah akan mengirimkan permintaan (request) kepada jaringan, server yang menerima permintaan tersebut akan merespon dengan menyajikan data sesuai dengan alamat yang diminta pengguna melalui mesin perambah. Web server menyediakan informasi berdasarkan ketersediaan dan permintaan dari klien. Mesin perambah adalah alat yang menjembatani komunikasi dengan server.  […]

  3. […] Pengguna internet idealnya tidak asing dengan istilah web server. Ketika seorang pengguna intenert membuka atau mengakses alamat website tertentu melalui perambah (browser) secara otomatis pengguna tersebut sedang terhubung atau menggunakan web server. Perambah akan mengirimkan permintaan (request) kepada jaringan, server yang menerima permintaan tersebut akan merespon dengan menyajikan data sesuai dengan alamat yang diminta pengguna melalui mesin perambah. Web server menyediakan informasi berdasarkan ketersediaan dan permintaan dari klien. Mesin perambah adalah alat yang menjembatani komunikasi dengan server.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here